Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proteksi Kebakaran Pasif pada Bangunan Komersil

Pentingnya Proteksi Kebakaran Pasif pada Bangunan Komersial

Okay! Pemilik bangunan dan pemberi kerja diwajibkan oleh Peraturan Reformasi Peraturan (Keselamatan Kebakaran) 2005 untuk bertanggung jawab penuh atas keselamatan kebakaran di dalam bangunan mereka. Sebagai bagian dari proses penilaian risiko, elemen tahan api struktur bangunan harus ditunjukkan untuk mematuhi undang-undang saat ini. Di artikel sebelumnya kami di Grant Firedoor telah merilis artikel tentang Proteksi Api adna Asap pada Gudang, Nah, dalam artikel kali ini kami di sktm.co.id akan mengajak anda mengenali Proteksi Kebakaran Pasif pada Bangunan Komersil. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Proteksi Api Pada Bangunan Komersil
sktm.co.id
Ini semua pada dasarnya terfokus pada satu tujuan penting: mencegah api, gas panas dan beracun, dan asap menyebar ke bagian lain dari bangunan. Tapi ini bukan hanya tentang alat penyiram dan alat pemadam kebakaran. Ya, itu penting – tetapi juga memastikan bahwa bangunan tersebut memiliki bahan penghenti api yang sesuai yang dipasang di bagian paling dalamnya.
sktm.co.id
Inilah yang kami maksud dengan Proteksi Kebakaran Pasif (PFP), atau dikenal sebagai Proteksi Kebakaran Buatan – dan ini adalah bagian penting dari setiap strategi keselamatan kebakaran. PFP adalah petugas pemadam kebakaran tak terlihat yang selalu bertugas, secara diam-diam melindungi orang, bangunan, aset, stok, dan data penting bisnis dari kobaran api.
sktm.co.id
Tapi sayangnya, sifat tembus pandangnya juga berarti sering diabaikan. Sementara pintu api, misalnya, dan dinding tempat mereka berada, terlihat jelas, mereka sering berada di atas langit-langit dan di bawah lantai yang ditinggikan. Kekosongan langit-langit atau lantai yang tersembunyi ini, demikian kami menyebutnya, adalah tempat kompartemensi sering kali dapat dilanggar secara tidak sengaja oleh pedagang.

Apa saja contoh PFP dan Bagaimana Cara Kerjanya?
sktm.co.id
Cara kerja proteksi kebakaran pasif. PFP bekerja dengan menggunakan lantai, dinding, pintu, perlengkapan, dan pelapis tahan api untuk menghentikan penyebaran api, asap, dan panas, menahannya di area di mana api mulai atau bertahan. Ini melindungi rute pelarian, memberikan waktu penting bagi orang-orang di dalam gedung untuk mengevakuasinya. Terlebih lagi, ini melindungi anggota struktural bangunan yang penting, membantu memastikannya tetap berdiri, dan mencegah kehancuran total.
sktm.co.id
PFP bekerja bersamaan dengan sistem pencegah kebakaran aktif – seperti alat pemadam dan penyiram yang disebutkan di atas – dan strategi keselamatan kebakaran yang dikembangkan dengan hati-hati berdasarkan penilaian, survei, dan sertifikasi.

Siapa Yang Bertanggung Jawab atas Keselamatan Kebakaran Pasif
sktm.co.id
Ini adalah tanggung jawab manajer, penghuni, pemilik gedung, dan orang yang bertanggung jawab lainnya untuk melakukan penilaian dan survei yang diperlukan dengan frekuensi yang diperlukan, dan ini harus menggabungkan evaluasi keselamatan kebakaran pasif yang disediakan. Untuk memperjelas, itu berarti spesifikasi asli bangunan anda harus memasukkan strategi proteksi kebakaran yang jelas yang mencakup pemasangan komponen api pasif bersertifikat.
sktm.co.id
Namun, hal ini dapat menjadi tantangan bagi banyak pemilik gedung dan orang lain yang memikul tanggung jawab keselamatan kebakaran untuk mengelolanya, karena melibatkan pengawasan ketat dan pengendalian jumlah orang yang memiliki izin untuk menyesuaikan spesifikasi, namun seringkali mengelola sejumlah amandemen yang signifikan dari waktu ke waktu. Di sinilah bantuan ahli PFP terbukti sangat berharga, dan proses ini seringkali dimulai dengan penilaian dan survei yang kami jelaskan di bawah ini.

Penilaian Lanjutan Tentang Risiko Kebakaran pada Sebuah Gedung
sktm.co.id
Ini harus dilakukan sebelum pendudukan – tetapi seringkali tidak. Namun, apakah itu atau tidak, penting untuk dipahami bahwa itu juga menjadi usang karena perubahan dari waktu ke waktu. Hal ini dapat mencakup pemasangan layanan tambahan (listrik, data, HVAC, dll.) yang menyebabkan pelanggaran, misalnya, atau perubahan partisi internal dan tata letak perabot kantor, atau bahkan perekrutan anggota staf tambahan yang mungkin perlu keluar dari gedung dalam keadaan darurat.

Set pintu usang dan pintu api dengan penambahan bahan besi yang tidak sesuai adalah kesalahan umum yang terjadi seiring waktu. Okay, pada dasarnya, penilaian menentukan pekerjaan yang diperlukan di seluruh gedung untuk melindungi penghuni dengan menghilangkan kemungkinan risiko, dan dengan meningkatkan kejelasan dan posisi rute penyelamatan diri.

Survei Area dan Rencana Proteksi Kebakaran
sktm.co.id
Tahap kedua ini menilai pekerjaan atau tindakan perbaikan yang diperlukan, secara lebih rinci. Sangat tidak mungkin seorang anggota staf dapat melakukan survei semacam ini. Meskipun individu yang terlatih dengan tepat diberi waktu (selain pekerjaan harian mereka!) Dapat mendeteksi pelanggaran atau set pintu yang rusak atau tidak sesuai, mereka tidak akan memiliki status Sertifikasi Pihak Ketiga yang diperlukan untuk menandatangani pelaksanaan pekerjaan.

Pemasangan Proteksi Kebakaran
sktm.co.id
Tahap Ketiga Setelah survei dan penilaian selesai, tindakan, perbaikan, dan, jika perlu, pemasangan proteksi kebakaran harus dilanjutkan dengan cepat jika kekurangan telah teridentifikasi. Tak perlu dikatakan lagi, penundaan apa pun dalam meningkatkan keselamatan kebakaran adalah penundaan di mana api dapat melakukan yang terburuk. Biasanya, produk proteksi kebakaran pasif di bawah ini digunakan di dalam gedung komersial untuk meningkatkan keamanan kebakaran diantaranya Lantai, dinding, saluran, langit-langit tahan api, Pintu Tahan api, Proteksi kebakaran dan penghentian api untuk anggota struktural, Lembar PFP, dan yang terakhir Pelapis tahan api yang diaplikasikan dengan semprotan (epoksi, intumescent, semen).
sktm.co.id
Dan berikut beberapa detail lebih lanjut tentang masing-masing. Perhatikan daftar berikut ini:

  • Peredam Tahan Api - Peredam api mencegah penyebaran api di dalam saluran kerja dan digunakan dalam ventilasi, AC, dan saluran pemanas. Ketika mereka mendeteksi peningkatan suhu, mereka menutup secara otomatis dan dapat dihubungkan ke sistem alarm kebakaran.
  • Dinding Tahan Api - Dinding pengenal api membentuk Strategi Keluar Api. Mereka memperlambat penyebaran api dan asap melalui bangunan dan, pada dasarnya, penghalang tahan api.
  • Pintu Tahan api - Pintu api menunda penyebaran api dan asap di antara bagian-bagian bangunan. Set pintu api yang sesuai sangat penting untuk memastikan orang memiliki lebih banyak waktu untuk melarikan diri, dan dapat melakukannya dengan risiko fisik minimal. Namun, ini jauh dari daftar lengkap; dinamika risiko kebakaran setiap bangunan sangat berbeda, sehingga tidak ada template "kotak centang" yang dapat diikuti dengan mudah.

Catatan sktm.co.id: Semua penjelasan di atas bukan aktivitas "atur dan lupakan". Produk proteksi kebakaran pasif, setelah dipasang, harus dirawat dengan benar, sesuai dengan tujuannya. Selanjutnya, mereka harus telah dievaluasi, diuji, dan diverifikasi oleh sertifikasi pihak ketiga, untuk mengautentikasi kesesuaian instalasi.

Apakah Mungkin Membuat PFP Secara Mandiri?
sktm.co.id
Singkatnya, Perlindungan Kebakaran Pasif dalam banyak hal merupakan teka-teki bagi mereka yang bertanggung jawab atas bangunan komersial dan penghuninya: persyaratan keselamatan yang sangat diperlukan, didukung oleh kekuatan hukum, yang memberikan manfaat yang benar-benar menyelamatkan jiwa, tetapi jarang cepat atau mudah untuk ditangani sendiri. untuk memastikan kepatuhan hukum. Tapi jangan nyatakan keadaan darurat dulu – karena bantuan sudah dekat.

Penutup
sktm.co.id
Dari perencanaan hingga pasca pemasangan, Grant Fire Door adalah solusi satu atap untuk semua kebutuhan proteksi kebakaran pasif anda, yang mencakup berbagai produk dan layanan yang menjaga kepatuhan bangunan anda saat ini dan terlindungi di masa mendatang. Dibawah PT. Sekawan Karya Tama Mandiri, Grant Fire Door bekerja sama dengan pemilik, pemberi kerja, manajer fasilitas, profesional konstruksi, dan arsitek serta orang yang bertanggung jawab lainnya pada proyek bangunan komersial dan perbaikan di seluruh Indonesia, kami menjaga PFP agar bangunan dan orang-orang di dalamnya dapat melanjutkan bisnis.

Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Merk Grant)

Alamat
Kantor, Gudang, dan Pabrik kami Berlokasi di Alamat Berikut ini: 
PT. Sekawan Karya Tama Mandiri - Pergudangan Sinar Gedangan Blok D No. 9, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254 

Kontak
intu Besi, Pabrik Pintu Besi, Pabrik Pintu besi Merk Grant, Pintu Garasi Besi Untuk Gudang, Pintu Garasi Mobil Untuk Rumah, Pintu Garasi Besi Untuk Kantor, Pintu Besi Murah, Pintu Besi Cutting Laser, Pintu Besi Partisi Penyekat, Pintu Pagar Besi, Pintu Sliding Besi, Kontraktor Material Besi, Pabrik Besi Surabaya, Kontraktor Bangunan, Pabrik Pintu Geser, Pabrik Rolling Door, Pabrik Pintu Teralis, Pabrik Kanopi, Pabrik Partisi Besi
sktm.co.id
Untuk Terhubung dengan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri, silahkan menghubungi Customer Care kami di Hotline berikut ini:


Temukan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) di Twitter 🔺


Temukan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) di Instagram 🔺


Temukan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) di Youtube 🔺


Temukan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) di TikTok 🔺