Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Bangunan Industri Membutuhkan Firedoor?

Alasan Kenapa Bangunan Industri Membutuhkan Pintu Tahan Api (Firedoor)

sktm.co.id
Apa tujuan dari pintu api? Tujuan utama pintu kebakaran adalah untuk menyelamatkan nyawa dan menghentikan kemajuan api untuk mendukung penghuni yang melarikan diri dan kegiatan pemadaman kebakaran. Mereka adalah bagian penting dari sistem proteksi kebakaran pasif bangunan dan persyaratan penting untuk sebagian besar tempat termasuk perumahan, bangunan umum, kantor dan pabrik (peraturan bangunan khusus harus diperiksa).

Fungsi utama pintu kebakaran adalah:

  • Lindungi rute pelarian dari efek api (asap, gas, dan nyala api).
  • Untuk mengizinkan jalan keluar dari ruang dan menutup setelah dilepaskan.
  • Berpotensi membatasi jumlah oksigen yang tersedia dan memperlambat pertumbuhan api.
sktm.co.id
Pintu kebakaran diproduksi untuk menahan penyebaran api untuk jangka waktu tertentu, biasanya minimal 30 menit. Hal ini memberikan waktu bagi orang untuk meninggalkan gedung melalui jalan keluar jika rute lain terkena efek kebakaran. 
Di artikel sebelumnya kami di PT. Sekawan Karya Tama Mandiri telah merilis artikel tentang Manfaat Pintu Besi pada Bangunan Industri. Nah, dalam artikel kali ini kami di Pabrik Pintu Besi Merk Grant via Official Situs kami di sktm.co.id akan membagikan informasi tentang Alasan Kenapa Bangunan Industri Membutuhkan Pintu Tahan Api. Simak terus ualsan kami berikut ini!

Mengenal Lebih Dalam Firedoor

sktm.co.id
Pintu api adalah komponen rekayasa yang meliputi rangka, daun pintu, dan semua perlengkapan dan perlengkapan. Mereka bisa padat atau dibuat dengan inti khusus, seringkali papan rami atau bahan komposit kayu. Mereka akan dilengkapi dengan segel intumescent, dipasang di bingkai atau daun, yang menyegel pintu dengan panas untuk menghentikan penyebaran api dan/atau asap di sekitar tepi pintu. Pintu juga akan dilengkapi dengan segel asap untuk mencegah masuknya asap pada tahap awal kebakaran.

Aplikasi Pintu Tahan Api pada Bangunan Industri


sktm.co.id
Pintu tahan api harus dipasang dengan benar sesuai dengan instruksi pabrikan dan termasuk pabrik besi yang ditentukan dan fasilitas lain yang mewakili perangkat pintu seperti yang diuji pada awalnya karena ini sangat penting untuk kinerja pintu jika terjadi kebakaran. Federasi Pengerjaan Kayu Inggris percaya “sertifikasi pihak ketiga adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa Pintu Api diproduksi secara konsisten untuk melindungi nyawa dan menyelamatkan properti. Mengambil jalan pintas bisa menelan korban jiwa.

Prosedur Sederhana Untuk Maintenance Firedoor

Karena pentingnya melindungi kehidupan, sangat penting bahwa pintu kebakaran menerima inspeksi rutin. Frekuensi kemungkinan bergantung pada banyak faktor, termasuk usia dan kondisi pintu serta frekuensi penggunaannya. Misalnya, pintu api yang melindungi tangga akan digunakan jauh lebih sering daripada yang dipasang di ruang ketel. 

Di bawah Peraturan Reformasi Peraturan (Keselamatan Kebakaran) 2005 (FSO) (dan undang-undang serupa di Skotlandia dan Irlandia Utara), pemilik bangunan, operator dan penghuni – termasuk tuan tanah di tempat pemukiman – memiliki tanggung jawab untuk memastikan keamanan properti dan penyewa mereka. Ini termasuk memastikan bahwa pintu kebakaran sesuai untuk tujuan dan dipelihara dengan baik (termasuk pintu depan ke flat dan sejenisnya). Mereka yang memiliki tanggung jawab utama atas suatu tempat memiliki tanggung jawab hukum berdasarkan undang-undang ini dan dapat dituntut jika mereka tidak memenuhi tugasnya.
Pintu kebakaran harus selalu dipasang dengan benar oleh pemasang yang kompeten karena merupakan perangkat keselamatan kebakaran yang direkayasa dengan hati-hati. Demikian pula, mereka harus diperiksa dan dipelihara oleh orang yang kompeten.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Membeli Pintu Tahan Api


sktm.co.id
Pemeriksaan 5 langkah sederhana ini akan memberi tahu anda apakah pintu kebakaran anda memenuhi standar:


  • Lakukan Pemeriksaan untuk Sertifikasi – Untuk pintu modern harus ada label di bagian atas (atau terkadang di samping pintu) atau colokan berwarna untuk menunjukkan bahwa itu adalah pintu api bersertifikat. Namun, pintu yang lebih tua mungkin tidak memiliki tanda atau label seperti itu. Desain dan konstruksinya akan berbeda dari set pintu yang lebih modern (misalnya, mereka mungkin tidak memiliki segel intumescent atau asap tetapi dilengkapi dengan penahan pintu 25mm). Jika panel penglihatan atau kaca lainnya dipasang di daun atau sebagai bagian dari sekelilingnya, panel tersebut harus tahan api dan dipasang dengan benar. Banyak pintu kebakaran dilengkapi dengan kaca kabel tetapi jika panel bening dipasang, mereka harus diperiksa tanda tergores yang sesuai (biasanya di salah satu sudut) yang memastikan bahwa itu adalah jenis tahan api.
  • Lakukan Pengukuran Celah – Celah di sekitar pintu kebakaran harus secara konsisten kurang dari 4mm. Anda dapat menggunakan koin IDR 1.000 untuk menguji ini yang berukuran sekitar 3mm. Dalam keadaan di mana celahnya berlebihan atau tidak rata, penyesuaian rangka atau daun dapat memperbaikinya, jika tidak, penggantian mungkin merupakan satu-satunya alternatif. Daun dan bingkai juga harus diperiksa untuk memastikan tidak bengkok atau bengkok. Pintu yang bengkok, bengkok, atau melengkung bermasalah untuk diperbaiki dan biasanya memerlukan penggantian.
  • Lakukan Pemeriksaan Segel - Segel intumescent dan asap (sering digabungkan) di sekitar pintu api yang lebih modern sangat penting untuk memastikan kinerjanya dalam api seolah-olah tidak ada atau jika rusak, pintu dapat dikompromikan sehingga sangat penting untuk laporkan segel yang rusak atau hilang.
  • Lakukan Buka Tutup – Buka pintu dan biarkan menutup sendiri. Jika tidak menutup sepenuhnya dengan sendirinya maka kemungkinan besar tidak akan bekerja secara efektif jika terjadi kebakaran. Jika pintu ditahan terbuka secara normal (misalnya pada perangkat tahan buka elektro-magnetik) seharusnya siharus diperiksa selama uji alarm kebakaran mingguan untuk memastikan pintu terbuka dan tertutup saat alarm berbunyi. Kesesuaian pintu, engsel, dan perangkat atau gerendel yang dapat menutup sendiri semuanya dapat memengaruhi penutupan pintu secara efektif.
  • Lakukan Pemeriksaan Engsel – Jika engsel tidak dipasang dengan kuat, sekrup hilang/rusak, atau kotor atau bocor, integritas pintu dapat dikompromikan dan mungkin memerlukan perawatan. Waktu yang berharga dapat dihemat dengan engsel yang dirawat dengan baik.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!



PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)