Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pagar Besi Wiremesh

Definisi, Fungsi, dan Aplikasi Pagar Besi Wiremesh BRC (British Reinforced Concrete)

sktm.co.id
Besi Wiremesh adalah material konstruksi yang terbuat dari beberapa gabungan potongan batang logam, aluminium ataupun besi baja dalam jumlah yang banyak.Gabungan batang besi itu selanjut nya dihubungnkan atau di las melalui mesin satu sama lain sehingga menjadi bentuk lembaran secara merata. Wiremesh adalah besi yang berbentuk kawat dianyam kotak-kotak jadi lembaran, sering disebut kawat anyam. Wiremesh bisa dipakai untuk pelat lantai bangunan bertingkat dan anak tangga. Wiremesh ada yang berupa lembaran dan gulungan. Wiremesh cocok dipakai pada pelat beton baik yang diletakkan langsung di tanah atau digantung. Wiremesh di permukaan tanah,digunakan untuk mengeraskan tanah agar lebih kuat menahan beban kendaraan yang melintas. Di artikel sebelumnya kami di sktm.co.id telah merilis artikel tentang Alasan Kenapa Pintu Garasi Besi Grant Lebih Baik. Nah, dalam artikel unggahan kali ini kami akan memberikan informasi lebih lengkap tentang Definisi, Fungsi, dan Aplikasi Pagar Besi Wiremesh British Reinforce Concrete (BRC). Simak terus ulasan kami berikut ini!

Apa Itu Besi Wiremesh?

Dalam aplikasi umum pada bangunan wiremesh bisa dipakai pada pelat beton yang diberi tulang atau penulangan. Keuntungan menggunakan wiremesh adalah mempercepat proses pembuatan bangunan dan konstruksi beton menjadi lebih akurat, bangunan jadi lebih baik mutunya dengan biaya lebih hemat. Wiremesh yang baik untuk digunakan dalam kondisi bersih dan tidak berkarat. Wiremesh yang baik, proses pembuatannya menggunakan sistem las otomatis, jarak antar kawat menjadi sama.

Macam-Macam Wiremesh

  • Besi Wiremesh BRC ( Wiremesh SBRC ) ,
  • Besi Wiremesh sertifikat SNI , Besi Wiremesh NON SNI
  • Besi Wiremesh U50 , Besi Wiremesh Non U50
  • Wiremesh Galvanis Hot Dip
  • Besi Wiremesh Polos , Besi Wiremesh Ulir ( Wiremesh Berintik )
  • Besi Wiremesh Lembar ( Wiremesh Sheet ) , Besi Wiremesh Roll
  • Wiremesh M4 , Wiremesh M5 , Wiremesh M6 , Wiremesh M7 , Wiremesh M8 , Wiremesh M9 , Wiremesh M10 , Wiremesh M12

Produksi Wiremesh dan Pusat Penjualan Wire mesh ke seluruh Indonesia. Wiremesh dengan Standart Nasional Indonesia (SNI) besi dengan bentuk seperti kawat Baja dan dianyam menjadi lembaran. Wire mesh lebih dikenal dengan nama kawat atau besi anyam Bentuk Kotak dengan Ukuran Kotak 150×150 mm dan Ukuran 2100X5400 mm. Ini dikarenakan bentuknya yang kotak-kotak seperti kawat atau besi yang dianyam. Wiremesh SNI Dianyam Menggunakan mesin Canggih Buatan Eropa dan sudah lulus uji Kelayakan Standard Indonesia atau SNI.

Apakah Besi Wiremesh itu Kuat?

Dari sisi kuat tidaknya wiremesh, tergantung pada mutu besi yang dipakai. Baik lembaran maupun gulungan, wiremesh akan mampu memberikan kekuatan yang sama asal memilih besi baja yang kuat dan bermutu untuk rangakaian mesh ini.

Berapa Ukuran Standart Untuk Wiremesh? 

Ada dua jenis wiremesh yang ada di pasaran saat ini, yaitu bnetuk lembaran dan gulungan. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri dan dipakai untuk konstruksi yang berbeda. Karenanya, dalam perencanaan sebuah konstruksi, wajib memperhatikan dan teliti dalam menentukan jenis wiremesh.

Bagaimana Aplikasi Besi Wiremesh?


  • Pemasangan - Untuk pemasangan wiremesh lembaran, butuh waktu pemasangan lebih lama dibandingkan roll. Hal ini karena bentuk lembaran membutuhkan perakitan yang lebih rumit.
  • Penggunaan - Bentuk wiremsh lembaran atau konvensional dipakai untuk balok, kolom, dan juga irama. Berbeda dengan gulungan. Jenis wiremesh roll banyak digunakan untuk bagian struktur bangunan yang melebar, seperti plat lantai.

Berapa Estimasi Harga Besi Wiremesh?


Harga wiremesh konvensional lembaran harganya lebih mahal, dan akan dihitung dengan sistem kilogram atau batangan. Sedangkan wiremesh roll lebih murah dengan hitungan permeter.

Apa Itu Pagar Besi Wiremesh BRC?

Pagar wiremesh merupakan model yang banyak dipilih untuk hunian modern. Model ini akan membuat tampilan eksterior rumah berbeda dan menarik perhatian, karena keunikannya yang memberikan tampilan cantik serta menarik. Wiremesh merupakan besi yang berbentuk jaring kawat dianyam membentuk lembaran.
Pagar BRC adalah singkatan dari British Reinforced Concrete. Atau bisa juga disebut pagar roll top. Jenis ini merupakan pagar wire mesh khusus yang dilas dengan struktur segitiga gulung di bagian atas dan bawahnya. Tak pelak pagar BRC juga dikenal dengan sebutan roll top fence. Penggunaan pagar ini juga banyak dimanfaatkan oleh negara-negara besar seperti Jepang, Singapura, Korea Selatan, dan negara lain di Asia Tenggara. Keunikannya terletak pada lengkungan di bagian atas dan bawah pagar untuk memastikan kenyamanan tanpa mengabaikan keamanan.
Pagar BRC terbuat dari baja ringan atau stainless steel. Fitur struktur pada pagar ini memang unik, serta pada beberapa produksi menghasilkan warna guna memberikan tampilan visual yang menarik. Material pagar ini sangat keras sehingga mampu memberikan tingkat keamanan yang lebih baik. Tak heran, pagar BRC banyak digunakan untuk sekolah, taman bermain anak, kolam renang, lapangan olahraga, bandara, pagar perkantoran, hingga area perumahan.

Meskipun lebih banyak digunakan sebagai bahan penguat dalam pengecoran lantai maupun jalan, tapi nyatanya juga bisa digunakan sebagai material pagar. Ada banyak inspirasi desain yang dapat Anda pilih jika ingin menggunakan tampilan pagar dari bahan besi anyaman ini. Mulai dari yang terkesan sederhana hingga mewah. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak rumah menggunakan model ini, terutama wilayah perkotaan.

Apa Manfaat Menggunakan Besi Wiremesh Untuk Konstruksi?


Manfaat dan keuntungan Besi Wiremesh Untuk Jasa Konstruksi. Pada bidang konstruksi, wiremesh memberikan kontribusi yang besar. Material ini digunakan untuk beton bertulang, terutama untuk lembaran. Dengan demikian, struktural beton akan menjadi kuat dan kokoh. Keberadaannya dapat meningkatkan kuat beton dengan kawat atau baja yang terpasang.
Wiremesh umumnya dibuat dari jaringan baja tulangan atau disebut juga dengan fabrikasi. Pada titik pertemuan kawatnya akan disatukan dengan las listrik. Dengan cara ini, maka akan didapatkan geser yang kuat pada setiap sambungan sambungannya.
Salah satu aplikaisnya ialah untuk membuat pelat yang ringan, kuat dan tipis. Peruntukannya ini akan memperbesar pelat lentur kuat degan tarik kuat yang tinggi. Bentuknya yang berupa jala akan memudahkan pemasangannya. Untuk konstruksi, kawat baja umum yang dipakai ialah yang memiliki mutu U-50. Meskipun demikian, jenis-jenis wiremesh juga beragam dengan jenis baja yang bervariasi. Ada yang berbentuk rol dan juga lembaran. Semunaya berkontribusi pada konstruksi yang aman dan lebih mudah pengerjaannya

Catatan sktm.co.id: Besi wiremesh yang baik adalah yang proses pembuatannya menggunakan sistem las otomatis. Jadi jarak antar kawat selalu sama dan seragam. Demikian pula dengan penampang lintang, juga selalu konsisten. Sehingga kawat pada besi wiremesh tidak akan pernah berkurang serta semua susunan selalu berada di posisinya masing-masing.

Apa Manfaat Menggunalan Pagar Besi Berbahan Wiremesh BRC?


Besi Anyam atau Wiremesh untuk Pagar Rumah. Di Indonesia wiremesh memang lebih dikenal sebagai besi anyam, karena memang berbentuk seperti kotak dan menyerupai kawat besi yang dianyam dengan bentuk lembaran. Pagar wiremesh mungkin bukan sesuatu yang umum digunakan di Indonesia, karena kebanyakan penggunaan wiremesh atau kawat besi dipakai sebagai tulangan dalam pengecoran jalan atau lantai. Adapula yang menggunakannya sebagai tulangan tiang.

Namun, beberapa tahun terakhir penggunaannya telah beralih fungsi. Bukan hanya dapat digunakan sebagai tulangan, tapi juga sebagai besi anyam untuk bagian eksterior hunian. Hasilnya membuat tampilan eksterior rumah menjadi unik, cantik, dan mengesankan.

Jangan takut tampilan pagar wiremesh akan membosankan, karena ada berbagai pilihan warna. Selain itu, juga bisa diolah menjadi berbagai desain sehingga cocok apabila anda ingin membangun rumah dengan gaya elegan nan unik.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi Wiremesh BRC?

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi BRC? Ada beberapa fitur unik yang dimiliki oleh pagar BRC. Diantaranya struktur gulungan di bagian atas dan bawah, tidak ada tepi yang tajam atau kasar, materialnya sangat keras sehingga lebih aman, punya penampilan yang cantik, mudah dikirim dan dipasang, tahan korosi dan awet, serta mudah dirawat. Kendati demikian, tak ada gading yang tak retak. Itu sebabnya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pagar BRC. Apa saja?

Kelebihan Pagar Besi Wiremesh BRC

  • Ekonomis - Asal tahu saja, pagar BRC ditawarkan dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan pagar besi lainnya.
  • Kuat - Bahan pembuatan pagar besi BRC adalah baja seberat 2.900 kilogram untuk setiap cm perseginya. Hal ini membuat pagar besi jenis ini sangat kokoh. Selain itu, cetakannya juga tebal yaitu selebar 10 cm.
  • Anti karat - Dua proses yang penting dari pembuatan besi BRC adalah galvanizing dan electroplating. Dengan proses bertekanan tinggi serta coating yang padat, maka menghasilkan besi BRC yang anti korosi atau karat.
  • Tahan lama - Selain anti karat, besi BRC juga tahan lama. Untuk besi yang melalui proses galvanizing, maka umur pakainya bisa mencapai lebih dari 10 tahun. Sedangkan jenis pagar yang melalui proses electroplating hanya bertahan dalam 2 tahun.
  • Praktis - Untuk memasangnya juga tidak membutuhkan kemampuan khusus. Anda hanya memerlukan tiang beton dan klem penjepit. Selain itu, anda juga membutuhkan baut serta peralatan pertukangan lainnya. 
  • Minimalis - Pagar BRC sengaja didesain dengan konsep minimalis sehingga ideal dipasang untuk fungsi apapun.

Kekurangan Pagar  Besi Wiremesh BRC

  • Tidak ‘kekinian’ - Dewasa ini, pagar menjadi salah satu elemen pendukung untuk eksterior rumah. Bahkan beberapa orang sengaja mendesain sendiri pagarnya agar lain daripada yang lain. Sementara pagar BRC memiliki panel solid yang tidak bisa diubah bentuknya. Sehingga seperti disebutkan di poin kekurangan di atas, desain pagar BRC boleh jadi tidak kekinian.
  • Desain monoton - Bentuk dan desain dari pagar besi BRC memang sudah paten. Jadi, di mana pun anda membeli produk ini, maka desain dasarnya akan selalu sama, yaitu berbentuk jaring-jaring kotak.
  • Tidak privasi - Tidak seperti beberapa jenis pagar lainnya, pagar BRC punya tampilan yang sangat terekspos sehingga tidak menjanjikan privasi bagi pemilik rumah.


Itulah plus minus yang bisa menjadi pertimbangan untuk memutuskan akan menggunakan pagar BRC atau tidak. Jika tidak ingin memikirkan masalah pagar rumah, pilihan rumah baru konsep cluster di Tangerang Selatan bisa menjadi opsinya.

Penutup
sktm.co.id
Akhir-akhir ini kami di sktm.co.id banyak menerima pesana dari kaum milienial untuk Pagar Wiremesh BRC dengan Tampilan Cokelat Berkarat Mau gaya industrial yang berkesan gahar tapi rustic, anda dapat mencoba tampilan pagar besi anyam bertampilan seperti besi berkarat. Ya, eksterior seperti ini akan membuat tampilan pagar terlihat gagah. Meskipun terlihat berkarat, tapi sisi anyamnya tidak benar-benar berkarat. Jadi, warna cokelatnya akan mengilap dan memberikan kesan rustic di rumah anda. Jika tertarik menerapkan desain besi minimalis ini sebagai pagar rumah yang membuat hunian berbeda dari lainnya, beberapa rekomendasi berikut bisa jadi pertimbangan anda:

  • Memilih Pola Anyaman Berukuran Lebih Besar - Anda juga bisa memilih kawat dengan pola wiremesh lebih besar. Memang sangat terlihat jika bahan yang digunakan adalah besi anyam, tapi tampilannya tetap estetik dan modern. Apalagi dengan warna hitam dan roda di bagian bawah sehingga memudahkan saat hendak dibuka lebar. Anda juga bisa membuatnya dengan biaya lebih murah.
  • Digunakan Mengelilingi Bagian Taman - Bagi anda yang punya pekarangan luas dan ingin menanamnya dengan berbagai tanaman hias, bisa pilih desain pagar wiremesh dengan motif anyam besar khusus memagari bagian taman tersebut. Apalagi jika isinya adalah tanaman mahal, pagar minimalis dari besi anyam yang berpadu dengan kayu akan memberi tampilan sempurna. Terkesan estetik dan beda dari milik orang lain.
  • Dimanfaatkan untuk Area Balkon - Area balkon juga merupakan area penting untuk membuat rumah Anda punya daya tarik lebih. Balkon bisa dijadikan tempat santai sehingga lebih baik memakai pagar minimalis dari besi anyam berwarna hitam dengan motif kotak berukuran sedang.
  • Wiremesh Berwarna Bagi yang Mau Tampil Beda - Ingin menampilkan pagar wiremesh dengan warna berbeda? Anda bisa coba membuatnya dari besi anyam dengan warna cantik kesukaan. Salah satunya adalah warna toska yang lembut sehingga tampilan eksterior rumah semakin bergaya.
  • Desain Minimalis dengan Warna Hitam - Pilihan pertama adalah desain sederhana dengan warna hitam ditambah pintu kecil. Jadi pas mau keluar masuk tanpa kendaraan atau hanya memakai kendaraan roda dua saja, maka bisa keluar masuk dengan mudah. Pagar wiremesh ini memiliki desain berlapis dan beroda sehingga bisa didorong bagian bawahnya. Jika perlu dibuka lebar dorong dorong saja bagian bawah sehingga tidak perlu banyak tempat.

Dan terakhir Bentuk Kotak Besar Minimalis. Zaman sekarang orang-orang memang lebih menyukai model minimalis, baik dari rumah hingga pagarnya. Anda dapat mencoba menggunakan besi anyam bermotif kotak setinggi 1 meter. Selain desainnya tidak ribet, anda juga bisa menampilkan kesan humble sehingga terasa sangat welcome saat menyambut tamu, tetangga maupun kerabat. 
sktm.co.id
Memilih jenis pagar besi anyam merupakan pilihan bijak, terutama bagi yang sedang mengirit biaya pembuatannya.  Selain lebih ekonomis, pagar wiremesh juga punya berbagai desain dan mampu memberikan tampilan sederhana hingga elegan. Jika anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi. 
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!


PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)