Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pro dan Kontra Antara Pintu Besi dan Pintu Baja

Pro dan Kontra Pintu Masuk Besi dan Pintu Masuk Baja

Jual Pintu Besi, Pintu Besi Grant, Pabrik Pintu Besi, Pabrik Pagar Besi, Pabrik Wiremesh, Pabrik Rolling Door, Pabrik Tanga Besi, Pabrik Aluminium, Jual Pintu Besi Grant Baru, Jual Pintu Besi Grant Bekas, Jual Pintu Besi Custom, Jual Pintu Besi Garasi
sktm.co.id
Pintu besi sering ditemukan di bangunan komersial tetapi kurang begitu di rumah. Kayu dan fiberglass adalah dua bahan paling populer untuk pintu masuk perumahan. Namun pintu besi dapat digunakan untuk rumah anda dan menawarkan beberapa keuntungan luar biasa. Nah, dalam artikel kali ini PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) via situs sktm.co.id akan membahas secara khusus tentang Pro dan Kontra Pintu Besi dan Pintu Baja. Simak terus artikel ini sampai selesai!

Apa itu Pintu Besi?

Ya! Pintu besi bukanlah baja padat. Pintu besi terdiri dari inti poliuretan atau polistiren dengan kulit baja di atasnya. Pintu besi yang kokoh akan sangat berat dan kemungkinan besar akan merobek engselnya. Besi antara ukuran 16 dan 24 digunakan untuk kulit pintu. Bingkai kayu, yang disebut stile, mengelilingi sekeliling pintu. Tidak ada poliuretan atau polistiren yang terlihat di tepi pintu.
sktm.co.id
Selain faktor berat, besi an sebagian besar logam adalah penghantar panas dan dingin yang sangat baik. Konduksi termal bukanlah kualitas yang diinginkan untuk sebuah pintu. Inti poliuretan atau polistiren bertindak sebagai penghalang termal. Studi menunjukkan bahwa beberapa dari bahan sintetis ini lima kali lebih baik dalam memblokir panas dan dingin yang tidak diinginkan daripada pintu kayu.

Pro dan Kontra pada Pintu Besi

Pro pada Pintu Besi

  • Material Pintu Besi Yang Tahan api
  • Material Pintu Besi yang Tahan Cuaca
  • Material Pintu Besi Memiliki Lapisan yang Kuat
  • Material Pintu Besi Menjanjikan Keamanan Baik

Kontra pada Pintu Besi

  • Material Pintu Besi Memiliki Bobot Yang Relatif Berat
  • Material Pintu Besi Sulit Dibuatkan Cut Out Design Yang Estetik
  • Material Pintu Besi Tidak Bisa Mentoleransi Korosi di Area Lembab Berair
  • Material Pintu Besi Beresiko Bila Sudah Terjadi Goresan Pada Pintu  Besi Akan Sulit Diperbaiki



Tempat Memasang Pintu Besi

Pintu besi dapat dipasang di antara area interior dan eksterior, tetapi kebanyakan digunakan sebagai pintu masuk yang mengarah ke eksterior. Pintu besi biasanya dipasang di antara rumah dan garasi. Ketika pintu besi dipasang di ruang interior-ke-interior itu karena kebutuhan akan keamanan atau proteksi kebakaran di salah satu area tersebut.
sktm.co.id
Selain berdasarkan model, serta material yang digunakan. Ragam jenis pintu besi juga bisa dibedakan menurut letak pemasangan, dan fungsi. Pertama anda bisa melakukan aplikasi pintu besi sebagai gerbang pada bangunan. Pintu gerbang berbahan besi faktanya berguna sebagai akses utama, untuk masuk dan keluar dari sebuah bangunan. Ketinggian pintu umumnya sama dengan pagar. Sementara lebar pintu lebih daro 3,5 meter. Dengan pertimbangan agar bisa dilewati oleh mobil. Berikutnya sebagai pagar. Okay! Pintu yang terpasang pada pagar. Dan berfungsi sebagai pintu alternatif pada sebuah area/bangunan. Oleh sebab itu, material dan model pintu sering dibuat semirip mungkin dengan pagar. Berikutnya anda bisa mengaplikasikan sebagai Pintu garasi. Garasi yang dimaksud disini bukan saja sebatas mobil. Seperti yang banyak terpasang pada rumah tinggal, atau kantor-kantor. Namun termasuk garasi bis, truk, bahkan pesawat (hanggar). Karena material yang cocok untuk itu hanya besi. terakhir anda dapat melakukan instalasi sebagai Pintu gudang, ruko, bahkan toko. Ulasan terkahir ini merujuk pada pintu utama, yang terpasang pada bangunan gudang. Umumnya berukuran relatif besar. Sehingga truk bisa masuk.


Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Untuk Membeli Pintu Besi

1. Cut-Out pada Pintu Besi
Pastikan pintu memiliki semua guntingan yang anda inginkan. Jika anda membeli pintu yang kokoh dan kemudian memutuskan bahwa anda menginginkan jendela atau pintu hewan peliharaan, anda akan merasa sangat sulit untuk memotong pintu tersebut. Menyewa pemasang pintu akan menjadi cara terbaik untuk menambahkan potongan pada pintu besi.

2. Lapisan pada Pintu Besi
Pintu besi dikirim dengan primer yang diterapkan pabrik yang siap untuk pengecatan manual dengan kuas atau pistol semprot. Yang lain memiliki lapisan vinil PVC tambahan yang menempel pada kulit baja yang memberikan tampilan atau warna tertentu pada pintu, biasanya butiran kayu. Perlu dicatat bahwa lapisan vinil PVC ini sulit untuk dicat jika nanti anda memutuskan ingin warna yang berbeda.

Artikel Terkait: Mengenal Pintu Geser Otomatis

3. Cuaca Sekitar pada Pintu Besi
Pintu besi setara dengan fiberglass dan kayu untuk menahan cuaca. Jadi, jika keketatan cuaca menjadi perhatian utama anda, jangan melihat ke pintu besi hanya karena faktor ini. Anda lebih baik memasang pintu badai di depan pintu besi untuk menahan cuaca.

Artikel Terkait: Mengenal Manfaat Menggunakan Pintu Besi Merk Grant

4. Resiko Goresan pada Pintu Besi
Jika anda memiliki anjing atau hewan peliharaan lain yang suka menggaruk pintu, pintu besi harus menahan jenis goresan ini. Namun jika menyangkut goresan logam, pintu besi pasti akan tergores. Menghapus goresan itu bisa jadi sulit. Pengecatan ulang seringkali merupakan satu-satunya perbaikan untuk pintu baesi yang tergores.

Apa Itu Pintu Baja?

Well! Berikutnya, kami di PT. Sekawan Karya Tama Mandiri via situs sktm.co.id akan membahas tentang pintu baja. Pertama, pintu baja adalah pintu yang dibuat dari baja yang kuat. Mereka biasanya digunakan untuk keperluan industri dan komersial. Namun karena fitur keamanan dan ekonomi, pintu baja digunakan untuk bangunan tempat tinggal. Pintu merupakan komponen penting dalam pembuatan konstruksi sebuah rumah atau bangunan serupa. Dalam pemilihan bahan material pintu ada beberapa material seperti kayu,plastik bahkan baja. Kali ini kita akan membahas tentang pintu baja. Pintu baja adalah pintu yang dibuat dari baja yang kuat. Mereka biasanya digunakan untuk keperluan industri dan komersial. Namun karena fitur keamanan dan ekonomi, pintu baja digunakan untuk bangunan tempat tinggal. 
sktm.co.id
Pintu baja dibuat dari baja yang kuat. Namun, tidak sepenuhnya menggunakan baja padat. Sebenarnya, pintu baja adalah inti poliuretan atau polistirena yang dilapisi dengan kulit tipis dari bahan baja. Pintu baja dipasang terutama di area interior yang mengarah ke eksterior. Namun, mereka juga dapat digunakan di ruang interior-ke-interior untuk alasan keamanan. Beberapa fitur pada pintu baja diataranya pintu baja tidak diproduksi sebagai baja padat. Sebab, berat dan akan merusak engsel dan rangka, baja adalah konduktor panas dan dingin yang baik. Namun, bahan inti pintu baja bertindak sebagai penghalang termal, pintu baja lima kali lebih baik daripada bahan pintu sintetis. Sedangkan kayu lainnya sehubungan dengan isolasi termal. Pintu baja dipasang terutama di area interior yang mengarah ke eksterior. Namun, mereka juga dapat digunakan di ruang interior-ke-interior untuk alasan keamanan. Dan tentunya, sebelum membeli pintu baja, lakukan perencanaan yang harus dibuat sebelum pemasangan.



Pro dan Kontra pada Pintu Baja

Pro pada Pintu Baja

  • Material Pintu Baja Sangat kuat
  • Material Pintu Baja Teruji Tahan pada Perubahan Cuaca Ekstrim
  • Material Pintu Baja Tahan Terhadap Panasnya Api
  • Material Pintu Baja Memiliki Ply atau Lapisan yang Tahan Terhadap Sebagian Besar Upaya Logam Lain Untuk Menembusnya, Bahkan Peluru Senapan Laras Panjang Sekalipun

Kontra pada Pintu Baja

  • Material Pintu Baja Sulit Direstorasi Jika Sudah Rusak
  • Material Pintu Baja Tidak Mudah Penyok Namun Memiliki Resiko Patah
  • Material Pintu Baja Sulit Dipasang Oleh Pemilik Bangunan Sendiri Karena Bobotnya yang Berat, Perlu Tenaga Aplikator Khusus
  • Material Pintu Baja Mahal Dalam Pemeliharaan, in some Case Biaya Pengecatan yang Harus Menggunakan Cat Khusus Baja Untuk Menghindari Resiko Korosi dan Reaksi Kimia Lainnya


Tempat Memasang Pintu Baja

Penggunaan pintu berbahan plat baja kini cukup banyak digunakan pada ruangan di rumah modern sejak beberapa tahun belakangan. Pasalnya, selain durabilitasnya lebih tinggi dari pintu kayu, PVC, akrilik atau engineered wood, pintu ini juga tahan rayap dan anti dibobol maling. Penggunaan pintu baja cukup praktis dan memberikan rasa aman, terlebih untuk rumah besar dengan aset-aset penting di dalamnya. Jika ada, anda perlu menganggap pintu baja sebagai sepupu bodi mobil, karena cara memperbaiki penyok pada pintu baja adalah dengan menggunakan pengisi bodi mobil seperti Bondo, lalu mengampelas ke permukaan yang halus dan dapat dicat. Pintu baja sering membawa persepsi kekuatan terhadap penyusup, padahal sebenarnya mereka tidak lebih baik terhadap penyusup daripada pintu fiberglass atau kayu berkualitas. Jika pintu baja digunakan dengan rangka baja, maka akan lebih aman daripada kayu, fiberglass, atau baja pada kusen/rangka kayu.
sktm.co.id
Pintu baja dengan kulit ukuran 20 dapat dikatakan memiliki peringkat api 20 menit. Untuk detailnya, lihat stiker peringkat api di pintu itu sendiri. Jangan berasumsi bahwa semua pintu baja tahan api. Sebagian besar kode bangunan mengharuskan pintu tahan api dipasang di antara rumah dan garasi. Pintu baja dapat dipasang di antara area interior dan eksterior, tetapi kebanyakan digunakan sebagai pintu masuk yang mengarah ke eksterior. Pintu baja biasanya dipasang di antara rumah dan garasi yang dibutuhkan pengamanan ekstra. Ketika pintu baja dipasang di ruang interior-ke-interior itu karena kebutuhan akan keamanan atau proteksi kebakaran di salah satu area tersebut.

Artikel Terkait: Industri Pintu Besi Custom

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Untuk Membeli Pintu Baja

1. Ketebalan pada Pintu Baja
Pintu baja secara konsisten mampu meredam suara bising saat diketuk. Fitur honeycomb paper yang disematkan di antara dua sisi kusen (konstruksi sandwich) sebagai bahan core membuat pintu lebih stabil dan tidak mudah mengalami perubahan bentuk. “Bila pintu diketuk maka suaranya sangat teredam. Bunyi ketukannya seperti pintu kayu". Jika bangunan berada di tepi jalan raya yang padat. pintu baja tebal bisa menjadi solusi praktis untuk meredam kebisingan.


2. Ukuran Real pada Pintu Baja
Sebelum menuju ke toko penjualan pintu, ukur lebar dan tinggi bukaan pintu untuk menentukan ukuran pintu yang harus dibeli. Jika ukuran standar tidak cukup sesuai dengan ukuran bukaan, Anda dapat membuat beberapa penyesuaian agar pas atau membuat pintu khusus atau custom untuk memperoleh ukuran yang tepat.

3. Sytem Aplikasi pada Pintu Baja
Pada umumnya pintu dibekali lima titik penguncian yang membuatnya diklaim sekuat brankas karena level keamanannya lebih tinggi ketimbang pintu konvensional. Empat set engsel tersembunyi membuat pintu tidak mudah dicongkel. Pintu dilengkapi aksesori tujuh anak kunci komputer A-B Lock system, kaca pengintip, karet peredam, enam set baut instalasi dynabolt dan enam cover lubang instalasi.


4. Trend Design pada Demand Terkini Pintu Baja
Pilihan pintu interior dengan material dasar baja tidak hanya melayani tujuan, tetapi juga gaya desain interior rumah anda. Pilih pilihan yang menyatu dengan jenis aksesori, perabotan, dan item dekorasi lainnya di rumah. Namun, saat mencampur dan mencocokkan gaya, berhati-hatilah agar tidak berlebihan. Beberapa elemen harus mempertahankan gaya yang sama untuk rasa aliran kohesif di rumah. Pintu internal datang dalam berbagai warna yang dicat atau diwarnai. Warna pintu mempengaruhi tampilan ruangan secara keseluruhan. Untuk itu, warna pintu interior perlu disesuaikan dengan estetika desain guna membuat pernyataan dekoratif di dalam ruangan.


Penutup
sktm.co.id
Pintu Besi Merk Grant adalah contoh dari pintu berbasis plat baja yang diproduksi dan didistribusikan oleh PT. Sekawan Karya Tama Mandiri sebagai Pemilik Hak Paten Pintu Besi Merk Grant. Kesan kokoh pada pintu muncul lantaran semua pintu besi dari PT. SKTM terbuat dari plat besi. Sementara corak tembaga (copper) pada finishing akhir memberikan kesan elegan dan keseimbangan warna. Lantaran premium, tentu fiturnya tidak seperti pintu konvensional.
Well! Tren pintu saat ini tak hanya pelengkap suatu bangunan, tetapi juga harus memberi estetika. “Trennya, saat ini pintu lebih untuk menghadirkan ruh atau style sebuah bangunan. Bila dulu pintu merupakan perantara antara lingkungan luar dan dalam rumah sekaligus penjaga privasi penghuninya, sekarang pintu harus bisa menambah nilai estetika bukan?
Beberapa jenis dan model pintu bangunan menjadikan kesan bangunan menjadi modern, sementara yang lainnya membuat bangunan terasa lebih klasik. Bangunan apapun merupakan cerminan pemiliknya seperti pilihan motif dan warna dengan berbagai karakter mulai dari minimalis, modern dan futuristik. Pertimbangan konsumen memilih pintu tidak hanya dari sisi fungsional, tetapi menaruh ekspektasi lebih seperti keamanan, keindahan dan daya tahannya. Aplikasi pintu besi adalah sebuah solusi untuk bangunan modern!


Jika anda memiliki kebutuhan Pintu Besi, Pintu Besi Garasi, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!



PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)