Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Firedoor dan Aplikasinya pada Bangunan

Firedoor (Pintu Tahan Api)

Pintu pemadam kebakaran adalah persyaratan hukum di semua properti non-domestik, seperti bisnis, tempat komersial, dan bangunan publik. Mereka juga diperlukan di blok flat dan rumah -rumah hunian berganda (HMO). Di artikel sebelumnya kami di Grant Firedoor telah merilis artikel tentang Pintu Tahan Api Untuk Perlindungan Gedung. Nah, dalam artikel kali ini kami di sktm.co.id akan membagikan informasi tentang Bangunan Apa Saja Yang Membutuhkan Firedoor?. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Apa Itu Firedoor (Pintu Tahan Api)

Apa itu Firedoor? Pintu Tahan Api adalah struktut pintu khusus yang umumnya terbuat dari besi dan baja yang dalam aplikasinya digunakan sebagai pintu keluar keselamatan jika terjadi kebakaran di sebuah gedung. Pintu tahan api dirancang untuk menghalau persebaran asap, api, hingga gas beracun ke seluruh ruangan di bangunan tersebut.
Operator Bangunan di Indonesia harus menunjuk 'orang yang bertanggung jawab' untuk mengelola semua tindakan pencegahan keselamatan kebakaran termasuk pintu kebakaran. Orang ini mungkin adalah majikan, agen pengelola atau pemilik atau orang lain yang ditunjuk. Tanggung jawab hukum mereka termasuk tugas untuk mengurangi risiko penyebaran kebakaran di dalam tempat. Pintu api memainkan peran penting dalam mengurangi risiko ini di banyak bangunan.
Well! Dengan semakin berkembangnya kebutuhan zaman, saat ini di Indonesia semakain banyakgedung-gedung pencakar langit yang berdiri di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Malang, Makasar, dan yang terbaru wilayah Balikpapan sebagai calon ibu kota negara. Dengan pesatnya peradaban saat ini, sudah selayaknya diimbangi dengan standart keamanan dan sistem proteksi yang baik juga. Apalagi untuk gedung-gedung bertingkat yang memiliki banyak ruangan seperti Mall, Perkantoran Elit, Rumah Sakit, Apartement, dan Hotel. Tentu akan sangat disarankan jika memiliki Pintu Tahan Api bermutu tinggi di dalam gedungnya.

Apa Saja Fungsi Pintu Tahan Api (Firedoor)?


1. Untuk Memberikan Prosedur Denable Partial (Penahan Awal pada Nyala Api)
sktm.co.id
Sekarang kami telah membahas manfaat penting dari pintu api khusus, dipesan lebih dahulu, kami masih perlu menutupi fitur utama yang dibutuhkan orang dan diharapkan dari pintu tahan api berkualitas tinggi. Fasilitasi evakuasi cepat, aman, dan “minimal-evakuasi” untuk setiap dan semua penghuni, meminimalsiri kerusakan pada properti. Denable parsial, penahanan awal dengan “Minimal-Enounter,” yang kami maksudkan adalah menggunakan pintu adalah cepat dan mudah. Penghuni gedung harus menggunakan pintu dengan kedekatan, dengan upaya yang dapat diabaikan agar pintu menjadi pintu "minimal-eventer". Untuk meminimalkan kerusakan pada properti, pintu hanya harus memperlambat kemajuan api aktif. Akhirnya, set pintu api yang dipesan lebih dahulu yang dirancang dengan benar akan memberi pemilik dan penghuni kesempatan untuk menggunakan pintu api yang tersedia untuk secara strategis memotong pasokan oksigen ke api. Meskipun ini mungkin terlalu banyak untuk ditanyakan dalam keadaan darurat, masih menyenangkan mengetahui bahwa potensi untuk memotong nyala api yang ada.

2. Untuk Mengurangi Timbulnya Korban Jiwa
sktm.co.id
Fungsi dipasanganya pintu Tahan Api pada sebuah gedung tentu saja bertujuan untuk menghindari dan meminimalisit korban jiwa yang ditimbulkan dari peristiwa kebakaran. Selain itu Firedoor dapat menghambat persebaran asap dan kobaran api. Jadi nantinya ruangan yang memiliki pintu api akannlebih aman jika dijadikan titik kumpul evakuasi.

3. Untuk Meminimalisir Resiko Kerugian Property Lain
sktm.co.id
Anda semua pasti bertanya, kenapa Fire Door dapat meminimalisir kerugian Property lain? Gedung-gedung komersial seperti mall, rumah sakit, apartement, dan hotel umumnya dibangun di kawasan utama, yang mana bangunan tersebut memiliki gedung-gedung tinggi lain di sekitar atau bahkan pemukiman penduduk. Pintu Tahan Api dapat menghambat persebaran api ke ruangan lain di gedung yang mengalami kebakaran. Hal ini dapat membuat petugas pemadam kebakaran memiliki cukup waktu untuk memadamkan api di TKP sebelum api menyebar ke bangunan sekitar. Kebakaran bisa segera diatasi, sehingga dapat meminimalisir akibat yang ditimbulkan dari kebakaran.

4. Untuk Melindungi Ruang Arsip (Penyimpan Dokumen)
sktm.co.id
Firedoor didesain untuk perlindungan ruangan yang menyimpan arsip dan dokumen penting dari sebuah instansi. Pada saat terjadi kebakaran, firedoor dapat mengisolasi asap dan api untuk tidak masuk ke ruangan penyimpanan tersebut.

5. Untuk Mempermudah Prosses Evakuasi


sktm.co.id
Pintu Tahan Api berfungsi sebagai jalur keluar evakuasi yang akan mempermudah upaya penyelamatan jika sedang terjadi kebakaran. Well! seperti kita semua ketahui, di dalam sebuah gedung pasti memiliki banyak penghuni. Tentu tidak mungkin mengandalkan satu pintu utama. Dibutuhkan pintu darurat agar proses evakuasi bisa berlangsung lebih cepat dan lebih aman.

Seperti Apa Spesifikasi Pintu Tahan Api?

Untuk sebuah pintu tahan api, rangka (kusen) dan pintu dibentuk dari plat besi atau baja berkualitas. Berikutnya akan diproses dengan lapisan tahan api, rockwool density 100KG per M3, dengan sistem penguncian anti panik. Berikut ini adalah dua jenis firedoor yang umum digunakan di Indonesia:

1. Single Fire Door (Pintu Tahan Api Tunggal
sktm.co.id


Size Kusen Pintu Tahan Api

  • T 2.140 MM
  • L 980 MM
  • D 150 MM

Size Pintu Tahan Api

  • T 2.050 MM
  • L 890 MM
  • D 50 MM

Size Lubang Pintu Tahan Api

  • T 2.200 MM
  • L 1.000 MM

*Estimasi Berat per Unit Firedoor: 160 KGs


2. Double Fire Door (Pintu Tahan Api Ganda)
sktm.co.id

Size Kusen Pintu Tahan Api

  • T 2.140 MM
  • L 1.870 MM
  • D 150 MM

Size Pintu Tahan Api

  • T 2.145 MM
  • L 1.780 MM
  • D 50 MM

Size Lubang Pintu Tahan Api

  • T 2.250 MM
  • L 1.900 MM

*Estimasi Berat per Unit Pintu Tahan Api: 330 KGs

Pintu Tahan Api Seperti Apa Yang Dibutuhkan Bangunan?


sktm.co.id
Pintu kebakaran yang diperlukan di gedung anda akan ditentukan oleh penilaian risiko kebakaran. 'Orang yang bertanggung jawab' harus memastikan penilaian risiko kebakaran terkini telah dilakukan. Penilaian risiko kebakaran adalah tinjauan mendalam dari tempat tersebut. Mereka menyoroti risiko api dan membuat rekomendasi untuk mengurangi atau menghilangkan risiko ini. Ini termasuk di mana pintu api harus digunakan dan peringkat apa yang seharusnya.
sktm.co.id
Pintu kebakaran digunakan sebagai bagian dari sistem perlindungan kebakaran pasif bangunan. Mereka dirancang untuk menahan api di satu bagian bangunan untuk membatasi kerusakan dan melindungi rute pelarian sehingga semua orang dapat meninggalkan gedung dengan aman. Ini disebut kompartemen. Karena itu, pintu kebakaran biasanya diperlukan di semua pintu yang mengarah ke rute keluar. Mereka juga biasanya diperlukan untuk kamar yang memiliki risiko lebih tinggi dari api mulai (misalnya, ruang servernya, kamar boiler atau kamar yang mengandung cairan mudah terbakar). Anda harus merujuk pada penilaian risiko anda untuk panduan lebih lanjut.

Standar Fire Door Pintu Tahan Api NFPA
sktm.co.id
Pintu tahan api mengikuti kode National Fire Protection Association (NFPA) 80, Standard for Fire Doors and Other Opening Protectives, is referenced by the International Building Code (IBC), International Fire Code (IFC), NFPA 101, Life Safety Code, and other codes and standards. dan NFPA 105, Standard for the Installation of Smoke Door Assemblies and Other Opening Protectives. Untuk masalah khusus produk, daftar produsen harus dirujuk. Misalnya, untuk mengetahui ukuran pintu api maksimum yang tersedia dari produsen tertentu. sebaiknya berkoordinasi dengan UL Building Materials Directory atau Intertek’s Warnock Hersey Mark Directory.

Standar Fire Door Pintu Tahan Api SNI
sktm.co.id
Dan sementara Firedoor dalam Standar Indonesia, hal ini telah diatur secara lengkap dalam dokumen SNI 03-1736-2000 tentang Tata cara perencanaan sistem protekasi pasif untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan rumah dan gedung. pada sub bab 7.6. dan dokumen SNI 03-1746-2000 yang membahas tentang Tata cara perencanaan dan pemasangan sarana jalan ke luar untuk penyelamatan terhadap bahaya kebakaran pada bangunan gedung. Manfaat dari pintu kebakaran jelas. Pintu kebakaran yang diproduksi dengan baik dan diproduksi dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati dalam situasi tertentu. 
sktm.co.id
Peraturan pintu kebakaran bervariasi tergantung di mana anda berada di Indonesia. Mereka diatur oleh serangkaian peraturan yang berbeda tergantung pada apakah itu bangunan/ekstensi baru, atau bangunan yang ada. Bangunan yang membutuhkan Firedoor diantaranya:

  • Bangunan Komersial - Semua tempat bisnis seperti mall, hotel, dan apartement (bahkan jika itu adalah bagian dari tempat tinggal domestik), dll.
  • Bangunan Umum - Bangunan sekolah, rumah sakit, pusat rekreasi, stasiun transportasi, tempat hiburan, dll/
  • Bangunan Komunal - Bangunan perumahan multi-diduduki (misalnya blok flat, laboratorium, HMO), dll.

Pintu kebakaran sering juga disebut sebagai fire door / pintu tahan api adalah bagian penting dari sistem proteksi kebakaran pasif setiap bangunan, pintu tersebut menjadi sarana jalan keluar dan keselamatan hidup dengan memungkinkan orang untuk keluar dengan cepat ketika diperlukan dan terjadi keadaan darurat. Namun, seringkali persyaratan dan Standar Fire Door Pintu Tahan Api tetap menjadi misteri bagi banyak arsitek dan perancang konstruksi. 

Catatan sktm.co.id: Standar Fire Door Pintu Tahan Api meliputi pintu, bingkai, hardware, dan kaca. komponen ini biasanya tidak dipasok oleh satu pabrikan – dalam kebanyakan kasus, mereka dapat produk yang terpisah dalam daftar, label, atau klasifikasi untuk digunakan dalam perakitan pintu api. Kadang-kadang, perakitan akan dibuat dari komponen yang telah diuji bersama-sama dan harus digunakan untuk mempertahankan rating.

Penutup
sktm.co.id
Grant Door merupakan perusahaan penyedia iron fire door pintu tahan api dari besi di Indonesia. penjualan kami tidak terbatas hanya di kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo saja. di PT. Sekawan Karya Tama Mandiri kami juga telah mengirimkan material yang dipesan ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan EMKL terpercaya lewat darat laut maupun udara sehingga kebutuhan akan terpenuhi dari segi waktu dan material. untuk mendapatkan penawaran harga pintu tahan api anda dapat menghubungi Pabrik Pintu Besi kami di Nomor Whatsapp di situs ini, atau anda dapat mengirimkan inquiry ke sktmindonesia@gmail.com

Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!



PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)