PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

Offical Website PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (SKTM) | Produsen Resmi Pintu Besi Merk Grant, Pintu Tahan Api (Fire Door), Pintu Garasi, Pintu Gudang, Pintu Kayu, Pagar, Wire Mesh, dan Kanopi | Email: sktmindonesia@gmail.com | Phone/Whatsapp at 0811-30-4127

Serba Serbi Informasi Pintu Tahan Api

Informasi Pintu Tahan Api Untuk Pemula

sktm.co.id
Sederhananya, pintu api menyelamatkan nyawa. Di sini, Pabrik Pintu Tahan Api Grant Sidoarjo kami memberikan panduan pemula yang berguna untuk pintu kebakaran, tujuan mereka, dan fitur penting untuk diingat saat menentukan, memasang, atau membelinya sebagai bagian dari strategi proteksi kebakaran pasif. Di artikel sebelumnya kami di Grant Iron Fire Door Sidoarjo telah membagikan informasi tentang Jenis-Jenis Pintu Tahan Api. Nah, dalam artikel kali ini, kami di sktm.co.id akan membagikan informasi tentang Serba Serbi Informasi Pintu Tahan Api. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Apa Itu Pintu Tahan Api (Fire Door)?
sktm.co.id
Pintu api adalah pintu spesialis yang telah diuji terhadap berbagai elemen dan dibuat khusus untuk menahan kobaran api selama mungkin. Mereka memungkinkan bangunan untuk mengelompokkan dan menunda penyebaran api dari satu area ke area lain, dan membentuk bagian penting dari strategi proteksi kebakaran pasif.

Pintu Tahan Api Dirancang Untuk Apa?
sktm.co.id
Pintu api bersertifikat akan diberi peringkat tahan api, yang merinci lamanya waktu doorset dan materialnya akan mampu menahan asap dan api - baik 30 atau 60 menit, tergantung pada peringkatnya. Mereka dilengkapi dengan strip intumescent (atau segel) yang melebar untuk mengisi celah antara pintu dan kusen. 

Fitur Keselamatan Apa Saja Yang Harus Dimiliki Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Pintu kebakaran memiliki beberapa fitur keselamatan penting dan benar-benar dapat menjadi pembeda antara hidup dan mati. Dua dari fungsi paling penting yang dimiliki pintu kebakaran adalah:

  • Saat ditutup, mereka membentuk penghalang untuk menghentikan penyebaran api
  • Saat dibuka, mereka menyediakan sarana untuk melarikan diri
  • Seberapa sering pintu kebakaran harus diperiksa?
  • Karena kepentingannya dalam melindungi kehidupan, sangat penting bahwa pintu kebakaran menerima inspeksi rutin - frekuensinya kemungkinan besar bergantung pada banyak faktor, termasuk usia dan kondisi pintu, meskipun Federasi Pengerjaan Kayu Inggris, yang menjalankan Pekan Keselamatan Pintu Kebakaran tahunan kampanye, mengatakan bahwa pemeriksaan berkala harus dilakukan minimal enam bulan sekali.

Namun, bangunan yang baru ditempati mungkin memerlukan pemeriksaan yang lebih sering pada tahun pertama penggunaan, sedangkan pintu dengan volume lalu lintas yang tinggi harus diperiksa setiap minggu atau setiap bulan. Pintu api ini jauh lebih rentan terhadap kerusakan karena lebih sering digunakan, dan kemungkinan juga akan menjadi penghalang penting jika terjadi kebakaran di area komunal – khususnya di blok perumahan multi-perumahan.
sktm.co.id
Yang mengkhawatirkan, Skema Inspeksi Pintu Kebakaran (FDIS), yang melakukan pemeriksaan pada pintu kebakaran, menemukan bahwa tiga perempat dari semua pintu kebakaran yang diperiksa pada tahun 2021 di Inggris dikutuk karena tidak sesuai dengan tujuannya. Skema tersebut menemukan hasil serupa pada tahun 2019 setelah melakukan inspeksi, karena menyoroti bahwa semua pengguna harus melaporkan masalah pemeliharaan dan memainkan peran proaktif untuk memastikan kesalahan ditangani dengan cepat.

Tempat Apa Saja Yang Mengharuskan Memiliki Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Jika anda memiliki properti komersial atau non-domestik, ada peraturan dan pedoman ketat yang harus diikuti, memastikan pintu dapat menahan panas tertentu. Pintu kebakaran harus selalu dipasang dengan benar oleh pemasang yang kompeten, karena merupakan perangkat keselamatan kebakaran yang dirancang dengan hati-hati. Inspektur pintu kebakaran yang bereputasi baik dan terlatih, seperti yang disetujui oleh skema seperti FDIS, juga harus melakukan inspeksi pintu kebakaran dan pemasang terlatih menyesuaikannya untuk memastikan mereka sesuai dengan tujuan.


Apa Saja Jenis Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Di Indonesia umumnya peringkat ketahan api dibagi dalam beberapa sub berikut ini:

  • FD30 Fire Door mampu menahan api hingga 30 Menit)
  • FD60 (Fire Door mampu menahan api hingga 60 Menit)
  • FD90 (Fire Door mampu menahan api hingga 90 Menit)
  • FD120 (Fire Door mampu menahan api hingga 120 Menit)
Di bawah Peraturan Reformasi Peraturan (Keselamatan Kebakaran) 2005 (FSO), tuan tanah memiliki tanggung jawab untuk memastikan properti dan penyewa mereka aman. 'Penanggung jawab' memiliki tanggung jawab hukum di bawah FSO dan dapat dituntut secara pidana jika mereka tidak memenuhi tugasnya. Tanggung jawab mencakup persyaratan penilaian risiko kebakaran di semua bangunan non-domestik, termasuk bagian umum dari rumah susun atau rumah dengan banyak tempat tinggal.

Selain itu, Undang-Undang Keselamatan Kebakaran 2021, mengamandemen Peraturan Reformasi Peraturan untuk memberikan klarifikasi tentang pintu kebakaran yang dimasukkan dalam penilaian risiko kebakaran di mana bangunan berisi dua atau lebih set bangunan rumah tangga (multi-hunian). Ini berarti bahwa Penanggung Jawab, seperti pemilik atau pengelola gedung, sekarang harus meninjau penilaian risiko kebakaran untuk pintu masuk datar selain area komunal dan menerapkan sistem pemeliharaan yang sesuai.

Fitur Apa Saja Yang Umum Terdapat pada Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Berikut adalah beberapa fitur utama yang harus diwaspadai dalam hal penggunaan domestik dan komersial:

  • Pintu api terdiri dari berbagai komponen. Pintunya sendiri biasanya terbuat dari rangka kayu solid, namun terkadang bisa ditutup kembali dengan kaca tahan api. Kaca ini harus mampu menahan paparan kondisi panas dalam uji api setidaknya selama 60 menit sebelum mencapai suhu yang cukup tinggi untuk melembutkannya.
  • Di sekitar tepi pintu akan ada segel intumescent atau strip intumescent. Segel intumescent dirancang secara kimiawi untuk mengembang saat suhu mencapai di atas 200°C untuk menutup celah antara pintu dan kusen. Segel (atau strip) ini biasanya dilengkapi dengan peringkat 30 atau 60 menit.
  • Untuk tempat pribadi, disarankan untuk memasang pintu kebakaran di tempat yang paling berisiko, misalnya dapur, atau ruangan yang menyimpan banyak perangkat listrik. Jika properti Anda merupakan bangunan baru, properti tersebut harus tunduk pada peraturan yang memastikan bahwa pintu tertentu adalah pintu kebakaran – periksa hal ini dengan pengembang. Seperti saat ini berdiri, pintu api ahanya diwajibkan secara hukum di Rumah dalam Beberapa Pekerjaan (HMO).
  • Untuk properti komersial atau non-domestik, tanggung jawab terletak pada siapa pun yang dianggap sebagai 'orang yang bertanggung jawab' atas properti tersebut atau pemberi kerja. Misalnya, pemilik properti, atau orang yang menguasai properti karena alasan perdagangan akan bertanggung jawab.
  • Penilaian risiko menyeluruh harus dilakukan dan disarankan untuk mendapatkan bantuan profesional dengan semua peraturan terkait keselamatan kebakaran. Ada lebih banyak proteksi kebakaran pasif dan keselamatan kebakaran dari sekedar pintu kebakaran; rute pelarian, penerangan, sistem peringatan, dan pemeriksaan peralatan juga diperlukan.
  • Saat Anda memilih pintu, penting untuk mengetahui apa arti spesifikasi yang berbeda. Kode FD menunjukkan berapa menit pintu dapat tahan api, misalnya FD30 telah diuji untuk bertahan selama 30 menit. Dua kode yang paling umum umumnya dianggap sebagai FD30 dan FD60. Prosedur pengujian yang digunakan produsen ditentukan dalam BS 476-22:1987 atau BS EN 1634-1:2014.
  • Banyak kematian selama kebakaran bukan karena kontak langsung dengan api, tetapi konsumsi asap. Dengan mengingat hal ini, awasi pintu dengan segel asap dingin. Ini harus berada di dalam segel intumescent. Pengecualian mungkin berlaku jika kebocoran asap sangat penting untuk mendeteksi kebakaran lebih awal.

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Berikut adalah lima area yang harus diperiksa saat menyelidiki pintu kebakaran (baca artikel lengkapnya di sini):

  • Sertifikasi – Pintu kebakaran harus disertifikasi pihak ketiga oleh badan pengujian independen, seperti BRE atau UL. Ini harus mencakup keseluruhan bagian pintu, seperti pabrik besi, perangkat keras pintu dan perabot pintu yang semuanya membentuk bagian pintu dan membantu memastikannya berfungsi dengan baik. Ketika perangkat keras perlu diganti, item baru harus sesuai dengan spesifikasi aslinya, jika tidak maka dapat membahayakan kredensial pencegahan kebakaran – seperti yang dijelaskan dalam panduan pengantar ini dari UL untuk pengujian dan klasifikasi perangkat keras pintu kebakaran.
  • Celah – Celah di sekitar bagian atas dan samping pintu harus secara konsisten kurang dari 4mm saat pintu ditutup – idealnya cahaya tidak boleh terlihat di bawah pintu. Ini untuk mencegah asap atau api menyebar melalui rel.
  • Segel – Segel atau strip Intumescent, yang dirancang untuk mengembang saat merasakan tingkat panas tertentu, membantu menutup celah pintu yang tersisa jika terjadi kebakaran dan mekanisme penting dalam pintu kebakaran.
  • Engsel – Semua engsel harus terpasang kuat dan tidak ada sekrup yang hilang atau rusak. Hanya pemasang / inspektur terlatih yang boleh melakukan pekerjaan pemeliharaan pada perangkat keras pintu kebakaran.
  • Penutupan – Pintu kebakaran harus selalu tertutup sepenuhnya dan tidak terbuka lebar – contoh pintu kebakaran yang dibiarkan terbuka ditemukan di kebakaran Bronx di New York pada awal tahun 2022, dan juga dilaporkan berkontribusi terhadap penyebaran api di Menara Grenfell pada tahun 2017 Perangkat penutup sendiri sering dipasang pada pintu kebakaran, meskipun keterlibatan penghuni atau penyewa harus dilakukan di semua bangunan yang ditempati banyak orang untuk menggarisbawahi perlunya tidak membuka pintu api terbuka.

Adakah Undang-Undang Internasional Tentang Keselamatan Kebakaran?
sktm.co.id
Ada banyak undang-undang yang mempengaruhi pintu kebakaran di Inggris, karena berbagai jenis dan persyaratan properti masing-masing. Beberapa peraturan yang paling penting termasuk:

  • Peraturan Bangunan berlaku untuk semua bangunan baru
  • Bangunan yang ada diatur oleh persyaratan Orde Reformasi Regulasi (Keselamatan Kebakaran) 2005 – baru-baru ini diperluas untuk mencakup pintu masuk di tempat tinggal yang dihuni banyak orang sebagai akibat dari Undang-Undang Keselamatan Kebakaran
  • Tanggung jawab untuk penilaian risiko kebakaran di semua bangunan non-domestik termasuk bagian umum dari rumah susun dan rumah dengan berbagai tempat tinggal berada di tangan orang yang bertanggung jawab.
  • The Home (Fitness for Human Habitation) Act 2018 mewajibkan tuan tanah di sektor swasta dan sosial untuk memastikan properti mereka “bebas dari bahaya”, termasuk paparan api dan asap yang tidak terkendali – menyoroti perlunya pintu api yang efektif
  • Kewajiban untuk keselamatan sebagai pemberi kerja berada di bawah Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja 1974
  • Inspeksi dan pemeliharaan yang sedang berlangsung harus dilakukan oleh penilai dan pemasang risiko kebakaran yang berkualifikasi dan spesifikasi pintu api asli harus dipatuhi
  • Sertifikasi pintu kebakaran dan set pintu pihak ketiga memberikan bukti kepada semua pihak bahwa pengujian independen telah dilakukan yang menunjukkan kemampuan pintu untuk berfungsi jika terjadi kebakaran.

Apakah Penutup Pintu Tahan Api Penting?
sktm.co.id
Sekali lagi, peran pintu kebakaran dalam menjaga keamanan orang dari tragedi digarisbawahi pada bulan Januari, saat kobaran api di blok apartemen New York City menewaskan 17 orang. Api, yang merupakan yang paling mematikan di kota selama lebih dari 30 tahun, dikatakan telah menyebar dengan cepat berkat pintu terbuka di blok apartemen - pintu yang dirancang dengan mekanisme menutup sendiri untuk mencegah tragedi semacam itu.

Komponen Apa Saja Yang Terdapat pada Pintu Tahan Api?
sktm.co.id
Pintu api terdiri dari beberapa komponen furnitur pintu, yang semuanya harus ditentukan dan diuji sesuai dengan daun pintu. Perangkat penutup pintu bisa dibilang merupakan item terpenting dari perangkat keras arsitektural, karena memastikan penutupan pintu memberikan penghalang pasif yang efisien untuk mencegah lebih lanjut penyebaran api dan asap. Berikutnya jenis kontrol pintu yang benar harus ditentukan atau dipilih dan dipasang dengan benar sejak awal, untuk memastikan bahwa produk tidak hanya menyediakan kompartemen yang efektif tetapi juga mencegah penyalahgunaan atau pelepasannya.
sktm.co.id
Pintu yang sesuai untuk penggunaan kontrol pintu dapat mencakup contoh-contoh seperti:

  • Pintu koridor – Penggunaan perangkat penahan elektromekanis EN1155
  • Pintu kamar atau apartemen – Kontrol pintu efisiensi tinggi dengan gaya buka rendah
  • Area yang dapat disalahgunakan – Penggunaan kontrol pintu tipe tersembunyi, pegas lantai atau transom untuk membatasi gangguan atau penyesuaian yang tidak diinginkan.
Self-closing device diperlukan pada fire door jika:

  • Membagi jalan keluar untuk memisahkan dua atau lebih pintu keluar bertingkat.
  • Membagi koridor setiap 12 M panjangnya.
  • Membagi kondisi jalan buntu di koridor umum yang panjangnya melebihi 4,5 M.
  • Melindungi kandang tangga dari ruang sirkulasi.
  • Pintu membuka ke tangga keluar eksternal.

Selain itu, di semua bangunan tipe tempat tinggal, semua pintu kebakaran harus dilengkapi dengan alat penutup sendiri, sementara alat penutup sendiri juga harus dipasang di pintu depan setiap rumah susun, untuk memastikan pemisahan rumah susun dari area komunal.

Penutup
sktm.co.id
Secara historis, keamanan pintu kebakaran secara umum telah diabaikan, tetapi insiden dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan mereka diakui sebagai fitur penting keselamatan, menyediakan kompartementalisasi api dan perlindungan untuk semua rute pelarian kebakaran. Kami percaya bahwa penunjukan Manajer Keamanan Gedung, dikombinasikan dengan dialog terbuka dengan penghuni, akan memastikan bahwa keselamatan kebakaran merupakan komitmen berkelanjutan dan tanggung jawab semua pengguna gedung. Secara khusus, sangat penting bagi penghuni tipe bangunan ini untuk dididik dalam hal perlindungan keselamatan kebakaran pasif dan bagian-bagian komponen yang menyusunnya. Proteksi kebakaran aktif dan pasif bekerja sama adalah cara teraman untuk memastikan keselamatan kebakaran yang berkelanjutan.

Lalu Dimana anda bisa mendapatkan Pintu Tahan Api Bermutu Tinggi? Ya!Jika anda berdomisili di Kota Sidoarjo, Jawa Timur. anda datang di sedang berada di situs yang relevan dengan pencarian anda. Di PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant). Kami telah berhasil menjual ribuan unit pintu tahan api dengan berbagai grade untuk kebutuhan lokal jawa timur, dan juga nasional Indonesia. Hubungi kami hari ini dan dapatkan penawaran harga terbaik dari Pabrik Pintu Besi Grant Sidoarjo!

Dan di atas semua ini, kami merekomendasikan bahwa pentingnya pintu kebakaran, dan penggunaannya yang benar, dijadikan prioritas saat berbagi informasi dengan warga. Secara khusus, penghuni harus diberi tahu tentang pentingnya memasang penutup sendiri di semua pintu kebakaran. Seperti yang ditunjukkan oleh peristiwa baru-baru ini, mereka adalah bagian penting dari perlindungan yang diberikan oleh pintu kebakaran, dan dapat mengambil sebagian dari tanggung jawab itu dari penduduk untuk menyelamatkan hidup.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Merk Grant)

Alamat
Kantor, Gudang, dan Pabrik kami Berlokasi di Alamat Berikut ini: 
PT. Sekawan Karya Tama Mandiri - Pergudangan Sinar Gedangan Blok D No. 9, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254 

Kontak
intu Besi, Pabrik Pintu Besi, Pabrik Pintu besi Merk Grant, Pintu Garasi Besi Untuk Gudang, Pintu Garasi Mobil Untuk Rumah, Pintu Garasi Besi Untuk Kantor, Pintu Besi Murah, Pintu Besi Cutting Laser, Pintu Besi Partisi Penyekat, Pintu Pagar Besi, Pintu Sliding Besi, Kontraktor Material Besi, Pabrik Besi Surabaya, Kontraktor Bangunan, Pabrik Pintu Geser, Pabrik Rolling Door, Pabrik Pintu Teralis, Pabrik Kanopi, Pabrik Partisi Besi
sktm.co.id
Untuk Terhubung dengan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri, silahkan menghubungi Customer Care kami di Hotline berikut ini:


Temukan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) di Twitter 🔺


Temukan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) di Instagram 🔺


Temukan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) di Youtube 🔺


Temukan PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Pabrik Pintu Besi Grant) di TikTok 🔺



Lebih baru Lebih lama