Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Tangga Harus Memiliki Railing?

Kenapa Tangga Harus Memiliki Railing?

sktm.co.id
Railing tangga adalah cara yang efektif untuk membantu mencegah kecelakaan. Railing meningkatkan keamanan dan memberikan dukungan ketika kita menaiki atau turun tangga. Ini juga membantu mencegah jatuh dari tangga yang sering terjadi pada anak-anak dan orang tua. 
sktm.co.id
Di artikel sebelumnya kami di Pabrik Pintu Besi Grant telah membagikan informasi tentang Apakah Pintu Besi Pilihan Tepat Untuk Property?. Nah, dalam artikel unggahan kali ini kami di sktm.co.id akan mengajak anda mengenal lebih dalam tentang Penggunaan Railing pada Tangga. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Apa Fungsi Railing Tangga?

sktm.co.id
Railing atau pegangan tangan merupakan komponen wajib pada tangga. Fungsi railing tidak sebatas mendekorasi tangga. Komponen ini dibuat untuk menjaga keamanan penghuni saat menggunakan tangga agar tidak terjatuh. Penghuni rumah akan merasa lebih aman saat melintasi tangga karena adanya railing di sampingnya. Struktur railing dibangun mengikuti bentuk tangga. 
sktm.co.id
Pasalnya, model tangga tidak selalu lurus. Ada juga model tangga melingkar yang desainnya lebih rumit saat dieksekusi. Pengukuran railing otomatis menjadi lebih sulit karena membutuhkan banyak komponen dimensi.

Apa Kelebihan Penggunaan Railing pada Tangga?


sktm.co.id
Railing tangga adalah pilihan yang sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan. Ini membantu melindungi orang-orang dari jatuh dari tangga dan membantu meningkatkan estetika interior. Railing tangga juga dapat berfungsi sebagai sandaran, membuat tangga lebih mudah digunakan. Selain itu, railing tangga dapat dipesan dalam berbagai desain dan warna untuk menyesuaikan interior rumah anda.

Jenis Material Apa yang Cocok Untuk Aplikasi Railing Tangga?

sktm.co.id
Well! Tentang bahan yang cocok untuk railing tangga. Banyak bahan yang dapat digunakan adalah besi, baja, kayu, aluminium, dan logam lainnya. Pemilihan bahan tergantung pada desain yang anda inginkan dan anggaran yang tersedia. Kami di sktm.co.id sangat merekomendasikan berkonsultasi dengan ahli desain atau desainer interior untuk membantu memutuskan bahan yang terbaik untuk railing anda.

Berapa Ukuran Standart Sebuah Railing Tangga?

sktm.co.id
Saat menghitung jumlah langkah, sertakan setiap langkah dari lantai dasar atau pendaratan ke tapak pertama. Kemudian hitung sampai langkah terakhir ke lantai atau mendarat di puncak tangga. Pengukuran ini lebih mudah jika anda sudah memiliki atau menyimpan pengukuran detail tangga sejak awal konstruksi. Jadi, coba perkirakan juga ukuran railing saat ingin membangun tangga. Sebagai informasi tambahan, pada umumnya ukuran standar tinggi railing tangga adalah sekitar 80 - 100 cm. Hal ini dimaksudkan agar grip tidak terlalu tinggi dan rendah serta membuat anda tidak mudah terjatuh. Selain itu, ukuran ini juga sesuai dengan standar kenyamanan jangkauan tangan orang dewasa saat berdiri.

Bagaimana Cara Mengetahui Ukuran Railing Tangga Secara Akurat?

sktm.co.id
Lima langkah di bawah ini bisa anda ikuti untuk mengetahui ukuran railing tangga yang ideal saat diterapkan di rumah.

  • Hitung Tinggi Tangga - Pengukuran ini dimulai dari posisi lantai di anak tangga paling bawah hingga mencapai posisi lantai di anak tangga paling atas. Jika ada bordes alias rest area di tengah, anda harus menghitung dua kali, mulai dari lantai paling bawah ke bordes dan dari bordes ke top step.
  • Hitung Panjang Tangga - Panjang anak tangga adalah jarak mendatar antara anak tangga bawah dan anak tangga atas. Mulailah mengukur dari tepi anak tangga paling bawah hingga anda mencapai tepi anak tangga paling atas. Terapkan pengukuran dua kali pada tangga yang memiliki bordes hingga anda mendapatkan angka yang ideal.
  • Hitung Lebar Anak Tangga - Meskipun panjang railing sudah ditentukan, anda tetap memerlukan dimensi ketinggian untuk membangun tiang railing. Pengukuran tiang railing dimulai dari menghitung lebar anak tangga. Dimensi ini berguna untuk mengatur jarak tiang-tiang sebagai pondasi konstruksi railing tangga.
  • Hitung Kemiringan Tangga - Kemiringan tangga tidak sama dengan panjang tangga mendatar. Jika panjang tangga diukur lurus, maka kemiringan diukur secara diagonal dari tepi anak tangga paling bawah ke tepi anak tangga paling atas. Angka kemiringan ini merupakan panjang dari railing yang akan dibuat pada tangga.
  • Hitung Tinggi Tangga - Terakhir, hitung tinggi anak tangga untuk menentukan tinggi pagar. Perhitungan dimulai dari jarak anak tangga terendah ke anak tangga berikutnya. Teruskan sampai anda mencapai anak tangga terakhir dan anda akan memiliki ketinggian pagar yang tepat untuk dibangun. Dari situ, anda bisa memperkirakan tinggi pagar yang tepat, yaitu setinggi siku orang dewasa.

Okay! Kunci untuk menghitung dimensi tangga yang benar adalah mulai dari lantai paling bawah hingga paling atas. Jika ada bordes, hitung juga panjang atau salah satu sisinya agar rangkaian railing tidak terputus di area tersebut. Landing juga harus dipasang railing agar keselamatan penghuni rumah tetap terjaga saat melintasi tangga.

Apa Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pemasangan Railing Tangga?

Salah satu langkah yang tidak boleh terlewatkan dalam proyek konstruksi tangga adalah mengetahui ukuran railing tangga. Ukuran railing yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat orang merasa tidak nyaman saat menggunakan tangga. Kesalahan pengukuran railing tidak hanya berpengaruh pada estetika bangunan, tetapi juga keselamatan pengguna saat melewati tangga.
sktm.co.id
Seperti kita ketahui, tangga merupakan elemen bangunan yang paling kompleks diantara konstruksi lainnya. Elemen ini dibangun dengan bentuk miring dan menghubungkan dua lantai sekaligus, yaitu bagian atas dan bawah. Kompleksitas konstruksi juga terlihat pada pengukuran detailnya, mulai dari anak tangga hingga railing.

Dimana Tempat Untuk Membeli Railing Tangga Besi Bermutu Tinggi?

sktm.co.id
Untuk tempat memesan railing tangga. Kami menyarankan anda untuk mengunjungi situs website Pabrik Pintu Besi Grant untuk informasi lebih lanjut tentang produk railing tangga kami dan cara pemesanan. Kami juga dapat dihubungi melalui email, telepon, atau melalui jejaring sosial kami di @sktmindonesia jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
sktm.co.id
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!



PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)