Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pintu Tahan Api pada Gedung Komersial

Pintu Api di Gedung Komersial - Segala Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Fire Door

sktm.co.id
Apa itu Pintu Tahan Api? Pintu tahan api atau Fire Door dibuat khusus untuk menahan panas api yang ekstrim. Pintu dan kusen logam berongga ini harus memiliki alat penutup dan gerendel. Pintu kebakaran harus dilengkapi dengan perangkat keras yang diuji untuk kondisi panik dan kebakaran. Kunci dapat berupa kunci keluar darurat gagal-aman atau gagal-aman. Kecuali digunakan pada bangunan dengan aplikasi tertentu yang memungkinkan jalan keluar tertunda atau terkendali, mereka harus mengizinkan jalan keluar bebas. 
sktm.co.id
Dan meskipun aplikasi pintu tahan api harus memenuhi standar keselamatan tertentu, pintu kebakaran dapat digunakan untuk penggunaan normal sehari-hari di titik masuk eksterior dan lokasi interior di dalam gedung. Di artikel sebelumnya kami di Grant Fire Door telah merilis artikel tentang Implementasi Pintu Tahan Api pada Bangunan Modern. Nah, dalam artikel kali ini kami di sktm.co.id akan mengajak anda untuk mengetahui Aplikasi Pintu Tahan Api pada Gedung Komersial. Simak terus ulasna kami berikut ini!

Apa Tujuan Dipasangnya Pintu Tahan Api pada Gedung Komersial?
sktm.co.id
Pintu kebakaran diperlukan di banyak bangunan komersial untuk melindungi penghuninya, memblokir penyebaran api dan asap, dan meminimalkan kerusakan properti secara keseluruhan. Karena mereka menutup secara otomatis ketika api terdeteksi di dalam gedung, pintu ini merupakan komponen kunci dari sistem proteksi kebakaran pasif gedung. 
sktm.co.id
Pintu kebakaran interior membantu memblokir atau menunda penyebaran panas, asap, dan api melalui lorong, tangga, dan di antara bagian bangunan. Mereka juga dipasang di koridor yang melewati dinding penghalang api. Pintu proteksi kebakaran eksterior tahan panas dan memungkinkan jalan keluar cepat dari gedung jika terjadi keadaan darurat.

Bagaimana Cara Kerja Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Lori Greene dari iDigHardware baru-baru ini menceritakan pengalaman putrinya ketika asrama universitasnya dievakuasi karena kebakaran kecil di ruang cuci. Dalam contoh ini, pintu api melakukan tugasnya untuk mencegah penyebaran asap dan api:

  • “Apinya tidak serius – hanya pengering asap, tetapi pintu ruang cuci secara otomatis terlepas dari penahan magnetnya saat alarm kebakaran diaktifkan, dan ditutup serta dikunci dengan benar. Karena rakitan pintu api berfungsi seperti yang dirancang dan diuji, asapnya tidak menyebar.”
  • “Rakitan pintu api memainkan peran penting dalam proteksi kebakaran pasif bangunan. Tanpa pelindung bukaan ini, dinding yang memisahkan bangunan dan bagian penting darurat di sekitarnya tidak dapat melakukan tugasnya, ”jelas Greene.

Apa Saja Persyaratan Pintu Kebakaran Komersial?
sktm.co.id
Pintu tahan api dianggap sebagai bagian penting dari sistem proteksi kebakaran pasif, dan selain menjadi fitur keselamatan yang cerdas, pintu tersebut juga diwajibkan oleh kode bangunan lokal, negara bagian, nasional, dan internasional. Kode bangunan yang diberlakukan di wilayah Anda mengamanatkan peringkat tahan api dari rakitan pintu api. Pedoman didasarkan pada penerapan ruang komersial dan jumlah maksimum penghuni di dalam gedung.

Bagaimana Aksesibilitas Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Untuk persyaratan aksesibilitas, kode model mengacu pada ICC A117.1 – Bangunan dan Fasilitas yang Dapat Diakses dan Digunakan; Standar ADA untuk Desain yang Dapat Diakses juga berlaku untuk sebagian besar proyek secara nasional. Mungkin ada modifikasi kode negara bagian atau lokal tambahan yang berlaku untuk lokasi tertentu.

Apa Saja Persyaratan Sebuah Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Tidak seperti pintu komersial biasa, ini harus melewati serangkaian uji ketahanan api yang dilakukan oleh lembaga pengujian khusus. Pintu yang lulus evaluasi diklasifikasikan menurut peringkat proteksi kebakarannya. Peringkat ini diukur dalam jam; .5, .75, 1, 1.5 dan 3 jam adalah klasifikasi umum. Pengukuran mewakili jumlah waktu penghalang dapat bertahan terhadap paparan dari panas dan api. Lamanya waktu pintu harus menahan api dapat bervariasi tergantung pada kode bangunan lokal dan lokasi di dalam gedung, seperti sekitar pintu keluar atau peringkat api dari dinding di dekatnya.

Seperti Apa Sertifikasi Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Setiap pintu tahan api yang dijual di pasaran harus menyertakan label permanen yang menunjukkan informasi berikut:

  • Produsen Pintu Tahan Api.
  • Apakah bukaan dilengkapi dengan perangkat keras keluar api.
  • Peringkat kenaikan suhu apa pun.
  • Jika itu adalah rakitan pintu asap.
  • Lamanya waktu pintu dimaksudkan untuk menahan api.
  • Perangkat keras dan bingkai terkait harus memiliki label serupa yang secara khusus menyebutkan durasinya.

Bagaimana Prosedur Inspeksi Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Pintu pelindung ini perlu diperiksa setidaknya setahun sekali oleh perwakilan dari pemadam kebakaran setempat.

“NFPA 101 edisi 2012 mewajibkan pemeriksaan pintu kebakaran setiap tahun, dan mengacu pada NFPA 80 edisi 2010 – Standar untuk Pintu Kebakaran dan Pelindung Pembukaan Lainnya, yang mencantumkan 11 kriteria pemeriksaan untuk rakitan pintu kebakaran. 
Ya, khususnya, fasilitas yang menerima pendanaan dari Medicare dan/atau Medicaid harus melakukan pemeriksaan rakitan pintu kebakaran setiap tahun dan didokumentasikan, dengan setiap kekurangan diperbaiki 'tanpa penundaan,'” jelas Allegion.

Apa Saja Jenis Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Ada berbagai jenis pintu yang tersedia, dengan peringkat api yang berbeda dan terbuat dari bahan yang berbeda. Rakitan pintu juga dapat mencakup kusen pintu tahan api, engsel, segel asap atau gas, perangkat keras dan kaca. Berbagai gaya pintu tersedia, yang dapat disesuaikan dengan dekorasi interior atau menonjol sehingga mudah terlihat dalam keadaan darurat.

Apa Perlu Penerapan Keamanan Pintu Tahan Api pada Kemungkinan Kebakaran?
sktm.co.id
Banyak pemilik bisnis dan manajer properti memiliki pertanyaan tentang bagaimana pintu kebakaran harus digunakan sehari-hari. Berikut adalah jawaban yang jelas untuk beberapa masalah umum.

Apakah Pintu Tahan Api Perlu Ditutup Setiap Saat?
sktm.co.id
Beberapa perusahaan memiliki pintu kebakaran interior yang biasanya tetap terbuka antar departemen selama jam kerja normal, namun akan tertutup secara otomatis jika terjadi keadaan darurat. Jika pintu tidak dilengkapi dengan alat penutup otomatis, jangan menopangnya agar terbuka. Meskipun nyaman untuk memasang baji agar pintu api tetap terbuka menciptakan jalan keluar yang mudah atau membiarkan angin sepoi-sepoi masuk, pintu yang terbuka dapat mengalahkan kemampuan perlindungan apinya.

Apakah Fire Door Harus Dikunci?
sktm.co.id
Jangan memblokir atau menguncinya. Merantai pintu hingga tertutup atau memblokirnya dengan cara apa pun berbahaya dan mungkin merupakan pelanggaran kode keselamatan kebakaran. Menggunakan apa pun selain perangkat keras anti-api, anti-gagal, atau anti-gagal dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian dalam keadaan darurat yang memerlukan evakuasi cepat. Menemukan pintu diblokir dapat menjadi bahaya keamanan yang signifikan dan menyebabkan kepanikan lebih lanjut untuk kerumunan yang sudah ketakutan.

Bisakah Pengguna Pintu Tahan Api Melakukan Modifikasi Hradware Fire Door?
sktm.co.id
Karena tahan api, mereka diuji sebagai rakitan pintu lengkap, modifikasi di tempat yang diizinkan terbatas.

Kapan Sebuah Firedoor Perlu Diganti?
sktm.co.id
Ketahanan api secara keseluruhan dan peringkat pintu api dapat memburuk seiring waktu. Untuk memastikan pintu terpelihara dengan baik dan tetap memastikan perlindungan yang memadai, pintu-pintu ini harus diperiksa setiap tahun. Ikuti jadwal perawatan dan perbaikan yang direkomendasikan. Kebutuhan penggantian akan tergantung pada keausan yang dialaminya.

Penutup
sktm.co.id
Pintu Komersial & Perangkat Kerasnya? Ya, Grant Fire Door dapat membantu perusahaan anda menemukan pintu kebakaran yang tepat untuk bangunan dan anggaran anda. Sejak tahun 1990, kami memiliki komitmen yang kuat terhadap layanan residensial dan komersial. Hubungi customer service Pabrik Pintu Besi Grant kami atau dapatkan perkiraan gratis secara online.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)