Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Pintu Tahan Api (Fire Door)

Jenis-Jenis Pintu Tahan Api

sktm.co.id
Pintu api dapat diklasifikasikan menurut peringkat api, material, atau fiturnya. Dalam posting ini, kami akan mencoba menyebutkan dan menjelaskan secara singkat sebagian besar pintu kebakaran, jika tidak semuanya, yang dapat anda temukan di pasaran saat ini. 
sktm.co.id
Di artikel sebelumnya kami di Grant Iron Fire Door Sidoarjo telah merilis artikel tentang Potensi Penyebab Kerusakan pada Pagar Besi. Nah, dalam artikel kali ini kami di sktm.co.id akan menghadirkan informasi tentang Jenis-Jenis Pintu Tahan Api yang beredar di pasaran saat ini. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Fire Door Menurut Peringkat Kethanan Api
sktm.co.id
Kami dapat mengklasifikasikan pintu ke dalam berbagai kategori tergantung pada ketahanan apinya. Ini adalah EI30, 60, 90 dan 120 menurut peraturan Eropa, dan hingga UL180 menit dalam peraturan Amerika. Di Indonesia umumnya peringkat ketahan api dibagi dalam beberapa sub berikut ini:

  • FD30 Fire Door mampu menahan api hingga 30 Menit)
  • FD60 (Fire Door mampu menahan api hingga 60 Menit)
  • FD90 (Fire Door mampu menahan api hingga 90 Menit)
  • FD120 (Fire Door mampu menahan api hingga 120 Menit)

Adakah FD20? Ya! FD20 Pintu tahan api 20 menit adalah pintu yang mengisolasi ruangan selama 20 menit saat terkena api. Jenis pintu ini dikenal dengan fire-rated EI2-20, dan berguna untuk tempat-tempat di mana anda menginginkan perlindungan ekstra meskipun fire-rating tidak diperlukan. Pintu tahan api biasanya juga memiliki peringkat api. 
sktm.co.id
Catatan sktm.co.id: Pintu tahan api dari Pabrik Pintu Besi Grant kami, misalnya, juga tahan api selama 20 menit. Ini berarti diisolasi dari api selama 20 menit dan mempertahankan integritasnya selama 30 menit (tidak akan terbuka atau pecah sebelum paparan api selama 30 menit). Ketahanan api mengacu pada periode waktu di mana pintu pengenal api memiliki fitur yang terkait dengan daya dukungnya, integritas dan / atau insulasi ketika terkena suhu yang serupa dengan yang dicapai dalam api.

Fire Door Menurut Material
sktm.co.id
Pintu tahan api terbuat dari bahan yang berbeda. Beberapa jenis bahan material yang lazim digunakan sebagai pintu tahan api adalah sebagai berikut ini:

  • Fire Door dari Bahan Besi
  • Fire Door dari Bahan Baja
  • Fire Door dari Bahan Kaca
  • Fire Door dari Bahan Kayu
  • Fire Door dari Bahan Aluminium

Catatan sktm.co.id: Hingga saat ini, pintu api dari bahan besi adalah yang paling banyak digunakan. Karena dinilai paling serbaguna, dan dan dapat digunakan di semua jenis bangunan.

Fire Door Menurut Fitur
sktm.co.id
Berbagai jenis pintu api dapat dipasang ke dalam kategori yang disebutkan sebelumnya, seperti pintu api ayun, pintu geser, daun jendela, dan pintu guillotine.

  • Pintu ayun tahan api memutar sumbu yang merupakan engsel kerja tunggal, ditempatkan di sisi kanan atau kiri pintu. Engsel akting tunggal hanya memungkinkan untuk membuka pintu ke satu sisi: kanan atau kiri. Pintu ayun tahan api adalah pintu yang paling banyak digunakan karena cocok untuk berbagai macam bangunan seperti rumah, rumah sakit, mal, pusat pendidikan, dll.
  • Pintu geser tahan api dirancang khusus untuk bangunan di mana ada peningkatan risiko kebakaran karena bahan yang disimpan atau sifat aktivitas yang dikembangkan di dalam gedung. Ada pintu geser semi otomatis dan otomatis. Pintu geser semiotomatis menggunakan sistem penyeimbang untuk menutup sendiri, sedangkan pintu geser otomatis digerakkan oleh mesin. Pintu dapat dapat ditempatkan di pintu geser untuk penggunaan pejalan kaki.
  • Daun jendela tahan api dirancang khusus untuk mengisi celah yang sangat besar di area dengan ruang kosong yang berkurang.
  • Pintu pengenal api Guillotine digunakan untuk mensektorkan ruang yang sangat spesifik, seperti treadmill di ruang penyortiran bagasi, ruang laboratorium, dll. Sebagian besar dibiarkan terbuka dan tertutup saat menerima sinyal dari sistem pendeteksi kebakaran.

Penutup
sktm.co.id
Disarankan untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan setiap enam bulan atau setiap bulan jika pintu sering digunakan. Pabrikan akan menawarkan panduan dengan poin-poin yang perlu dipertimbangkan saat memeriksa pintu. Kode Bangunan Teknis juga mencakup panduan dasar untuk pemeliharaan pintu pejalan kaki dengan fungsi tahan api. Pemilik properti bertanggung jawab untuk menetapkan rutinitas pemeriksaan dan pemeliharaan yang nyaman. Untuk pembuatan Pintu Tahan Api berbahan Besi Custom anda dapat menghubungi Customer Care Pabrik Pintu Besi Grant Sidoarjo kami!
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)