Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Firedoor pada Gedung

Kapan dan Di Mana Pintu Tahan Api Diperlukan?

sktm.co.id
Pelajari lebih lanjut tentang kapan dan di mana pintu tahan api diperlukan di bangunan komersial dan bagaimana pemasangan tirai asap dapat membantu menambah tingkat perlindungan api dan asap ekstra. Saat ini, pintu tahan api biasanya merupakan persyaratan bagi sebagian besar bangunan untuk mematuhi mandat International Building Code (IBC). Pintu pengenal api biasanya terletak di sekitar tangga dan poros lift untuk membantu mencegah asap dan api menyebar ke seluruh lantai bangunan.
sktm.co.id
Jika terjadi kebakaran, pintu ini membantu menjaga arus lalu lintas bagi penghuni gedung dan tim tanggap darurat sehingga mereka memiliki akses ke jalur keluar. Selain menjaga penghuni lebih aman, memiliki jenis perlindungan api dan asap yang tepat juga membantu mencegah kerusakan dan meminimalkan waktu henti dan kebutuhan perbaikan bangunan anda. Baru-baru ini, banyak arsitek dan pembangun mulai mengganti pintu api tradisional dengan tirai asap dan api yang dapat dipasang. Karena mereka dapat disembunyikan di langit-langit dan hanya digunakan saat dibutuhkan, jenis sistem tirai api dan asap ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas termasuk:

  • Opsi penyesuaian
  • Hampir anti rusak
  • Tingkat keamanan yang meningkat
  • Manajemen arus lalu lintas yang lebih baik
  • Kemampuan untuk bekerja dengan mudah sebagai bagian dari sistem pengendalian kebakaran dan asap yang lebih besar.

Di artikel sebelumnya kami di Pabrik Pintu Besi Grant telah merilis artikel tentang Manfaat Memasang Firedoor pada Gedung. Nah, dalam artikel kali ini kami di sktm.co.id akan mengajak anda mempelajari lebih lanjut tentang kapan dan di mana pintu tahan api diperlukan di bangunan komersial dan bagaimana pemasangan tirai asap dapat membantu menambah tingkat perlindungan api dan asap ekstra. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Aplikasi Pintu Tahan Api pada Gedung dengan Lift


Pintu lift tahan api dapat sangat mempercepat waktu evakuasi dan membantu petugas pemadam kebakaran menavigasi melalui beberapa lantai dengan lebih mudah. Ketika pintu lift juga dikonfigurasi untuk perlindungan asap, lapisan keamanan ekstra ditambahkan yang menguntungkan tim tanggap darurat dan penghuni gedung. 
sktm.co.id
Menggunakan tirai tahan asap selain pintu lift tahan api akan mencegah asap melewati poros elevator dan ke beberapa lantai. Jenis tirai gasketing dengan asap ini terbuat dari film yang diperkuat, transparan, berkinerja tinggi dan ketika dipasang, ini membantu menciptakan segel yang hampir kedap udara. Dipasang di atas kusen pintu lift, tirai jenis ini tetap tidak terlihat sampai dipasang dan juga dapat terhubung ke sistem kontrol api dan asap gedung anda jika diperlukan.

Aplikasi Pintu Tahan Api pada Gedung dengan Lorong


Beberapa bangunan seperti rumah sakit mungkin memiliki persyaratan khusus yang memerlukan pintu api di berbagai area seperti lorong. Area ini juga perlu mengamankan titik akses, menutup area karantina, atau memiliki kemampuan untuk mendorong barang melalui pintu masuk (seperti gerobak atau brankar). Saat ini, arsitek menggunakan pintu ayun tahan api di depan pintu elevator yang sudah diberi api untuk memenuhi kode IBC untuk penahanan asap di lift hoistway.
sktm.co.id
Alih-alih, dengan mengganti pintu ayun tahan api yang kikuk dengan tirai asap yang dapat dipasang seperti tirai elevator M400, bangunan dapat mempertahankan arus lalu lintas untuk situasi darurat, mempertahankan tingkat keamanan yang diperlukan, dan tetap menjunjung tinggi semua persyaratan IBC. Manfaat terbesar menggunakan tirai api alih-alih pintu ayun tahan api adalah bahwa sistem gasketing magnetik berpengisi asap hanya digunakan dalam keadaan darurat. Itu berarti sistem tersembunyi saat tidak digunakan, sehingga tetap aman dari brankar, kursi roda, dan petugas kesehatan. Selain itu, tidak seperti pintu kebakaran tradisional, tirai dengan tingkat asap yang dapat dipasang tidak dapat dengan mudah disangga atau diblokir oleh furnitur.

Kepatuhan Kode


Seperti yang telah kita pelajari, sistem tirai tahan asap dan api memainkan peran yang sangat penting dalam keamanan bangunan secara keseluruhan, menciptakan jalan keluar yang aman, mengelompokkan asap, nyala api, dan panas, serta menyelamatkan nyawa dan meminimalkan kerusakan properti. Saat menggunakan sistem gorden yang dikombinasikan dengan pintu tahan api, persyaratan pengujian menjadi rumit.
sktm.co.id
Kombinasi pintu, kusen, perangkat keras, gorden, dan kaca yang bekerja bersama untuk memberikan perlindungan terhadap asap dan api biasanya diuji sebagai produk terpisah oleh lembaga pengujian yang diakui secara nasional. Mereka kemudian terdaftar, diberi label atau diklasifikasikan untuk digunakan dalam perakitan pintu api berbohong. Namun, ada beberapa contoh di mana komponen tertentu diuji bersama. Jika demikian, maka komponen ini harus digunakan bersama-sama untuk menjaga peringkat api.

Persyaratan dasar untuk rakitan pintu tahan api meliputi:

  • Peringkat api dinding menentukan peringkat api pintu.
  • Pintu kebakaran atau Pintu Tahan Api harus menutup sendiri dan mengunci secara positif.
  • Peringkat api (20/45/60/90/180 menit) diberikan oleh agen pengujian pihak ketiga dan diberi label pada produk.

Catatan sktm.co.id: Rakitan pintu tahan api harus memenuhi persyaratan bangunan yang berlaku atau kode keselamatan jiwa, seperti National Fire Protection Association (NFPA) 80: Standar untuk Pintu Kebakaran dan Pelindung Pembukaan Lainnya, NFPA 101: Kode Keselamatan Jiwa, Kode Bangunan Internasional (IBC) dan International Fire Code (IFC).

Penutup
Penahanan asap di rumah sakit atau fasilitas medis sangat penting bagi pasien dan staf dalam keadaan darurat. Penggunaan sistem penahanan asap lift M400 di seluruh fasilitas. Unit-unit ini melindungi bukaan elevator untuk garasi parkir yang bersebelahan dengan bagian dalam rumah sakit. Dikombinasikan dengan pintu pengenal api yang digunakan di hampir semua elevator, tirai asap elevator sistem Penjaga Asap menghasilkan asap yang sesuai dengan kode dan perlindungan bukaan angin. Unit-unit ini diintegrasikan secara mulus dengan sistem proteksi kebakaran yang ada untuk dengan cepat menyesuaikan struktur dengan kode.
sktm.co.id
Kami di Grant Door berkonsultasi dengan arsitek proyek dan kontraktor umum untuk merancang unit gasket asap Smoke Guard M200 di atas setiap bukaan hoistway untuk memenuhi persyaratan label “S” saat dipasangkan dengan pintu lift tahan api yang telah divalidasi ulang. Sistem tirai asap elevator M200 dan M400 dari Smoke Guard menyediakan perlindungan pembukaan aliran udara dan asap yang komprehensif dan sesuai kode. Unit-unit ini mudah dipasang dan diintegrasikan dengan mulus dengan sistem proteksi kebakaran yang ada untuk dengan cepat membawa struktur ke kode.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!



PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)