Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Pintu Yang Goyang

Cara Memperbaiki Pintu yang Kendor

Pintu yang kendur biasa terjadi di rumah yang lebih tua. Ini hampir merupakan ritual peralihan yang pada akhirnya pintu, bersama dengan fondasi dan elemen lainnya, akan melorot. Rumah yang lebih baru juga dapat memiliki pintu yang kendur, jika pintu tidak dipasang dengan benar atau jika terlalu banyak beban yang diletakkan di pintu. Kabar baiknya adalah memperbaiki pintu yang kendur itu mudah, cepat, dan murah. Hanya dengan beberapa alat, pintu anda akan diselaraskan kembali dan berayun bebas dalam waktu singkat. Di artikel sebelumnya kami di sktm.co.id telah merilis artikel tentang Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pintu Masuk Baja. Nah, dalam artikel unggahan kali ini kami akan memberikan informasi ringkas tentang Cara Memperbaiki Pintu yang Kendur. Simak terus ulasan kami berikut ini!


Apa Penyebab Pintu Kendor?

sktm.co.id
Pintu yang kendur biasanya adalah pintu yang miring miring, dari sisi engsel. Melihat pintu lurus, bagian atas pintu (di sisi gagang pintu) melampaui bagian bawah pintu. Seringkali, sag tidak terlihat saat pintu dibuka. Namun membuka dan menutup pintu menyebabkan pintu mengikis kusen pintu di bagian atas. Pintu dengan kelonggaran yang jelas dapat menempel pada titik di mana menjadi sulit untuk membuka atau menutup pintu. Sumber masalah biasanya dapat ditelusuri ke engsel atas. Sekrup di engsel atas kendur atau mulai ditarik lurus sehingga tidak tercermin di engsel bawah.
sktm.co.id
Engsel adalah perlengkapan tahan lama yang dapat bertahan selama beberapa dekade. Namun dalam beberapa kasus, daun engsel atau pin engsel mungkin mulai aus. Engsel yang longgar mungkin memerlukan pin baru atau mungkin perlu diganti seluruhnya. Jika ada cat di bawah engsel pintu, ini biasanya membuat pintu tidak sejajar. Cat atau noda mungkin telah ditambahkan ke tanggam di pintu atau kusen pintu. Pintu mungkin telah dilepas untuk dicat dan seluruh tepi atau kusen pintu dicat atau diwarnai. Lapisan cat atau noda ekstra bertindak seperti spacer untuk mendorong pintu keluar dari posisi.

Apa Saja Yang Anda Butuhkan Untuk Memperbaiki Pintu Yang Kendor?

sktm.co.id

Peralatan (Perkakas)

  • Bor tanpa kabel dengan bit driver
  • Alat lima-dalam-satu atau pahat kayu
  • Palu
  • Potongan kayu bekas
  • Sander
  • File logam atau amplas


Bahan (Material)

  • 3 x 1-1/2-inci sekrup
  • 1x3 inci sekrup
  • 3 sekrup berulir kasar
  • Engsel pintu


Langkah-Langkah Untuk Memperbaiki Pintu yang Goyang

sktm.co.id

1. Kencangkan Sekrup Engsel yang Ada
Dengan bor tanpa kabel atau obeng manual, kencangkan semua sekrup di engsel atas dengan memutarnya searah jarum jam. Pastikan untuk mengencangkan sekrup di kedua sisi pintu dan di sisi kusen. Seringkali, perbaikan ini saja sudah cukup untuk memperbaiki pintu yang kendur.

Catatan sktm.co.id: Jangan terlalu mengencangkan sekrup karena ini dapat menghilangkan kayu. Ini hanya akan membuat sekrup menjadi lebih longgar.

2. Hapus Spacer Engsel
Terkadang, pemilik sebelumnya menambahkan spacer ke engsel atas. Spacer mungkin berupa potongan karton tipis yang disisipkan di bawah salah satu daun engsel dan kemungkinan besar dirancang untuk membuat pintu lebih pas ke dalam rangka.

Catatan sktm.co.id: Jika spacer engsel terlihat, lepaskan engsel dengan memutar sekrupnya. Keluarkan spacer, buang, dan ganti engselnya. Coba pintunya lagi.

3. Tambahkan Sekrup Engsel Baru
Sekrup engsel standar memiliki panjang 1 inci. Jika anda mengencangkan sekrup yang ada dan terus berputar, anda perlu menambah panjang sekrup. Gunakan sekrup 1 1/2-inci. 

Catatan sktm.co.id: Anda juga dapat mencoba mengganti sekrup yang ada dengan sekrup dengan ulir yang lebih kasar. 

4. Ganti Sekrup Engsel Dengan Sekrup 3 Inci
Cara yang sangat efektif untuk memperbaiki pintu yang kendur adalah dengan mengganti salah satu sekrup engsel atas dengan sekrup sepanjang 3 inci. 
Hal ni berfungsi tidak hanya untuk menarik engsel lebih dekat ke kusen pintu, tetapi juga menarik seluruh kusen pintu lebih dekat ke tiang yang mendasarinya.

  • Lepaskan ketiga sekrup dari engsel di sisi kusen pintu.
  • Dengan bor tanpa kabel, pasang sekrup 3 inci ke lubang tengah engsel.
  • Pasang kembali dua sekrup lainnya di posisi atas dan bawah.

4. Hapus Cat Dari Bawah Engsel
Mirip dengan melepaskan spacer dari bawah engsel, lepaskan engselnya, lalu gunakan bilah tajam alat lima-dalam-satu atau pahat kayu untuk mengikis cat yang terkumpul di tanggam atau dari kusen pintu.

Catatan sktm.co.id: Tujuannya adalah untuk menghilangkan semua cat dan mengembalikan tepi pintu ke kayu kosong tetapi tidak menghilangkan terlalu banyak kayu. Jangan gunakan pisau utilitas atau silet. 

5. Pertajam Alat Pengikis
Apakah anda menggunakan pahat kayu atau alat lima-dalam-satu, kemungkinan besar perlu diasah sebelum mengikis kusen atau tanggam. Atur alat di catok dan gunakan kikir logam untuk mengasah mata pisau. Atau gunakan setrip kertas ampelas yang diletakkan mendatar di atas meja, sisi grit menghadap ke atas. Jalankan pisau ke depan di atas amplas sampai tajam tetapi tidak setajam silet.

6. Kencangkan Bagian Atas Kusen Pintu
Jika anda telah mengencangkan pintu ke kusen pintu namun pintu masih menempel, pasang sekrup 3 inci ke bagian atas kusen pintu di sisi gerendel.

7. Tekuk Kembali Engsel Atas
Lepaskan pintu dari engselnya dengan melepas pinnya, lalu geser pintunya. Ketuk perlahan tiga buku jari (bagian berbentuk tong yang menahan pin) dengan palu. Buffer palu dengan menempatkan sepotong kayu bekas di antara palu dan buku-buku jari.

Catatan sktm.co.id: Jangan menekuk buku-buku jari lebih dari 1/16 inci. Jika tidak, anda berisiko salah menyelaraskan pintu dengan engsel lainnya.

8. Haluskan Tepi Atas Pintu
Ampelas tepi atas pintu dengan tangan atau dengan orbital sander. Area yang menempel biasanya akan mengidentifikasi dirinya dengan tanda lecet yang menonjol. Amplas dengan hati-hati. 

Catatan sktm.co.id: Ampelas pintunya sedikit, lalu coba tutup pintunya. Ulangi hingga pintu dapat dibuka dan ditutup tanpa menyentuh kusen.

9. Amplas Bagian Atas Kusen Pintu
Sama seperti mengampelas tepi atas pintu, ampelas bagian atas kusen pintu tempat pintu menempel. 

Catatan sktm.co.id:Pada dasarnya, kemiringan pintu tetap ada, dan kusen pintu beradaptasi dengan kemiringan ini.

10. Pasang Engsel Baru
Beberapa engsel yang sangat tua secara alami akan mengendur seiring waktu, karena logam bergesekan dengan logam dan aus. Jika pin bergetar atau bergerak saat terpasang, kemungkinan engselnya tidak sekencang mungkin. 

Catatan sktm.co.id: Anda mungkin dapat mengganti pin dengan yang baru. Jika anda dapat menemukan satu engsel yang cocok dengan engsel pintu lainnya, ganti engsel seluruhnya. Atau anda dapat memutuskan untuk mengganti ketiga engsel sekaligus.

Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!



PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)