Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Pintu Industri

Kenali Berbagai jenis Pintu Industri

Pintu industri harus menahan lalu lintas yang padat dan perawatan yang keras. Pintu industri, seperti yang ditemukan di gudang dan fasilitas penyimpanan, harus memenuhi banyak tuntutan kinerja. Jika anda ingin memaksimalkan efisiensi energi di atmosfer yang dikontrol iklim. BS EN 12604 menentukan persyaratan mekanis untuk pintu industri, seperti kekuatan dan faktor keamanan. Standar ini penting dalam menilai daya tahan potensial, karena mengharuskan pabrikan untuk menyatakan jumlah pintu siklus yang telah diuji. Di artikel sebelumnya kami di sktm.co.id telah merilis artikel tentang Daftar Manfaat Penggunaan Pintu Tahan Api untuk Bangunan. Nah, dalam artikel unggahan kali ini kami akan memberikan informasi tentang Jenis-Jenis Pintu Industri yang perlu anda ketahui. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Apa itu Bangunan Industri?

Bangunan Industri adalah bangunan yang digunakan oleh pelaku industri untuk menyimpan bahan mentah atau untuk memproduksi produk-produk industri. Apa saja yang dimaksud bangunan industri ? Misalnya seperti gudang, pabrik, perakitan, pengolahan bahan mentah, dll. Kata 'bangunan' biasanya dianggap merujuk pada struktur beratap di mana orang dapat melakukan kegiatan di dalamnya. Peraturan Bangunan menyarankan bahwa kata 'bangunan' mengacu pada: 'bangunan permanen atau sementara tetapi bukan jenis bangunan atau model lainnya'.

Bagaimana Konfigurasi Bangunan Industri?

Bangunan industri adalah bangunan yang digunakan untuk kegiatan industri. Bangunan industri sebagai jenis karya arsitektur yang dapat menjadi terkenal selama revolusi industri selama abad ke-18 dan 19, ketika aktivitas-aktivitas baru, dan ketersediaan bahan-bahan dan teknik-teknik baru mendorong terciptanya beberapa bangunan paling inovatif di masa itu.

Dimana Aplikasi Bangunan Industri?

Bangunan industri dapat ditempatkan sebagai bangunan industri tipe biasa dan bangunan industri tipe khusus. Tipe biasa adalah tipe bangunan gudang dengan struktur atap sederhana pada rangka terbuka yang membutuhkan bentang besar dan area jernih yang tidak terhalang yang memberikan fleksibilitas & fasilitas yang memadai untuk yang terakhir untuk mengubah tata letak mesin produksi / pabrik tanpa perubahan besar. Jenis ini biasanya digunakan untuk bengkel, gudang, pabrik dll.

Bagaimana Ciri Eksterior Bangunan Industri?

Bangunan industri umumnya dirancang sebagai ruangan yang menyediakan ruang fungsional untuk kegiatan internal dengan ruang produksi utama yang memadai untuk penggunaan peralatan yang menyediakan perlengkapan atau overhead crane serta menyediakan ruang kantor atau lantai mezzanine. Bangunan-bangunan ini biasanya terbuat dari struktur baja dan dibuat dari pabrik. Jenis khusus bangunan industri adalah, bangunan pabrik baja yang digunakan untuk pembuatan mesin berat, produksi mobil, kain industri dll.

Seperti Apa Karakteristik Khusus Sebuah Bangunan Industri?

Konfigurasi masing-masing bangunan tergantung pada persyaratan, jumlah ruang yang dapat dibangun di samping satu sama lain. Pilihan konfigurasi struktural tergantung pada rentang antara baris kolom, sifat bahan atap dan jenisnya dan ruang utama. Rangka portal terbuat dari rangka baja atau rangka atap dapat digunakan jika bentang relatif kecil. Struktur bentang lebar dapat digunakan jika rentang bangunan besar.

Jenis-Jenis Pintu pada Bangunan Indsutri

Di bawah ini adalah berbagai jenis pintu industri yang dapat anda pilih.

1. Pintu Perlindungan Kebakaran (Fire Protection Doors)


sktm.co.id
Setiap jenis pintu yang telah diuji dan disertifikasi untuk dapat mencegah penyebaran api di dalam gedung, biasanya pintu berengsel dan daun jendela rol tetapi kami juga menyediakan pintu geser api sebagai solusi dan yang bagus juga. Jenis pintu dan daun jendela ini adalah solusi sempurna di mana perlindungan kebakaran diperlukan di samping keamanan.

Catatan sktm.co.id: Pintu Tahan Api memiliki berbagai kegunaan, mulai dari blok apartemen dan apartemen di mana api dapat dengan mudah menyebar, hingga pabrik di mana mesin dan peralatan dapat menyebabkan bahaya kebakaran.

2. Pintu Tirai Strip (Strip Curtain Doors)
sktm.co.id
Jauh lebih murah daripada jenis pintu industri lainnya, tirai strip PVC menawarkan cara ekonomis untuk memisahkan area produksi sambil memberikan perlindungan terhadap kehilangan panas dan melindungi produk dan staf.

Catatan sktm.co.id: Pintu Tirai Strip sering digunakan untuk menghindari kontaminasi silang dalam produksi makanan serta area produksi farmasi. Karena dapat menahan suhu yang sangat dingin sebelum bahan PVC pecah, tirai strip juga banyak digunakan di area penyimpanan dingin dan freezer komersial.

3. Pintu Tirai PVC (PVC Curtain Doors)
sktm.co.id
Tirai PVC adalah alternatif yang ringan dan lebih murah yang tetap memberikan perlindungan baik untuk produk maupun staf. Terdiri dari strip pengukur berat yang tumpang tindih, tirai PVC digantung dari bagian atas pintu dan dapat digunakan bersama dengan pintu eksternal lainnya untuk memberikan penghalang isolasi namun fleksibel yang, tidak seperti banyak entri industri lainnya.

Catatan sktm.co.id: Pintu PVC memungkinkan visibilitas (penglihatan) dari dua arah.

4. Pintu Rana Rol (Roller Shutter Doors)
sktm.co.id
Terutama digunakan untuk memungkinkan akses ke bangunan industri yang lebih besar seperti unit bisnis atau gudang, pintu rana rol terdiri dari pilihan bilah horizontal yang disatukan secara vertikal untuk membentuk pintu yang kokoh. Mereka dapat dioperasikan secara elektrik atau manual dan merupakan salah satu desain pintu paling aman yang tersedia di pasar saat ini karena seringkali hanya mengizinkan akses melalui remote control atau sensor gerak.

Catatan sktm.co.id: Selain menawarkan sejumlah manfaat berbeda, pintu ini juga ideal bagi mereka yang mengoperasikan lingkungan kerja yang sibuk karena dapat dibuka dan ditutup dengan cepat dan efisien serta menyebabkan hambatan minimal.

5. Pintu Rana Lipat (Folding Shutter Doors)
sktm.co.id
Pada dasarnya kebalikan dari pintu rana rol, pintu rana lipat terdiri dari panel vertikal yang biasanya terbuat dari baja galvanis dan dihubungkan bersama oleh engsel baja besar.

Catatan sktm.co.id: Pintu digantung dari jalur atas tugas berat yang dipasang di ambang pintu dengan rol ganda yang dipasang ke piket alternatif dan berfungsi secara horizontal dengan membuka dan menutup melalui gerakan lipat.

6. Pintu Rol Cepat (Rapid Roll Doors)
sktm.co.id
Pilihan populer untuk bisnis yang ingin lebih hemat energi, pintu putar cepat beroperasi dengan kecepatan luar biasa dan akibatnya, membantu menghemat panas atau udara dingin di dalam gedung. Sementara operasi vertikal yang cepat adalah salah satu daya tarik dari pintu yang dirancang secara inovatif.

Catatan sktm.co.id: Daya tahan pada Pintu Roll Cepat juga menjadikannya salah satu jenis pintu yang paling cocok untuk lingkungan industri karena kokoh dan tahan lama.

7. Pintu Masuk Otomatis (Automated Entrance Doors)
sktm.co.id
Pintu masuk otomatis secara umum digunakan untuk memungkinkan akses cepat ke gedung, pintu masuk otomatis adalah pilihan yang menguntungkan untuk bisnis dengan langkah kaki yang berat.

Catatan sktm.co.id: Pintu Masuk Otomatis berfungsi melalui mekanisme geser, pintu ini tidak hanya dapat dibuka lebar dan memudahkan staf dan pelanggan untuk mengangkut benda besar atau berat masuk dan keluar gedung, tetapi juga memungkinkan akses yang lebih mudah bagi penyandang disabilitas atau masalah mobilitas.

8. Geser Gudang (Barn Door)
sktm.co.id
Barn door banyak ditemukan pada gudang atau pabrik bergaya rustic dan farmhouse. Dinamakan barn door karena pintu ini ditemukan di bangunan lumbung atau kandang pada peternakan di negara-negara Amerika dan Eropa. Kemudian, pintu tersebut ini menginspirasi para desainer dan arsitek untuk diterapkan di dalam hunian dengan gaya yang lebih modern sesuai konsep yang diinginkan oleh penghuninya.

Catatan sktm.co.id: Barn door adalah pintu geser biasanya berupa pintu kayu atau aluminium yang dipasang tergantung di dinding. Alih-alih membuka dan menutup seperti pintu tradisional, pintu lumbung meluncur ke samping dan tergantung rapi di dinding. Desain pintu ini banyak disukai karena dapat dengan mudah mengubah ruang dan menambahkan banyak karakter di dalamnya. 

9. Pintu Harmonika (Folding Door Gate)
Pintu harmonika ini tidak memiliki slat daun yang tertutup di bagian depan seperti dua macam pintu di atas. Bagian depan pintu harmonika merupakan rangkaian kerangka yang tersusun dari besi silangan dan besi UNP yang saling bertautan. 

Catatan sktm.co.id: Pada pintu jenis harmonika Jika sedang ditutup, maka terlihat celah dari pintu ini. Biasanya pintu harmonika ini digunakan bagi gudang atau pabrik yang memerlukan sirkulasi udara atau sinar matahari.

10. Pintu Lipat or Geser (Folding or Slide Doors)
sktm.co.id
Salah satu pintu paling sederhana dan termudah untuk dirawat, pintu geser adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan ruang internal dalam sebuah bangunan dan bagus untuk bukaan yang sangat besar dengan akses pejalan kaki menggunakan pintu gawang atau bukaan sebagian bila diperlukan. Pintu geser sering dipasang secara eksternal tetapi dapat dipasang secara internal. Dipasang di luar, tidak berdampak pada ruang internal.

Catatan sktm.co.id: Pintu geser lurus biasanya memiliki track atas baja lurus dengan roda bergulir di dalam untuk pintu geser hingga ukuran tertentu, setelah itu rol bawah akan ditentukan. Beberapa pintu geser lurus terbesar dapat dioperasikan secara manual dengan menekan atau menarik jalur pintu tetapi tentu saja dan pintu geser dapat diotomatisasi juga.

Penutup
sktm.co.id
Pintu industri perlu menentang perlakuan yang berlebihan dan keras. Pintu industri, seperti yang ditemukan di pusat-pusat distribusi dan fasilitas penyimpanan, perlu memenuhi banyak permintaan eksekusi. Pilih dengan bijak sesuai kebutuhan fasilitas anda.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini! 


PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)