Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyeimbangkan Pintu Garasi Besi

Cara Menyeimbangkan Pintu Garasi Berbahan Besi


Well! Menyeimbangkan pintu garasi diperlukan untuk keselamatan dan kelancaran pengoperasian pintu garasi dalam jangka panjang. Pintu garasi yang tidak seimbang akan terbanting menutup atau terbuka dengan cepat. Apa pun jenis pintu garasi yang anda miliki — pegas torsi atau pegas ekstensi — menyeimbangkan pintu garasi adalah proyek DIY yang biasanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk menyelesaikannya. Pintu garasi merupakan salah satu bagian rumah yang pada intinya adalah pintu biasa yang dipasang pada ruang garasi yang bertujuan agar sesuatu atau apapun yang ada didalam garasi tidak terlihat langsung dari luar dan juga sebagai pengaman, selain itu pintu garasi pada masa sekarang memiliki banyak manfaatnya antara lain menjadikan eksterior rumah agar terlihat lebih mewah dan elegan, dan juga bisa membuat nilai sebuah rumah meningkat. 


Untuk bahan pintu garasi sendiri ada beberapa jenis yang sering digunakan diantaranya kayu dan besi, disini kita akan membahas dua jenis bahan tersebut. Kami mendefinisikan kedua jenis material Pintu Garasi sebagai berikut:


  • Pintu Garasi Berbahan Kayu (Wooden Garade Door) - Pintu garasi jenis ini kebanyakan digunakan untuk rumah-rumah dengan konsep tradisional dan kalem, ada juga yang memakai pintu garasi ini karena biayanya yang lebih murah dari besi, dari segi waktu memang pintu garasi jenis ini tidak akan lebih panjang umur penggunaannya daripada besi karena jika lama kelamaan terpapar sinar panas matahari dan hujan jelas membuat pintu garasi kayu cepat rusak dan juga lagi dari gangguan rayap, namun pintu garasi kayu ini memiliki nilai lebih dalam hal tekstur seratnya yang bisa di tonjolkan supaya tampilah rumah menjadi lebih indah apalagi menggunakan jenis kayu seperti jati. Ada beberapa jenis kayu yang sering digunakan untuk bahan membuat pintu garasi seperti jati, kamper, meranti, nyatoh dll.

sktm.co.id

  • Pintu Garasi Berbahan Besi (Iron Garage Door) - Pintu jenis ini sekarang menjadi salah satu pilihan selain dari bahan kayu dikarenakan pintu garasi dari bahan besi ini lebih awet dan tahan lama, perawatannya juga mudah banyak pilihan motif dan model yang bisa dipadupadankan dengan desain rumah yang akan dibuat, pintu garasi besi biasanya dipilih untuk rumah berkonsep minimalis modern tapi tidak lupa akan kebutuhan aslinya yaitu melindungi semua yang ada dalam ruang garasi. 

sktm.co.id
Untuk sekarang pengoperasian pintu garasi sendiri sudah maju sangat pesat, dulu yang pengoperasiannya dilakukan dengan cara manual dengan ditarik kekiri maupun kekanan, sekarang pintu garasi bisa dibuka menggunakan remote kontrol yang mana sudah di setting agar bisa membuka secara otomatis. 

@sktmindonesia PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) 1. Unit Usaha Komponen Pintu Garasi & Pintu Besi Memproduksi Komponen Pintu Garasi (Sistem Sliding dan Folding) Memproduksi Pintu Besi (Finishing Powder Coating) Melayani Jasa Powder Coating. 2. Unit Usaha Wood Working Memproduksi Kusen, Pintu, Jendela, dan Partisi Berbahan Kayu Merbau, Kamper, Nyatoh, dan Sungkai. Memproduksi List Profil, Architrave, dan & Railing Tangga. Melayani Jasa Instalasi. 3. Unit Usaha Pagar Besi Memproduksi Pagar Besi Sejenis pagar BRC, Termasuk Komponen Tiang, Handle, dan Pintu. Memproduksi Aksesoris Tambahan Untuk Pagar Berbahan Besi. Melayani Jasa Aplikasi. 4. Unit Usaha Wire Mesh Menyediakan Wire Mesh, Kawat duri, Tiang Lampu, dan Tutup Saluran Memproduksi Aksesoris Tambahan Untuk Wire Mesh. Melayani Jasa Instalasi. 5. Unit Usaha Aluminium Menyediakan Jasa Kontraktor Untuk Project Kusen, Pintu, Jendela, dan Partisi Berbahan Aluminium. Menyediakan Jasa Aplikator Untuk Project Kusen, Pintu, Jendela, dan Partisi Berbahan Aluminium. Menyediakan Jasa Advisor Untuk Project Kusen, Pintu, Jendela, dan Partisi Berbahan Aluminium. 6. Unit Usaha Distribusi Material Bangunan Menyediakan Jasa Survei Material Bangunan. Menyediakan Jasa Pengadaan Material Bangunan. Menyediakan Produk Aksesoris Pintu, Kusen Jendela, dan Partisi. (Merk Dekkson) 7. Unit Usaha Kontraktor Umum Penyediaan Jasa Desain Bangunan Penyediaan Jasa Pengadaan Material. Bangunan Penyediaan Jasa Renovasi dan Renovasi Bangunan Alamat Kantor, Gudang, dan Pabrik kami Berlokasi di Alamat Berikut ini: Pergudangan Sinar, Blok D No. 9, Dusun Gemurung Kidul, Tebel, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254 Kontak Untuk Terhubung dengan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri, silahkan menghubungi Customer Care kami di Hotline berikut ini: Phone/Whatsapp: 0811-304-127 Official Email: sktmindonesia@gmail.com Official Website: www.sktm.co.id Tag: #tokobesi #pabrikbesi #tokoaluminium #pabrikaluminium #pintubesi #pintubesigrant #sktmindonesia #pabrikpintubesi #pabrik #sktm ♬ original sound - PT. Sekawan Karya Tama Mandiri
Okay! Di artikel sebelumnya kami di sktm.co.id telah merilis artikel tentang Pedoman Menambahkan Pintu Besi Sesuai Feng Shui. Nah, di artikel kali ini kami akan secara khusus membahas tentang Cara Menyeimbangkan Pintu Garasi. Simak terus ulasan kami berikut ini!


Kelebihan Dan Kekurangan Pintu Garasi Besi Dan Pintu Garasi Pintu Kayu


sktm.co.id
Apakah anda sedang dalam proses membangun rumah dan menentukan jenis pintu garasi yang anda inginkan? Atau mungkin anda ingin merombak pintu garasi anda saat ini dan sedang mengeksplorasi pilihan anda? Apa pun situasi anda, mencari pintu masuk yang sempurna yang memberi rumah anda keamanan dan estetika yang tepat bisa menjadi tugas yang sulit. Ada berbagai jenis dan bahan pintu di luar sana yang sesuai dengan preferensi, gaya, dan anggaran anda – triknya adalah menemukan pintu masuk yang sesuai dengan kebutuhan dan kebutuhan rumah anda. Di antara pintu besi, pintu kaca, dan pintu kayu, mempersempit pilihan anda bisa menjadi tugas yang menantang. Untuk membantu memandu keputusan anda, kami telah menyusun daftar pro dan kontra pada setiap opsi ini.

Artikel Terkait: Mengenal Manfaat Menggunakan Pintu Besi Merk Grant

Pro dan Kontra Penggunaan Pintu Garasi Besi Dalam Arsitektural

Pintu Garasi berbahan Besi menawarkan suasana keunikan dan keanggunan pada sebuah bangunan. Dengan pola mewah dan sentuhan akhir yang indah, pintu garasi besi dapat memberi property anda estetika dan keamanan yang melimpah. Keamanan rumah meningkat secara signifikan dengan pintu besi dan entri baja. 


Karena daya tahannya, pintu garasi besi tempa dapat melindungi rumah bangunan dengan lebih baik. Dalam kondisi cuaca buruk, mereka dapat melindungi pintu anda dari kerusakan benda dan puing-puing, dan kekuatan mereka pasti akan mencegah pencuri terbaik sekalipun. Besi adalah salah satu bahan paling tangguh dan tahan lama yang bisa anda pilih untuk pintu garasi. Rata-rata, pintu besi tahan terhadap kelembapan, kebusukan, api, dan berbagai serangga. Yang terpenting, karena pintu garasi besi memancarkan keanggunan, mereka akan menambah nilai bangunan anda.



Catatan sktm.co.id: Meskipun pintu besi adalah pilihan yang bagus untuk banyak pemilik rumah, mereka memiliki kekurangan kecil – harganya. Harga bervariasi tergantung apakah anda memilih pintu besi tempa khusus atau pintu besi yang tersedia. Namun, perlu diingat, anda mendapatkan apa yang anda bayar; sebuah pintu yang harganya lebih tinggi pasti tahan lama, dibuat dengan baik, aman dan indah.

Artikel Terkait: Manfaat Memperkerjakan Kontraktor Untuk Bangunan

Pro dan Kontra Penggunaan Pintu Garasi Kayu Dalam Arsitektural

sktm.co.id
Pintu garasi kayu klasik menawarkan berbagai manfaat bagi sebuah property. Pintu garasi kayu memiliki cara yang luar biasa untuk memancarkan karakter, pesona, dan keindahan yang mengubah bangunan menjadi property berkualitas. Sama seperti pintu besi, pintu garasi kayu membuat pernyataan dan menambahkan daya tarik tepi jalan yang sempurna ke property anda. Pro pintu garasi kayu yang umum adalah variasi yang mereka tawarkan. 


Saat memilih pintu garasi kayu untuk bangunan anda, ada banyak jenis kayu yang bisa dipilih. Tergantung pada tampilan yang ingin anda capai, anda dapat memilih bambu, jati, ek, mahoni, cedar, dan banyak lagi. Selain itu, pintu garasi kayu sangat tahan lama dan menyediakan bangunan dengan insulasi yang unggul.


sktm.co.id
Catatan sktm.co.id: Meski cantik dan tahan lama, pintu garasi kayu membutuhkan banyak perawatan. Misalnya, saat pemasangan, pintu kayu harus disegel dengan benar. Jika anda menunggu untuk menutup pintu, pintu dapat menjadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat kelembapan, yang menyebabkan bengkok atau bengkak. Pintu garasi kayu umumnya merupakan pilihan yang paling mahal dan membutuhkan perawatan paling lama sepanjang tahun. Anda perlu mengecat ulang atau menahan pintu garasi kayu setiap satu atau dua tahun agar tetap tersegel dan melindunginya dari pecah dan bengkok. Tentu! Sebelum berinvestasi di pintu baru, pastikan anda meninjau pro dan kontra masing-masing dengan cermat. Hal ini akan membantu anda menentukan kebutuhan anda, kebutuhan ruko, gudang, pabrik, toko, atau rumah anda, dan apa yang dapat disediakan oleh setiap opsi untuk anda.


Mengapa Pintu Garasi Membutuhkan Balancing? 

sktm.co.id
Pintu garasi yang seimbang adalah pintu yang membuka dan menutup dengan mudah. Ketika pintu garasi yang seimbang untuk sementara terlepas dari mekanisme operasinya dan dibiarkan setengah terbuka, pintu tersebut mempertahankan keseimbangan — pintu itu tidak menutup atau membuka dengan sendirinya. Pintu garasi yang tidak seimbang dapat menutup secara tidak sengaja dan melukai penggunanya. Pintu garasi yang berat dapat merusak kendaraan dan harta benda, ditambah lagi komponen pintu garasi terutama motor lebih cepat aus dan dapat menjadi rusak.

Artikel Terkait: Keuntungan Menggunakan Pagar Wiremesh Besi

1. Pegas Torsi
Pintu pegas torsi memiliki satu pegas per rongga pintu. Pegas yang melingkar rapat ini terletak di atas pintu, berjalan paralel di sepanjang tajuk pintu garasi. Pintu garasi pegas torsi mungkin sulit diseimbangkan dan mungkin memerlukan bantuan teknisi pintu garasi.

 ToolsDescriptionFunction
Torsion TubeLong bar across the top of the garage doorHolds torsion spring in place
Torsion SpringSpring attached to the torsion tubeAssists garage door motor when opening the door
Winding ConeCircular metal clamp at end of torsion springHolds torsion spring against torsion tube
Set ScrewsTwo screws in the winding coneClamps the winding cone against the torsion tube


2. Ekstensi Pegas
Pintu garasi pegas ekstensi memiliki dua pegas ekstensi per ruang pintu. Pegas sejajar dengan dinding samping garasi. Mata air ekstensi membantu motor menarik pintu garasi ke atas. Saat pintu garasi dinaikkan, pegas ini relatif longgar. Pintu garasi pegas ekstensi sederhana dan aman untuk diseimbangkan. Menyeimbangkan pintu pegas ekstensi tidak memerlukan alat atau keahlian khusus.


Apa Saja Pertimbangan Keamanan Sebelum Melakukan Proses Balancing Pintu Garasi?

sktm.co.id
Saat menyeimbangkan pintu garasi, berhati-hatilah dengan berat pintu. Pintu garasi dapat menimbang hingga 200 pon. Pintu garasi yang jatuh menimpa pengguna dapat menyebabkan cedera serius. Saat menyetel pegas torsi, berhati-hatilah karena banyaknya energi yang tersimpan di pegas. Jangan lepaskan pegas torsi. Saat menyetel pegas, berdirilah di sisi batang pemutar. Gunakan hanya bilah belitan yang sesuai dengan kerucut belitan pintu anda. Jangan berimprovisasi dengan alat lain seperti obeng sebagai batang pemutar.


Peralatan dan Perlengakapan Apa Saja Yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Proses Balancing Pintu Garasi?

sktm.co.id
Peralatan dan Perkakas yang perlu anda siapkan diantaranya:

  • Anak tangga
  • Sarung tangan
  • Set kunci pas
  • Tang pengunci
  • Kacamata pengaman
  • Penanda yang tak terhapuskan
  • Batang belitan pegas torsi
  • C-clamp (atau set tang pengunci)


Lalu Bagaimana Cara Memeriksa Apakah Pintu Garasi Seimbang?

sktm.co.id
Periksa Gerakan Pintu - Buka dan tutup pintu dua atau tiga kali. Awasi pintu dengan hati-hati dari dalam garasi untuk memeriksa gerakan lambat atau ragu-ragu yang menunjukkan pintu yang berat dan tidak seimbang. Dengarkan rantai atau sabuk dan motor. Jika motor tegang, kemungkinan besar pintunya tidak seimbang.

  • Periksa Pintu Garasi Bawah -Turunkan pintu garasi. Cabut motor pintu garasi atau matikan pemutus sirkuit di panel servis listrik.
  • Perhatikan Titik Setengah Pintu Garasi - Pada kusen pintu garasi, tandai atau catat secara visual titik tengah vertikal untuk pintu garasi. Karena sebagian besar pintu garasi tingginya 7 kaki, titik tengahnya harus setinggi 3-1/2 kaki.
  • Lepaskan Kabel Rilis Darurat - Tali dengan pegangan merah harus digantung di rel pembuka pintu garasi, rel logam panjang yang terletak di dekat langit-langit. Pegang pegangan merah. Pertama, tarik tali ke bawah. Kemudian, sambil tetap menahan tali, tarik ke belakang. Ini melepaskan rilis darurat.
  • Naikkan Pintu Garasi ke Titik Setengah Jalan - Tarik ke belakang, menjauhi pintu garasi, hingga pintu berada di titik tengah yang ditandai sebelumnya.
  • Lepaskan Kabel Darurat - Lepaskan kabel pelepas darurat. Pintu harus tetap berada di titik tengah dengan sendirinya. Tunggu sekitar satu menit untuk melihat apakah pintu garasi perlahan turun atau naik dengan sendirinya. Jika pintu naik atau turun dengan sendirinya, itu tidak seimbang.
  • Angkat Pintu Garasi Sepenuhnya - Tarik kabel pelepas darurat ke belakang untuk mengangkat pintu garasi sepenuhnya. Pintu garasi harus tetap terbuka setelah kabel dilepas. Jika pintu bergeser ke bawah, pintu tidak seimbang.

Catatan sktm.co.id: Jika anda memiliki pintu garasi yang terdiri dari empat bagian, titik tengahnya berada di antara bagian kedua dan ketiga.


Cara Menyeimbangkan Pintu Garasi (Pegas Torsi)

sktm.co.id
  • Tutup Pintu dan Matikan Daya - Tutup pintu garasi sepenuhnya. Cabut motor pintu garasi dari stopkontak di langit-langit pintu garasi. Atau, matikan pemutus sirkuit di panel servis listrik.
  • Pasang Tang Pengunci ke Tabung Torsi - Sekitar 18 hingga 24 inci dari pegas torsi, pasang tang pengunci besar ke tabung torsi. Putar sekrup penyetelan tang agar tang terpasang dengan kuat dan tidak ada bahaya tergelincir, tetapi tidak terlalu kencang sehingga merusak tabung. Pegangan tang harus bersandar pada tajuk pintu garasi (bagian pendek dinding di atas pintu garasi). Jika tang terlalu panjang untuk dipasang, pegangannya bisa diletakkan di langit-langit garasi.
  • Kunci Pintu di Tempat - Tambahkan klem-C atau tang pengunci kedua ke salah satu jalur pintu garasi untuk mencegah pintu garasi terbuka secara tidak sengaja saat anda mengerjakan pegas torsi. Pasang penjepit pada salah satu bagian vertikal jalur pintu garasi. Pastikan klem berada tepat di atas fitur yang menonjol seperti penopang, engsel, atau rol sehingga klem akan berfungsi sebagai penghambat fitur tersebut.
  • Berdiri di Sisi Pegas Torsi - Temukan kerucut belitan di ujung pegas torsi. Pindahkan tangga 12 hingga 18 inci ke sisi kerucut yang berkelok-kelok. Mengenakan kacamata pengaman, berdiri di tangga. Pastikan anda berdiri di sisi kerucut yang berkelok-kelok, bukan di depannya. Siapkan set kunci pas dan palang berliku bersama anda.
  • Tentukan Set Ukuran Sekrup - Temukan dua sekrup setel pada kerucut yang berkelok-kelok. Kerucut berliku memiliki sekrup set ukuran yang berbeda untuk setiap merek dan model, jadi uji ini dengan kunci pas anda sampai anda memiliki kunci pas yang benar. Saat anda memiliki kunci pas yang tepat, masukkan ke dalam saku atau simpan dalam jangkauan lengan.
  • Pasang Winding Bar Ke Cone Winding - Kerucut yang berkelok-kelok akan memiliki empat lubang. Pasang ujung salah satu palang belitan ke dalam lubang yang menghadap ke luar (bukan lubang di bagian atas atau bawah).
  • Kendurkan Sekrup Set - Pegang batang pemutar saat anda melonggarkan kedua sekrup secara perlahan. Pada titik ini, batang torsi sekarang akan bebas dari batang torsi dan akan mengerahkan gaya. Jadi, pegang winding bar dengan kuat dan jangan sampai terjatuh.
  • Tambahkan Winding Bar Kedua - Dorong batang pemutar ke atas sehingga anda dapat mengakses lubang di bagian bawah kerucut pemutar. Masukkan bilah belitan kedua ke dalam lubang itu. Biarkan gaya pegas torsi menarik batang belitan kedua ke arah tajuk pintu garasi. Bilah belitan kedua ini, yang terperangkap di tajuk pintu garasi, sekarang menahan bilah torsi dengan aman dan mencegahnya terlepas.
  • Mulailah Mengencangkan Pegas Torsi - Kerucut belitan pegas torsi selalu dikencangkan atau dilonggarkan dalam seperempat putaran. Untuk melakukannya, naikkan bilah belitan bawah ke atas seperempat putaran hingga bilah belitan sejajar dengan langit-langit garasi. Sambil tetap memegang batang pemutar dengan kuat, masukkan batang pemutar lainnya ke dalam lubang bawah kerucut pemutar.
  • Kencangkan Pegas Torsi Hingga Selesai - Lanjutkan mengencangkan pegas torsi dengan hati-hati dan metodis dalam seperempat putaran. Sebuah pintu yang perlahan menutup dengan sendirinya mungkin membutuhkan tiga atau empat putaran. Sebuah pintu yang menutup dengan sendirinya dengan cepat mungkin memerlukan empat sampai delapan seperempat putaran. Biasanya yang terbaik adalah meminimalkan jumlah putaran seperempat karena Anda selalu dapat kembali dan meningkatkan ketegangan jika diperlukan. 
  • Tandai Tabung Torsi - Biarkan bilah belitan bawah menahan pegas di tempatnya. Gunakan penanda yang tak terhapuskan untuk menambahkan tanda pada tabung torsi sekitar 1/4-inci dari ujung kerucut yang berkelok-kelok.
  • Perluas Pegas Torsi - Mengencangkan pegas torsi juga mendorong kumparan pegas menjadi satu. Karena ini tidak diinginkan, anda perlu sedikit melebarkan pegas torsi. Untuk memperluas pegas:
    • Tarik bilah belitan bawah ke arah anda sekitar satu inci - Pastikan bilah pemutar benar-benar terpasang di lubang kerucut pemutar. Dengan batang belitan lain atau palu, ketuk perlahan batang belitan vertikal ke samping hingga ujung kerucut belitan mencapai tanda yang dibuat sebelumnya. Terus pegang bilah belitan.
    • Kencangkan Sekrup Set Kerucut Berliku - Dengan kunci pas, kencangkan sekrup pada kerucut yang berkelok-kelok. Sekrup ini harus sangat kencang untuk mencegah pegas torsi terlepas dari tabung torsi.
  • Uji Pintu Garasi - Lepaskan bilah belitan. Buka klem. Sebelum memasang kembali motor pintu garasi atau menyalakan pemutus sirkuit, buka dan tutup pintu garasi dengan tangan. Pintu harus dinaikkan dengan mudah dan tetap di tempatnya di tengah jalan.


Catatan sktm.co.id: Satu penjepit biasanya cukup. Tetapi jika anda memiliki penjepit lain, menambahkan penjepit kedua ke trek lain akan meningkatkan margin keamanan anda. Karena sangat penting bahwa palang berliku didorong sepenuhnya ke dalam lubang kerucut berliku, banyak teknisi pintu garasi menandai palang berliku dengan selotip atau penanda yang tak terhapuskan untuk menunjukkan titik berhenti. 
Peringatan
Menjepit tabung torsi mencegah teromol dan kabel kendor saat anda menyetel pegas torsi. Lakukan perlahan dan hati-hati dengan langkah ini.
Rata-rata, pegas torsi pintu garasi setinggi 7 kaki, jika dilepas sepenuhnya, akan membutuhkan delapan putaran penuh (atau 32 putaran seperempat) untuk membawanya ke tingkat ketegangan atau keseimbangan yang benar.



Cara Menyeimbangkan Pintu Garasi (Extension Springs)

sktm.co.id
  • Buka Pintu Garasi - Buka pintu garasi. Cabut motor pintu garasi atau matikan pemutus sirkuit. Membuka pintu melepaskan ketegangan dari pegas ekstensi.
  • Pintu Penjepit Terbuka - Libatkan klem-C atau tang pengunci di satu sisi jalur pemandu untuk mencegah pintu menutup secara tidak sengaja.
  • Sesuaikan Per Ekstensi - Pindahkan anak tangga ke salah satu gantungan trek belakang (palang vertikal yang tergantung di langit-langit). Ujung belakang pegas ekstensi dipasang ke salah satu lubang di gantungan trek belakang. 

Artikel Terkait: Industri Pintu Besi Custom

Catatan sktm.co.id: Mengenakan kacamata pengaman dan sarung tangan, lepaskan pegas. Pasang pegas ke lubang yang lebih tinggi di gantungan trek. Ulangi di sisi lain. Pastikan kedua pegas terpasang pada lubang dengan ketinggian yang sama.


Penutup
sktm.co.id
Garasi merupakan tempat untuk menyimpan mobil atau kendaraan lainnya dan melindunginya dari cuaca yang ekstrem. Garasi juga dibuat untuk mengamankan kendaraan dari hal yang tidak diinginkan seperti pencurian. Selain itu, fungsi garasi adalah sebagai tempat menyimpan mesin perkakas, suku cadang kendaraan, alat pemotong rumput, sepeda, dan lain-lain. Oleh karena itu anda harus membuat pintu garasi yang kokoh. Berikut cara menentukan pintu untuk garasi: 

1. Ukuran pintu yang pas dengan kendaraan yang dimiliki Saat membuat pintu garasi, anda bisa mengacu pada dimensi garasi yang telah diukur dengan menyesuaikan besarnya mobil yang dimiliki. Contohnya untuk garasi mobil MPV, anda bisa membuatnya dengan ukuran, panjang 5,4 meter, lebar 2,7 meter dan tinggi 2,8 meter. Dengan ukuran garasi seperti itu, maka dimensi pintu garasi adalah sesuai dengan lebar dan tinggi garasi, yaitu pintu dengan lebar 2,7 meter dan tinggi pintu 2,8 meter. 


2. Menentukan konsep desain pintu garasi Jika ukuran garasi sudah ditentukan, hal kedua yang harus diperhatikan desain pintu garasi. Membuat konsep desain pintu garasi merupakan hal penting agar terlihat serasi dengan desain rumah. Terdapat ragam desain yang bisa diadopsi, yakni pintu garasi klasik, pintu garasi modern, pintu garasi bergaya tradisional dan masih banyak lagi. 


3. Menentukan model pintu garasi Sekarang ada banyak jenis model desain pintu garasi yang dapat anda terapkan pada garasi seperti pintu model lipat, pintu model geser, pintu model rel, pintu model gulung dan pintu model ayun. Umumnya model pintu garasi lipat merupakan yang paling banyak digunakan karena cara membukanya yang mudah, membuatnya diminati banyak pemilik rumah. 


4. Memilih bahan pintu yang berkualitas Ada beberapa bahan material yang bisa anda pilih untuk membuat pintu garasi, di antaranya kayu, besi, aluminium dan uPVC. Ketika membuat pintu garasi dengan menggunakan bahan material kayu, pilihlah kayu jati yang kokoh, dan kuat. Selain kayu, bahan uPVC sangat direkomendasikan karena kuat, anti karat, anti terhadap perubahan cuaca, serta mudah untuk dipasang sehingga dapat menghemat biaya operasionalnya.


Kapan Memanggil Profesional Pintu Garasi?  Pegas torsi mengalami banyak ketegangan, jadi jika anda merasa tidak nyaman, hubungi profesional. Pegas torsi yang sudah tua dan berkarat harus diganti, bukan disesuaikan. Minta profesional mengganti pegas torsi untuk anda. Tim kami di PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Garasi Grant) mampu melakukan semua itu untuk anda!


Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi untuk pengerjaan Railing Tangga, Pintu Besi, Pintu Besi Garasi, Wiremesh, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini! 


PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)