Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Terbaik Untuk Railing Balkon

Apa Bahan Terbaik untuk Railing Balkon Rumah?

sktm.co.id
Well! Pagar balkon tidak hanya berfungsi sebagai fitur keselamatan yang penting di rumah kita, tetapi dengan desain dan material yang tepat, secara estetika dapat mengubah tampilan dan nuansa fasad rumah. Faktor-faktor seperti keseluruhan desain rumah (tradisional atau modern), bersama dengan ketahanan pagar terhadap kondisi cuaca eksternal, memainkan peran kunci dalam menentukan bahan yang paling cocok untuk desain pagar. di artikel sebelumnya kami di sktm.co.id telah merilis artikel tentang Pintu Besi Untuk Gudang.

Nah, di artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi bahan terbaik untuk Railing atau Pagar Balkon rumah anda. Ya! Dengan banyaknya material yang ditawarkan seperti metal, kaca, kayu dan beton, pvc, baja ringan, baja tahan karat, kuningan, material apa yang paling cocok untuk railing balkon dan mengapa? Simak terus ulasan kami berikut ini!


1. Railing dengan Iron (Besi)
sktm.co.id
Jika anda menyukai tampilan hiasan, bawalah pagar besi tempa atau besi tuang. Pagar besi cor dibuat dengan menuangkannya ke dalam cetakan sementara besi tempa dipanaskan terlebih dahulu dan kemudian dikerjakan dengan alat.


  • Kelebihan: Seseorang dapat mencapai desain yang rumit dan hias untuk pagar balkon dari besi tempa dan besi tuang. Pagar juga bisa dicat dengan warna yang kaya seperti emas atau perak untuk memberikan tampilan kerajaan ke balkon.
  • Kekurangan: Pagar besi tempa dan besi tuang harus disegel dan dilapisi secara teratur agar tidak berkarat. Pagar ini sangat mahal dan membutuhkan pengerjaan yang baik.


2. Railing dengan Stainless Steel (baja tahan karat)
SS adalah salah satu bahan premium yang digunakan untuk pagar balkon yang dapat memberikan tampilan modern kelas atas pada balkon.

Artikel Terkait: Keuntungan Menggunakan Pintu Besi

  • Kelebihan: SS adalah bahan yang kuat, bebas perawatan dan tidak memerlukan pengecatan apa pun setelah dipasang. SS terdiri dari lapisan kromium oksida tahan karat di atas baja, yang mencegah pagar dari korosi bahkan dalam kondisi iklim yang keras. Itu dapat dengan mudah disesuaikan ke dalam desain apa pun. Seseorang dapat mencapai hasil akhir yang sempurna di SS; itu dengan mudah memberikan tampilan ramping ke balkon, seperti dalam contoh ini.
  • Kekurangan: Pagar SS sangat mahal dibandingkan dengan logam lain yang digunakan untuk membuat pagar balkon.



3. Railing dengan Mild Steel (baja ringan)
sktm.co.id
Pagar MS paling sering digunakan untuk balkon kondominium, apartemen, dan kompleks perumahan. Pagar ini memberikan tampilan yang dipoles ke balkon.

Artikel Terkait: Perbedaan Pintu Geser dan Pintu Lipat

  • Kelebihan: MS adalah bahan yang sangat kuat dan tahan lama. Logam ini mudah ditempa dan mudah dikerjakan. Pagar ini dapat dengan mudah dicat dengan warna apa pun agar sesuai dengan warna eksterior bangunan. Namun, warna yang paling umum digunakan adalah hitam, abu-abu, dan putih pudar. MS sangat mudah dipelihara; pembersihan rutin melibatkan menyeka pagar dengan kain lembab. Seseorang dapat mencapai desain garis lurus sederhana maupun desain ornamental di MS. Pagar ini ramah anggaran dan relatif lebih murah daripada pagar SS.
  • Kekurangan: MS memiliki kecenderungan untuk berkarat bila terkena kondisi cuaca eksternal. Oleh karena itu, pagar ini harus dicat secara berkala untuk membuat lapisan pelindung yang mencegah karat dari MS.


4. Railing dengan Glass (Kaca)
Tinggalkan pagar konvensional dan pilihlah pagar kaca, terutama jika balkon anda terbuka untuk pemandangan indah seperti pegunungan atau laut. Pagar kaca adalah panel kaca temper yang digantung di dalam bingkai logam. Seseorang juga dapat menggunakan instalasi kaca tanpa bingkai dengan pegangan logam sederhana di atasnya, seperti dalam contoh ini.

Artikel Terkait: Keuntungan Menggunakan Pagar Wiremesh Besi

  • Kelebihan: Pagar kaca memberikan tampilan rumah yang modern dan mewah. Mereka menghadirkan kesan transparansi dan membuka pandangan ke sekeliling, sehingga membuat balkon terlihat lebih besar. Panel kaca juga berfungsi sebagai penahan angin.
  • Kekuranangan: Panel pagar kaca perlu dibersihkan secara teratur. Kaca rentan terhadap goresan.

Artikel Terkait: Keunggulan Aplikasi Pagar Besi pada Bangunan

5. Railing Dengan Wood (Kayu)
sktm.co.id
Pagar kayu menambah kelembutan dan menghadirkan unsur kehangatan ke dalam balkon. Namun jika menyangkut keselamatan, terutama di gedung-gedung tinggi, sangat disarankan untuk menggunakan railing logam saja karena lebih kokoh. Namun, seseorang selalu dapat menggabungkan kayu sebagai panel pengisi di pagar SS atau MS.


  • Kelebihan: Pagar ini bisa fadibuat dari berbagai jenis kayu dan dapat diselesaikan dalam berbagai warna. Pagar kayu melengkapi rumah modern maupun tradisional.
  • Kekurangan: Kayu memiliki kecenderungan membusuk dan diserang rayap. Kayu dapat pecah selama periode waktu tertentu. Pagar kayu membutuhkan banyak perawatan dibandingkan dengan bahan pagar lainnya. Itu perlu dicat ulang dan disegel setidaknya sekali dalam dua tahun.


6. Railing dengan Concrete (Beton)
Beton adalah bahan yang kuat. Pagar ini, terbuat dari beton, tersedia dalam bentuk prefabrikasi dan biasanya dipasang di bungalo atau vila bertingkat rendah. Pagar beton dipilih agar sesuai dengan fasad luar bangunan, seperti pada gambar di atas.


  • Kelebihan: Pagar beton kokoh. Pagar ini hemat biaya. Mereka rendah dalam pemeliharaan.
  • Kekurangan: Tidak tersedia dalam banyak desain. Pagar beton sangat berat. Temukan beberapa ide desain balkon yang bagus. Keanggunan Hias di Segala Cuaca.


7. Railing dengan Brass (Kuningan)
sktm.co.id
Untuk mendapatkan kesan balkon dengan gaya elegan, anda bisa memilih bahan brass atau di indonesia lebih dikenal dengan nama kuningan. Bahan ini cukup mudah diolah dalam berbagai bentuk sehingga anda lebih bebas menyesuaikannya dengan gaya hunian.

Artikel Terkait: Sejarah Perkembangan Pintu Besi

  • Kelebihan: Logam kuningan cukup kuat dan aman untuk mempercantik balkon. Komponen utama dari kuningan ini adalah tembaga yang memilki kadar berkisar antara 60-96% massa membuat material kuningan bersifat antiseptic, bisa melewati efek oligodinamis (daya hambat atau mematikan dari logam terhadap makhluk hidup, sehingga variasi yang diberikan pada ujiini adalah logam). Kandungan seng dalam kuningan berkisar antara 32%-39%. Kadar ini akan meningkatkan kemampuan kerja material kuningan di suhu panas, namun akan menurun/terbatas saat berada di lingkungan bersuhu tinggi.
  • Kekurangan: Railing yang terbuat dari bahan kuningan adalah model yang memiliki harga paling mahal, hal ini tentu saja sesuai dengan kualitas yang dihasilkan dimana railing ini memiliki desain yang dapat disesuaikan, kualitas yang unggul, dan juga pengerjaan yang cepat.


8. Railing Kawat Expanda (Jaring Logam)
Salah satu model railing yang tengah diminati oleh masyarakat luas ialah expanda. Sebuah railing yang rangka utamanya terbuat dari aluminium atau besi. Umumnya, railing expanda dipakai sebagai pengaman tambahan yang berfungsi sebagai media pengaman rumah.

Artikel Terkait: Industri Pintu Besi Custom

  • Kelebihan: Modelnya yang berjaring expanda cocok digunakan bila anda inginkan sirkulasi udara dan cahaya masuk ke dalam rumah secara optimal. Udara dan cahaya matahari akan masuk ke celah-celah jaring railing tersebut, tanpa takut ada sembarang orang menerobos ke dalam rumah. Kabarnya, model pintu ini pun akan menambah kesan rumah tampak, gagah, modern, dan elegan.
  • Kekurangan: Bahan, aplikator, dan maintenancenya cukup mahal.

Artikel Terkait: Keunggulan Aplikasi Pagar Besi pada Bangunan

9. Railing Balkon dengan PVC (Vinyl)
sktm.co.id
Untuk rumah dengan gaya klasik modern, anda bisa memilih model railing balkon dengan bahan PVC atau vinyl. Kedua bahan ini cukup kuat dan praktis sebagai bahan railing. Untuk memberi kesan simpel dan elegan, pilih warna netral seperti putih atau hitam.


  • Kelebihan: dari bahan ini adalah tidak mudah berubah bentuk dan tidak perlu dicat ulang.
  • Kekurangan: Rare dan perlu perawatan secara teratur agar selalu terlihat bersih.

Artikel Terkait: Tips Untuk Merawat Pintu Garasi Besi

10. Railing dengan Aluminium (Almini)
Aluminium adalah bahan yang kuat, ringan dan terjangkau. Pagar aluminium memberi tampilan modern pada rumah. Mereka dilapisi bubuk dengan sentuhan akhir seperti matte, gloss atau satin. Lapisan bubuk memberikan tampilan yang menarik pada pagar dan tidak mudah berubah warna, menimbulkan korosi atau terkelupas.

Artikel Terkait: Pro dan Kontra antara Penggunaan Pintu Besi dan Pintu Baja

  • Kelebihan: Aluminium adalah bahan yang sangat tahan lama dan sangat tahan terhadap kondisi cuaca yang keras. Berbagai desain dicapai dengan bagian aluminium yang ramping dan dapat dilapisi bubuk dalam berbagai warna. Pagar aluminium mudah dirawat dan hanya perlu dilap dengan kain lembab. Railing aluminium tahan terhadap karat dan tidak membengkak atau retak saat terkena panas.
  • Kekurangan: Pagar aluminium cenderung mengalami korosi dan berubah warna karena oksidasi dengan adanya udara yang mengandung garam. Jadi, hindari penggunaan railing aluminium di area pantai.


Temukan kontraktor khusus untuk membuat pagar aluminium balkon anda. 
Link Terkait: Rekomendasi Bengkel Pagar Aluminium Terpercaya

Penutup

@sktmindonesia PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) 1. Unit Usaha Komponen Pintu Garasi & Pintu Besi Memproduksi Komponen Pintu Garasi (Sistem Sliding dan Folding) Memproduksi Pintu Besi (Finishing Powder Coating) Melayani Jasa Powder Coating. 2. Unit Usaha Wood Working Memproduksi Kusen, Pintu, Jendela, dan Partisi Berbahan Kayu Merbau, Kamper, Nyatoh, dan Sungkai. Memproduksi List Profil, Architrave, dan & Railing Tangga. Melayani Jasa Instalasi. 3. Unit Usaha Pagar Besi Memproduksi Pagar Besi Sejenis pagar BRC, Termasuk Komponen Tiang, Handle, dan Pintu. Memproduksi Aksesoris Tambahan Untuk Pagar Berbahan Besi. Melayani Jasa Aplikasi. 4. Unit Usaha Wire Mesh Menyediakan Wire Mesh, Kawat duri, Tiang Lampu, dan Tutup Saluran Memproduksi Aksesoris Tambahan Untuk Wire Mesh. Melayani Jasa Instalasi. 5. Unit Usaha Aluminium Menyediakan Jasa Kontraktor Untuk Project Kusen, Pintu, Jendela, dan Partisi Berbahan Aluminium. Menyediakan Jasa Aplikator Untuk Project Kusen, Pintu, Jendela, dan Partisi Berbahan Aluminium. Menyediakan Jasa Advisor Untuk Project Kusen, Pintu, Jendela, dan Partisi Berbahan Aluminium. 6. Unit Usaha Distribusi Material Bangunan Menyediakan Jasa Survei Material Bangunan. Menyediakan Jasa Pengadaan Material Bangunan. Menyediakan Produk Aksesoris Pintu, Kusen Jendela, dan Partisi. (Merk Dekkson) 7. Unit Usaha Kontraktor Umum Penyediaan Jasa Desain Bangunan Penyediaan Jasa Pengadaan Material. Bangunan Penyediaan Jasa Renovasi dan Renovasi Bangunan Alamat Kantor, Gudang, dan Pabrik kami Berlokasi di Alamat Berikut ini: Pergudangan Sinar, Blok D No. 9, Dusun Gemurung Kidul, Tebel, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254 Kontak Untuk Terhubung dengan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri, silahkan menghubungi Customer Care kami di Hotline berikut ini: Phone/Whatsapp: 0811-304-127 Official Email: sktmindonesia@gmail.com Official Website: www.sktm.co.id Tag: #tokobesi #pabrikbesi #tokoaluminium #pabrikaluminium #pintubesi #pintubesigrant #sktmindonesia #tokobesi #jualpintubesi #pintubesigudang #pabrikpintukayu #pabrikaluminium #grant #produsenpintubesi #pabrikpintubesi #distributorpintubesi #sktm ♬ suara asli - 💟 - Y O L A N

Balkon merupakan teras lantai atas pada bangunan bertingkat. Biasanya balkon digunakan sebagi tempat bersantai, taman, serta ruang multifungsi lainnya. Selain itu, balkon kerab dimaknai sebagai serambi atas.  
Besi sangat mungkin merupakan bahan tunggal yang paling serbaguna, dan itulah mengapa besi juga paling umum digunakan di pagar balkon, terutama untuk kompleks besar dengan banyak unit. Ini lebih baik dari aluminium dan bahan lainnya meski lebih berat.
Secara Posisi balkon berada di atas dimaksudkan sebagai tempat bersantai, berjemur atau sekedar melihat pemandangan. Pagar balkon berupa deretan pion beton yang biasa disebut balustrade atau pagar balkon besi tempaan motif sulur adalah contoh dari balkon klasik yang umum ada di Indonesia saat ini.


Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu dan Pagar Besi untuk pengerjaan Railing Balkon, Tangga, Pintu Besi, Pintu Besi Garasi, Wiremesh, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!



PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)