Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proteksi Kebakaran Pasif Versus Aktif

Proteksi Kebakaran Pasif Versus Aktif? Inilah Mengapa Sebuah Gedung Membutuhkan Keduanya

sktm.co.id
Baru-baru ini kami menulis tentang persyaratan hukum pemilik bangunan komersial, tuan tanah, dan “orang yang bertanggung jawab” lainnya harus memastikan keselamatan kebakaran di dalam bangunan mereka, tetapi masih ada banyak kebingungan tentang proteksi kebakaran pasif, dibandingkan dengan proteksi kebakaran aktif, dan perbedaan antara keduanya. Di artikel sebelumnya kami di Grant Fire Door telah merilis artikel tentang Pintu Tahan Api pada Gedung Komersial. Nah, dalam artikel kali ini kami di sktm.co.id akan mengajak anda mengenal lebih dalam Proteksi Kebakaran Pasif Versus Aktif. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Proteksi Kebakaran Aktif dan Proteksi Kebakaran Pasif

Proteksi Kebakaran Pasif
sktm.co.id
Mari kita mulai dengan Proteksi Kebakaran Pasif, semata-mata karena ini adalah bagian dari proteksi kebakaran yang seringkali tidak terlihat atau tidak jelas, sehingga tidak mudah dipahami. Proteksi Kebakaran Pasif adalah proteksi kebakaran yang terpasang di struktur bangunan. Tidak perlu aktivasi, tidak perlu dinyalakan dan dimatikan, dan bertugas 24/7/365. Ini biasanya mencakup dinding tahan api, partisi, langit-langit, dan rongga atap, serta pintu api dan penghenti api - sealant intumescent yang meluas untuk menutup celah di sekitar saluran dan lubang layanan, seperti bukaan pemanas dan ventilasi.
sktm.co.id
Dan, tujuan inti dari Proteksi Kebakaran Pasif adalah untuk mencegah penyebaran api melalui bangunan melalui kompartementasi – yaitu membagi bangunan menjadi sel tahan api yang mencegah nyala api dan gas beracun menyebar lebih jauh. Ini adalah elemen vital dari strategi keselamatan kebakaran bangunan, dan sangat penting dalam melindungi orang, serta membatasi kerusakan bangunan, isi, dan data dari api dan asap.

Catatan sktm.co.id: Tetapi meskipun Proteksi Kebakaran Pasif “selalu aktif” dan sebagian besar tidak terlihat, Proteksi Kebakaran Pasif harus tunduk pada survei proteksi kebakaran reguler, pemeliharaan, dan, jika perlu, perbaikan kerusakan, bahkan modifikasi kecil pada bangunan (mengebor lubang di dinding untuk memasang kabel). melewati, misalnya) dapat membahayakan kepatuhan Proteksi Kebakaran Pasif-nya.

Proteksi Kebakaran Aktif
sktm.co.id
Proteksi kebakaran aktif, sebaliknya, adalah tentang mendeteksi dan memadamkan api, bukan menahannya sehingga tidak bisa bergerak lebih jauh. Ini sering mencakup:


  • Pencahayaan darurat darurat.
  • Sistem pencegah kebakaran dan sprinkler.
  • Ventilasi asap, termasuk ventilasi otomatis.
  • Sistem perlindungan yang dinonaktifkan.
  • Sistem komunikasi suara darurat (EVCS).
  • Alarm suara alamat publik.
  • Alat pemadam kebakaran portabel.
Jika ini awalnya terdengar agak lebih canggih daripada varian pasif, perlu diingat bahwa ini pada akhirnya bergantung pada aktivasi yang andal, baik dengan campur tangan manusia atau secara otomatis, dari suatu jenis perangkat. Proteksi Kebakaran Pasif di sisi lain, meskipun hanya dapat menahan api setelah padam, tidak memerlukan tindakan seperti itu untuk menjadi efektif.
sktm.co.id
Catatan sktm.co.id: Jadi pada intinya adalah – dan, sekali lagi, inilah mengapa undang-undang keselamatan kebakaran menetapkan proteksi kebakaran aktif dan pasif – bahwa kedua sistem bekerja secara bersamaan dan bersamaan satu sama lain. Masing-masing mengkompensasi kekurangan yang lain, dan karenanya, jika dirancang dan dipasang dengan benar, menghadirkan risiko keseluruhan yang paling rendah.

Dimana Mendapatkan Ahli Proteksi Kebakaran Pasif?
sktm.co.id
Di mana anda dapat menemukan keahlian Proteksi Kebakaran Pasif? Proteksi Kebakaran Pasif umumnya kurang dipahami dengan baik dibandingkan proteksi kebakaran aktif, dan memiliki jauh lebih sedikit spesialis dan pemasang terakreditasi – namun akreditasi tersebut adalah kuncinya, karena dua alasan.

  • Pertama, undang-undang mengatakan bahwa pekerjaan yang melibatkan Proteksi Kebakaran Pasif seperti penilaian risiko kebakaran hanya boleh dilakukan oleh orang yang kompeten dan memiliki kualifikasi yang sesuai.
  • Kedua, penilaian dan survei ini, pada gilirannya, sangat penting untuk kepatuhan keselamatan kebakaran gedung secara keseluruhan, karena menurut undang-undang, mereka harus mempertimbangkan bagaimana tindakan perlindungan kebakaran aktif dapat ditambah dan dimaksimalkan dengan penggunaan Proteksi Kebakaran Pasif sebaik mungkin. 

Penutup
Singkatnya, jika Proteksi Kebakaran Pasif tidak dapat ditampilkan untuk bekerja secara efektif dengan proteksi kebakaran aktif, Proteksi Kebakaran Pasif tidak akan dianggap sesuai, dan, yang lebih mendesak, tidak akan memberikan tingkat keamanan yang diinginkan.
sktm.co.id
Maka masuk akal untuk mencari spesialis Proteksi Kebakaran Pasif dengan akreditasi yang sesuai seputar kepatuhan, tetapi juga untuk disiplin terkait seperti Kesehatan dan Keselamatan dan kualitas. Untuk informasi lebih lanjut tentang proteksi kebakaran pasif, dan bagaimana kami dapat membantu, hubungi kami.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)