Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jika Pintu Masuk Berbahan Baja

Pro dan Kontra Pintu Masuk Baja

Pintu baja sering ditemukan di bangunan komersial tetapi kurang begitu di rumah. Kayu dan fiberglass adalah dua bahan paling populer untuk pintu masuk perumahan. Namun pintu baja dapat digunakan untuk rumah Anda dan menawarkan beberapa keuntungan luar biasa. Di artikel sebelumnya kami di sktm.co.id telah merilis artikel tentang Definisi, Fungsi, dan Aplikasi Pagar Besi Wiremesh (BRC). Dan daalm artikel unggahan kali ini kami di Pabrik Pintu Besi Grant telah merilis artikel tentang Bagaimana Jika Anda Menggunakan Pintu Masuk dari Bahan Baja. Simak terus ulasan kami berikut ini!


Apa itu Pintu Baja?

sktm.co.id
Pintu baja bukanlah baja padat. Pintu baja terdiri dari inti poliuretan atau polistiren dengan kulit baja di atasnya. Pintu baja yang kokoh akan sangat berat dan kemungkinan besar akan merobek engselnya. Baja antara ukuran 16 dan 24 digunakan untuk kulit pintu. Bingkai kayu, yang disebut stile, mengelilingi sekeliling pintu. Tidak ada poliuretan atau polistiren yang terlihat di tepi pintu.

Selain faktor berat, baja dan sebagian besar logam adalah penghantar panas dan dingin yang sangat baik. Konduksi termal bukanlah kualitas yang diinginkan untuk sebuah pintu. Inti poliuretan atau polistiren bertindak sebagai penghalang termal. Studi menunjukkan bahwa beberapa dari bahan sintetis ini lima kali lebih baik dalam memblokir panas dan dingin yang tidak diinginkan daripada pintu kayu.

Daftar Kelebihan Pintu Baja

Pintu Baja Memiliki Lapisan Luar Yang Kuat
Pintu Baja Tahan Terhadap Api
Pintu Baja Baik Di Segala Cuaca


Daftar Kekurangan Pintu Baja

Pintu Baja Jika Rusak Sulit Diperbaiki
Pintu Baja Memiliki Bobot Yang Relatif Berat
Pintu Baja Sulit Dimodifikasi (Metode Cutting Laser)

Dimana Aplikasi Terbaik Untuk Memasang Pintu Baja?

Pintu baja dapat dipasang di antara area interior dan eksterior, tetapi kebanyakan digunakan sebagai pintu masuk yang mengarah ke eksterior. Pintu baja biasanya dipasang di antara rumah dan garasi. Ketika pintu baja dipasang di ruang interior-ke-interior itu karena kebutuhan akan keamanan atau proteksi kebakaran di salah satu area tersebut.

Faktor Apa Saja yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Pintu Baja?


1. Cut-Out pada Pintu Baja
Pastikan pintu memiliki semua guntingan yang anda inginkan. Jika anda membeli pintu yang kokoh dan kemudian memutuskan bahwa anda menginginkan jendela atau pintu hewan peliharaan, anda akan merasa sangat sulit untuk memotong pintu tersebut. Menyewa pemasang pintu akan menjadi cara terbaik untuk menambahkan potongan pada pintu baja.

2. Lapisan pada Pintu Baja
Pintu baja dikirim dengan primer yang diterapkan pabrik yang siap untuk pengecatan manual dengan kuas atau pistol semprot. Yang lain memiliki lapisan vinil PVC tambahan yang menempel pada kulit baja yang memberikan tampilan atau warna tertentu pada pintu, biasanya butiran kayu. Perlu dicatat bahwa lapisan vinil PVC ini sulit untuk dicat jika nanti anda memutuskan ingin warna yang berbeda.

3. Cuaca Sekitar pada Pintu Baja
Pintu baja setara dengan fiberglass dan kayu untuk menahan cuaca. Jadi, jika keketatan cuaca menjadi perhatian utama anda, jangan melihat ke pintu baja hanya karena faktor ini. Anda lebih baik memasang pintu badai di depan pintu baja untuk menahan cuaca.

4. Goresan pada Pintu Baja
Jika anda memiliki anjing atau hewan peliharaan lain yang suka menggaruk pintu, pintu baja harus menahan jenis goresan ini. Namun jika menyangkut goresan logam, pintu baja pasti akan tergores. Menghapus goresan itu bisa jadi sulit. Pengecatan ulang seringkali merupakan satu-satunya perbaikan untuk pintu baja yang tergores.

5. Aplikasi Pada Pintu Baja
Dalam dunia konstruksi, baja dikenal sebagai material yang kuat dan efisien. Inilah yang menjadi alasan material baja banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat pintu. Pintu baja dianggap unggul karena menawarkan daya tahan dan keamanan yang lebih terjamin dibanding berbagai jenis pintu lainnya. Dengan desain kontruksi pintu baja yang bisa solid atau berongga, perlahan penggunaan pintu baja semakin menggantikan pintu berbahan kayu. Selain desain dan finishing yang bervariasi, pintu baja juga banyak digunakan sebagai pintu darurat karena memiliki sifat tahan api (firerated). Kemampuan pintu baja untuk mengatasi masalah pemuaian dan penyusutan, pengelupasan melamik, serta masalah jamur dan kelapukan, menjadikan pintu ini sebagai pilihan favorit pada sebuah bangunan. Aplikasi pintu baja dapat anda temukan cukup mudah pada bangunan-bangunan komersial, industri, kereta, hingga bangunan di berbagai objek wisata.

Apa Saja Kelebihan Aplikasi Pintu Baja pada Bangunan?


Kelebihan Aplikasi Pintu Baja pada Bangunan
sktm.co.id
Pintu baja memiliki cangkang luar yang kuat yang sulit rusak jika ada penyusup yang mencoba mendobrak pintu itu sendiri. Kulit baja tahan terhadap sebagian besar upaya untuk menembusnya.

Catatan sktm.co.id: Sebagian besar pintu baja tahan api. Pintu baja dengan kulit ukuran 20 dapat dikatakan memiliki peringkat api 20 menit. Untuk detailnya, lihat stiker peringkat api di pintu itu sendiri. Jangan berasumsi bahwa semua pintu baja tahan api. Sebagian besar kode bangunan mengharuskan pintu tahan api dipasang di antara rumah dan garasi.

Kekurangan Aplikasi Pintu Baja pada Bangunan
sktm.co.id
Pintu baja sulit dipasang oleh pemilik rumah sendiri karena beratnya — tetapi itu bisa dilakukan. Lapisan luar pintu baja tidak memungkinkan pengamplasan dan pengisian dengan dempul kayu jika terjadi goresan atau penyok. Jika ada, anda perlu menganggap pintu baja sebagai sepupu bodi mobil, karena cara memperbaiki penyok pada pintu baja adalah dengan menggunakan pengisi bodi mobil seperti Bondo, lalu mengampelas ke permukaan yang halus dan dapat dicat.

Catatan sktm.co.id: Pintu baja sering membawa persepsi kekuatan terhadap penyusup, padahal sebenarnya mereka tidak lebih baik terhadap penyusup daripada pintu fiberglass atau kayu berkualitas. Jika pintu baja digunakan dengan rangka baja, maka akan lebih aman daripada kayu, fiberglass, atau baja pada kusen/rangka kayu.

Penutup
sktm.co.id
Desain pintu berbahan baja banyak digunakan pada rumah-rumah bergaya tradisional hingga modern. Tertarik menggunakan desain pintu baja pada Bangunan? Ada banyak pilihan material yang bisa digunakan untuk pintu di rumah. Salah satu bahan yang bisa kamu gunakan adalah baja. Baja merupakan material yang memiliki banyak kelebihan. Sejumlah produsen sudah meluncurkan produk desain pintu baja di pasaran dengan harga yang terjangkau. Material baja untuk pintu tentunya memiliki kelebihan dibandingkan dengan kayu, PVC, kaca, plastik, dan lainnya. Apakah anda tertarik menggunakan desain pintu baja? Sebelumnya, cek dulu yuk keunggulan dan kelemahannya pada ulasan dari PT. Sekawan Karya Tama Mandiri di atas!
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!



PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)