Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Untuk Merawat Pintu Garasi Besi

10 Tips Penting Untuk Merawat Unit Pintu Garasi Besi


Pemeliharaan pintu garasi besi sering diabaikan, tetapi pemeriksaan dan pemeliharaan musiman dua kali setahun harus menjadi bagian dari rutinitas anda. Pintu garasi besi yang diabaikan dapat memberi banyak tekanan pada pembuka pintu garasi besi otomatis, dan menghabiskan satu atau dua jam di awal musim semi dan akhir musim gugur setiap tahun dapat menyelamatkan anda dari tagihan perbaikan yang mahal.
sktm.co.id
Memasang pintu garasi berbahan material besi dapatmenambah keamanan rumah anda, dan menjaga kendaraan serta properti anda agar tetap bersih dan aman. Meskipun pemasangan pintu garasi DIY adalah proyek besar, itu salah satu yang terbayar dengan meningkatkan nilai jual kembali ke rumah anda di masa mendatang.
sktm.co.id
Ada 10 rutinitas dan langkah mudah yang bisa anda ikuti. Untuk kenyamanan, anda dapat mengatur waktu inspeksi pintu garasi besi anda bertepatan dengan aktivitas musiman lainnya, seperti musim dingin alat penyiram rumput dan menyalakannya kembali di musim semi, atau memasukkan dan mengeluarkan mesin pemotong rumput anda untuk musim tersebut. Nah, kali ini situs sktm.co.id akan memberikan 10 Tips Untuk Maintance Pintu Garasi Besi. Simak terus artikel berikut ini!

Artikel Terkait: Pro dan Kontra antara Penggunaan Pintu Besi dan Pintu Baja

1. Kencangkan Hardware Pintu Garasi
Karena pintu garasi biasa bergerak naik turun ratusan kali setiap tahun, gerakan dan getaran dapat melonggarkan perangkat keras pintu dan lintasan. Lihat braket yang menahan jalur pintu ke dinding dan langit-langit serta pengencang yang menahan unit pembuka pintu garasi besi ke rangka. 

Catatan sktm.co.id: Gunakan kunci pas soket untuk mengencangkan baut longgar yang anda temukan.
Jika tidak ada solusi yang memperbaiki masalah anda, atau jika anda lebih suka membiarkan orang lain repot dengan pintu, pertimbangkan untuk memanggil pemasang dan teknisi perbaikan pintu garasi besi yang baik disini. 


2. Bersihkan dan Cat Ulang Pintu Garasi
Periksa pintu itu sendiri saat anda memeriksa komponen lainnya. Jika pintunya terbuat dari baja, carilah bintik-bintik karat yang harus diampelas, dipoles, dan dicat. Pintu fiberglass dapat dicuci dengan pembersih serba guna. Berikan perhatian khusus pada pintu kayu, karena bengkok dan kerusakan air sering terjadi. Buang cat yang terkelupas dan mengelupas, lalu pasir dan cat ulang. 

Catatan sktm.co.id: Jika anda memiliki pintu besi yang tidak memiliki lapisan pelindung cuaca di sepanjang bagian bawahnya, pastikan tepi bawahnya disegel atau dicat dengan baik, lalu pasang pelapis pelindung cuaca.


3. Perhatikan dan Dengarkan Pintu Garasi yang Beroperasi
Masalah dengan pintu garasi besi dan pembuka otomatis anda sering kali terwujud dalam gerakan tersentak-sentak dan suara gesekan dan kisi-kisi. Pintu garasi besi yang dirawat dengan baik dan disetel dengan baik relatif tenang saat bergerak ke atas dan ke bawah, dan anda tidak akan melihat gerakannya yang tersentak-sentak. 

Catatan sktm.co.id: Langkah tambahan, perhatikan dengan seksama kedua sisi sistem—pegas, katrol, dan kabel—dan pastikan keduanya terlihat simetris.

Artikel Terkait: Mengenal Pintu Geser Otomatis

4. Bersihkan Trek Pintu Garasi 
Periksa trek di kedua sisi pintu untuk memastikannya bebas dari kotoran dan karat. Anda juga dapat menggunakan level untuk memastikan trek tegak lurus (vertikal sempurna) di sepanjang bagian vertikalnya. 

Catatan sktm.co.id: Anda dapat membuat penyesuaian kecil sendiri, tetapi penyesuaian trek besar adalah pekerjaan teknisi profesional.

Artikel Terkait: Mengenal Manfaat Menggunakan Pintu Besi Merk Grant

5. Periksa dan Ganti Rol pada Pintu Garasi
Rol di sepanjang tepi pintu garasi besi harus diperiksa setidaknya dua kali setahun dan diganti setiap lima hingga tujuh tahun. Selama pemeriksaan anda, ganti rol yang anda temukan yang terkelupas, retak, atau aus. Sebagian besar rol dapat dilepas hanya dengan melepas braket yang menahannya ke pintu.

Catatan sktm.co.id: Jangan lepas braket rol bawah di setiap sisi pintu karena braket ini terpasang ke kabel pengangkat, yang mengalami tegangan ekstrem.

Artikel Terkait: Pengertian Pintu Besi Laser Cutting

6. Periksa Kabel dan Katrol Pintu Garasi
Periksa kabel pengangkat dan katrol yang menempel pada braket rol bawah di pintu. Ini menyediakan koneksi antara pegas dan pintu untuk membantu mengangkat dan menurunkan pintu dengan aman. Pintu garasi besi memiliki salah satu dari dua jenis pegas yang berbeda: Pegas ekstensi Pegas ekstensi adalah pegas tipis dan panjang yang dipasang di sepanjang bagian horizontal (di atas kepala) setiap jalur pintu. Pegas torsi dipasang ke batang logam di atas bukaan pintu. Kedua jenis menggunakan kabel untuk mengangkat pintu.

Catatan sktm.co.id: Kebanyakan ahli menyarankan agar kabel dan pegas tidak boleh disentuh oleh pemilik rumah karena bagian tegangan tinggi ini bisa berbahaya. Jika anda melihat ada untaian yang putus atau tanda-tanda aus atau kerusakan lainnya pada kabel, hubungi petugas servis untuk meminta bantuan.


7. Lumasi Part Penggerak pintu Garasi
Menjaga rol dan komponen bergerak lainnya terlumasi dengan baik akan mengurangi tekanan pada rol dan pembuka pintu serta memperpanjang masa pakainya. Dua kali setahun, oleskan pelumas semprot berkualitas tinggi, seperti gemuk litium putih (yang tersedia dalam kaleng semprot), pada rol dan engsel, lalu seka kelebihannya. Jika ada rol atau engsel yang terlihat macet, semprotkan dengan larutan penembus, seperti WD-40, lalu bersihkan dan oleskan minyak.

Catatan sktm.co.id: Jangan lupa untuk lumasi katrol pada pembuka pegas ekstensi dan bantalan pada pembuka pegas torsi. Usap sedikit oli pada pegas torsi jika sudah berkarat. Jika pembuka memiliki rantai atau sekrup logam, semprotkan minyak litium putih pada rantai atau sekrup pembuka, tetapi jangan gunakan pelumas pada pembuka penggerak sabuk.

Artikel Terkait: Industri Pintu Besi Custom

8. Uji Keseimbangan Pintu Garasi
Jika pintu garasi besi anda tidak seimbang dengan benar, pembuka pintu garasi besi harus bekerja lebih keras, dan tidak akan bertahan lama. Pintu harus sangat seimbang dengan pegasnya sehingga hanya diperlukan beberapa pon gaya untuk mengangkatnya. Uji ini dengan menarik pegangan pelepas pada pembuka otomatis, lalu angkat pintu secara manual hingga setengah terbuka. 

Catatan sktm.co.id: Pintu harus tetap di tempatnya tanpa bantuan anda. Jika tidak, pintu tidak seimbang dengan benar atau pegas menjadi tua dan aus. Hubungi seorang profesional untuk meminta bantuan dengan ahlinya.


9. Perbaiki atau Ganti Weatherstripping Pintu Garasi
Pelat karet di sepanjang bagian bawah pintu membantu menahan dingin serta air, debu, dan kotoran. Periksa dua kali setahun untuk memastikan kondisinya baik. Beberapa pelindung cuaca dipasang di bagian bawah pintu menggunakan flensa yang meluncur ke alur di bagian bawah pintu. Weatherstripping untuk pintu garasi kayu biasanya dipaku di tempatnya. Weatherstripping pintu garasi berbahan besi tentu akan dijual dengan walker atau dalam gulungan besar di toko perangkat keras dan toko perbaikan rumah di kota-kota besar.

Catatan sktm.co.id: Jika pintu anda memiliki stripping cuaca di sepanjang sisinya, periksa juga kondisinya dan pasang kembali bagian yang longgar atau ganti seluruh stripping jika sudah aus atau rusak parah.


10. Uji Fitur Auto-Reverse Pintu Garasi 
Pembuka pintu garasi besi otomatis harus memiliki fitur auto-reverse yang dirancang untuk menghentikan dan membalikkan arah pintu jika mendeteksi objek di jalur pintu atau menabrak objek saat pintu ditutup. Sistem ini diaktifkan oleh sensor tekanan atau sepasang fotosel di setiap sisi pintu. Uji sensor tekanan dengan menempatkan papan bekas 2x4 rata di tanah di jalur pintu. Ketika pintu turun dan keUches papan, itu harus membalikkan arah dan kembali lagi. Untuk menguji sistem fotolistrik yang memiliki sensor mata di setiap sisi, mulai pintu anda ke bawah dengan arah menutup, lalu lewati kaki anda di jalur pintu. Pintu harus berbalik arah dan mengarah ke atas.

Catatan sktm.co.id: Konsultasikan manual instruksi pembuka pintu garasi besi anda untuk petunjuk tentang cara menyesuaikan fungsi mundur otomatis. Pembuka pintu garasi besi lama yang tidak memiliki fitur dasar ini, yang sekarang diamanatkan oleh kode bangunan di banyak area, harus diganti.


Penutup
sktm.co.id
Pintu garasi besi menjalani kehidupan yang cukup sederhana. Naik, turun, naik, turun, berulang-ulang, tahun demi tahun—hingga tiba-tiba mereka tidak bekerja sebagaimana mestinya. Untungnya, fungsi sederhana itu biasanya menghasilkan perbaikan yang relatif sederhana. Namun, kadang-kadang, bahkan pintu garasi besi tua yang andal pun berdebu atau perlu perbaikan besar. 
sktm.co.id
Jika anda memiliki kebutuhan Pintu Besi, Pintu Besi Garasi, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini! 




PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)