Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimana Fire Door Dibutuhkan?

Dimana Fire Door Dibutuhkan?


Pintu kebakaran diperlukan di area tertentu, tetapi tidak semua persyaratan kode kebakaran berbeda di setiap kota dan negara bagian. Kamu tinggal di mana? Di mana pintu kebakaran diperlukan di kota atau negara bagian anda? Baiklah, pertama-tama mari kita pahami apa itu pintu api dan di mana harus digunakan. Di artikel sebelumnya kami di Grant Fire Door telah merilis artikel tentang Alasan Kenapa Besi adalah Bahan Pintu Tahan Api Terbaik. Nah, dalam artikel kali ini kami di sktm.co.id akan membagikan informasi tentang Dimana Fire Door Dibutuhkan?. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Apa Itu Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
International Building Code (IBC) mensyaratkan bahwa pintu kebakaran yang “diperlukan” dilengkapi dengan perangkat penutup otomatis, kecuali bila bangunan dilindungi seluruhnya dengan sistem pendeteksi asap yang mampu memulai pelepasan sistem pendeteksi asap secara otomatis. IBC mendefinisikan pintu api "wajib" sebagai: “Pintu yang membuka ke luar, atau yang berfungsi sebagai pintu keluar, termasuk pintu ke tangga yang berfungsi sebagai pintu keluar, tetapi tidak termasuk pintu koridor interior. Sebuah pintu juga merupakan pintu api wajib yang terletak di antara hunian Grup A dan hunian Grup B yang berdekatan atau antara hunian Grup A dan hunian yang tidak terklasifikasi.

Di mana Pintu Tahan Api Diperlukan?
sktm.co.id
Jenis usaha, desain bangunan, dan lokasi pintu keluar api akan mempengaruhi kategori pintu api. Dalam kasus di mana pelestarian properti sangat penting, pintu kebakaran yang melindungi selama lebih dari 60 menit terkadang ditentukan. Namun, pertimbangan utama selalu perlindungan kehidupan.
sktm.co.id
Beberapa tempat yang dikenal di mana pintu kebakaran diperlukan meliputi:

  • Di tangga keluar
  • Di poros elevator
  • Di area dalam lobi
  • Di partisi kedap asap
  • Di area publik dan koridor
  • Di saluran pembuangan dapur
  • Dekat peralatan pemanas dan pendingin
  • Di ruang penyimpanan bahan berbahaya

Persyaratan khusus untuk pintu kebakaran akan bervariasi tergantung pada klasifikasi hunian bangunan dan faktor lainnya. Penting untuk berkonsultasi dengan petugas pemadam kebakaran setempat untuk menentukan dengan tepat di mana pintu kebakaran diperlukan di gedung anda.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Pintu Api?
sktm.co.id
Sementara pintu api diperlukan di lokasi tertentu untuk memberikan perlindungan yang memadai dari api, mereka juga memiliki manfaat tersendiri. Beberapa manfaat yang diharapkan antara lain:

  • Menghentikan penyebaran api
  • Mengurangi jumlah asap di dalam gedung
  • Pintu Api Dapat Mencegah Penyebaran Api
  • Membantu menjaga suhu yang nyaman di dalam gedung
  • Membatasi jumlah panas yang masuk atau keluar dari bangunan

Pintu kebakaran dapat memainkan peran penting dalam membantu menghentikan penyebaran api. Menurut Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional, “Perakitan pintu api tunggal dapat menunda api selama lebih dari satu jam dan mencegahnya menyebar ke kompartemen atau lantai berikutnya.”
sktm.co.id
Salah satu lokasi paling umum di mana pintu kebakaran diperlukan adalah di poros elevator. Pintu-pintu ini menambahkan lapisan perlindungan lain untuk elevator dan penghuni gedung. Tanpa pintu-pintu ini, panas dan api dari api dapat dengan mudah merambat ke poros elevator dan menyebabkan kerusakan parah.

Bagaimana Maintenance Pintu Kebakaran?

sktm.co.id
Seperti peralatan lainnya, pintu kebakaran memerlukan perawatan rutin untuk terus bekerja sebaik mungkin. Beberapa tip untuk memelihara pintu kebakaran meliputi:

  • Periksa pintu dari kerusakan secara teratur
  • Periksa fitur tutup dan kait pintu untuk memastikannya berfungsi dengan baik
  • Pastikan pintu melihat penggunaan yang sesuai, seperti digunakan hanya di pintu keluar dan antara area publik dan koridor.

Bagaimana Pintu Kebakaran Diperiksa Untuk Pengoperasian yang Benar?
sktm.co.id
Salah satu tantangan umum dalam menerapkan dan memelihara pintu kebakaran adalah memastikan bahwa pintu tersebut dirawat dengan baik. Pintu kebakaran harus diperiksa secara rutin untuk memastikan tidak rusak atau terhalang untuk membuka. Karena banyaknya penggunaan, tidak jarang mereka menjadi macet atau terhambat. Jika ini terjadi, sangat penting untuk mengambil tindakan segera untuk memperbaiki situasi untuk menjaga keselamatan penghuni.

Jenis Pintu Lain Yang Dapat Memberikan Perlindungan Dari Kebakaran
sktm.co.id
Beberapa jenis pintu api tersedia, termasuk yang terbuat dari baja, aluminium, atau fiberglass. Faktor paling penting dalam memilih pintu kebakaran adalah memastikan bahwa pintu tersebut telah diuji dan disertifikasi untuk memenuhi persyaratan kode bangunan lokal anda.  Beberapa pintu lain yang dapat melindungi dari kebakaran termasuk rakitan pintu pengenal api yang dapat menutup sendiri dan rakitan pintu kontrol asap dan aliran udara. Namun, penting untuk diingat bahwa pintu ini tidak seefektif pintu api padat dan hanya boleh digunakan terakhir.

Bisakah Pintu Api Digunakan untuk Tujuan Lain, Seperti Kontrol Kebisingan Atau Privasi?
sktm.co.id
Saat ini, pintu kebakaran umum digunakan dengan kabel listrik dan penetrasi lainnya untuk menyediakan insulasi suara dan panas serta kontrol kebisingan. Meskipun strategi penginstalan ini tidak memenuhi persyaratan kode, strategi ini masih dapat disetujui melalui permintaan pengecualian atau varians yang sesuai. Penggunaan sehari-hari lainnya untuk pintu kebakaran adalah untuk memberikan privasi antar ruang. Misalnya, pintu kebakaran dapat memisahkan area tunggu publik dari area bisnis khusus karyawan. 
sktm.co.id
Namun, penting untuk diingat bahwa pintu ini tidak dimaksudkan sebagai penghalang keamanan. Mereka tidak boleh digunakan jika ada kebutuhan untuk mempertahankan akses visual yang konstan ke dalam ruang atau di mana rmembatasi bagian melalui pintu dapat mengakibatkan cedera, kematian, atau konsekuensi serius lainnya. Jika menggunakan pintu kebakaran untuk privasi, pastikan Anda memenuhi semua persyaratan kode lokal.

Tips untuk Penggunaan yang Aman Pintu Tahan Api
sktm.co.id
Sangat penting untuk menggunakan pintu api dengan aman untuk memastikan mereka memberikan perlindungan yang seharusnya. Beberapa tip untuk menggunakan pintu api dengan aman meliputi:

  • Jangan menopang pembuka pintu api
  • Jaga agar jalur keluar tetap bersih dan bebas dari halangan
  • Tutup pintu api di belakang anda saat anda keluar dari gedung

Apakah Ada Kerugian Menggunakan Pintu Api?
sktm.co.id
Sementara pintu api datang dengan berbagai manfaat, mereka juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan umum meliputi:

  • Mereka bisa sulit dibuka
  • Mereka dapat menciptakan polusi suara
  • Mereka dapat menjadi penghalang untuk evakuasi jika terjadi kebakaran


Kesimpulan
sktm.co.id
Kesimpulannya, pintu kebakaran adalah bagian penting dari sistem proteksi kebakaran bangunan mana pun. Mereka memainkan peran penting dalam menghentikan penyebaran api dan membatasi jumlah asap dan panas yang masuk atau keluar dari gedung. Meskipun mereka datang dengan beberapa kerugian, manfaat yang mereka berikan jauh lebih besar daripada mereka. Akibatnya, sangat penting untuk memastikan bahwa semua bangunan memiliki pintu api yang memadai dipasang di lokasi yang sesuai.
sktm.co.id
Adalah bijaksana untuk menyiapkan langkah-langkah pencegahan untuk kecelakaan seperti kebakaran. Temukan nama yang tepat untuk membantu anda menciptakan tempat kerja yang akan melindungi anda jika terjadi kebakaran. Grant Industrial and Fire Door Company di Sidoarjo dapat membantu anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami.

Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)