Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Jenis Pintu Serbaguna

Berbagai Jenis Pintu untuk Aplikasi Serbaguna

sktm.co.id
Jenis pintu untuk aplikasi serbaguna? Ya! Pintu umumnya digunakan untuk memisahkan ruang interior eksterior untuk alasan kenyamanan, privasi, keselamatan, dan keamanan. Pintu juga digunakan untuk mengamankan jalan masuk ke dalam bangunan dari luar, untuk alasan kontrol iklim dan keamanan. Ini sangat penting untuk desain arsitektur dan keberlanjutan bangunan anda. Pintu dapat mewakili jumlah yang tidak terbatas tergantung pada konteksnya. Pintu berfungsi sebagai titik penyambutan, atau sebagai penghalang untuk perlindungan, penghubung antara interior dan eksterior bangunan. Pintu anda harus dipilih untuk memenuhi kriteria fungsionalitas bangunan. Beberapa dari kriteria ini adalah beban yang lewat, ukuran, keamanan, bahan dan faktor keselamatan. Diberikan di bawah ini adalah berbagai jenis pintu yang digunakan dalam aplikasi serbaguna. Di artikel sebelumnya kami di Pabrik Pintu Besi Grant telah merilis artikel tentang Cara Memilih Pintu Masuk. Nah, dalam artikel kali ini kami akan mengajak anda Menegnali Berbagai Jenis Pintu Multi Purpose dalam Aplikasinya di Industri Bangunan hari ini. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Daftar Jenis-Jenis pintu Untuk Aplikasi Serbaguna

sktm.co.id

1. Pintu Serat Fiber Lapis Polymer (FRP Doors)
Pintu FRP atau lebih dikenal dengan sebutan Fiberglass Reinforced Polymer Doors adalah jenis pintu ini diproduksi dengan mesin injeksi busa poliuretan & tekanan tinggi. FRP sebagai material sangat tangguh & kaku serta tahan terhadap cuaca ekstrim dan tidak ada penuaan material, akibatnya tetap mempertahankan kilau, kekuatan dan kekakuan yang sama dalam waktu yang sangat lama. Pintu cetakan FRP tersedia dalam banyak warna dan finishing termasuk finishing kayu alami di pasaran. Ketebalan pintu standar adalah 30/35 mm dan tersedia dengan sifat tahan api. Jenis pintu  serat fiber lapis polymer ini juga dapat memiliki dua daun setebal 1,5 mm. Daunnya dicetak di atas bahan inti yang membentuk panel sandwich.

Catatan sktm.co.id: Kusen pintu FRP dibuat dengan warna inbuilt, pengecoran satu bagian dan lapisan mengkilap yang halus sehingga praktis tidak memerlukan perawatan kecuali sesekali dibersihkan dengan kain biasa atau dibersihkan dengan air. Selain itu, karena pintunya dibuat dengan warna bawaan, ia berumur sangat panjang tanpa memudar warna dan tidak memerlukan pengecatan ulang secara berkala,

2. Pintu Akustik (Accoustic Doors)
Pintu akustik kedap suara yang memiliki tampilan standar.. Pintu memiliki segel kedap suara khusus di berbagai titik di pintu untuk memastikan kedap suara ruang tertutup. Tergantung pada persyaratan insulasi yang diperlukan oleh pengondisian akustik suatu ruangan, pintu akustik atau pintu kedap suara harus digunakan dengan tingkat insulasi yang berbeda dan harus disetujui dan disertifikasi. Terakhir, dengan mempertimbangkan persyaratan estetika ruangan, anda dapat memasang pintu akustik atau pintu kedap suara dengan pelindung kaca atau perangkat keras atau aksesori lainnya.

Catatan sktm.co.id: Pintu ini dirancang untuk mengurangi penyebaran kebisingan dan getaran antar ruangan. Mereka bertujuan untuk melindungi suara di dalam ruangan, yang dapat dicapai karena teknik isolasi di dalam badan pintu. Mereka bertindak sebagai penghalang yang membatasi getaran suara. Bahan dengan kualitas insulasi kedap suara optimal yang memantulkan dan menyerap suara meliputi Besi, Kayu, Aluminium, dan PVC. Ada dua peringkat akustik standar untuk pintu akustik. Ada dua versi utama yang tersedia, versi performa tinggi dan versi performa rendah. Versi performa tinggi memiliki nilai pengurangan noise sebesar 44dB sedangkan versi performa sedang memiliki nilai pengurangan noise sebesar 34dB.

3. Pintu Ruang Bersih (Clean Room Doors)
Pintu ruang bersih dirancang khusus untuk fasilitas bio-farmasi dan GMP. Ini fitur las jahitan terus menerus dan jendela flush-mount untuk menyederhanakan pembersihan dan sterilisasi. Pintunya memiliki kontrol otomatis dan sensor keamanan yang disematkan. Mereka tahan lama dan berfungsi untuk waktu yang lama tanpa mengorbankan produksi dan menyebabkan waktu henti yang mahal. Tantangan terbesar dalam mendesain pintu cleanroom untuk industri farmasi adalah menciptakan pintu yang kokoh dengan performa higienis tinggi yang mudah dibersihkan.

Catatan sktm.co.id: Pintu-pintu ini hadir dengan tampilan estetika yang bersih. Pintu tidak mengandung bakteri dan tidak terpengaruh oleh kelembapan dan bahan kimia pembersih umum, membuatnya sangat cocok di area yang memiliki sistem pembersihan rutin dan ketat. Bilah pintu dilindungi oleh bumper polypropylene hitam dan halus serta mudah dioperasikan. Warna built-in pintu secara estetika menyenangkan dan tidak memerlukan perawatan. Saat ini, pintu besi dan GRP menjadi pilihan utama yang tersedia untuk industri farmasi.

4. Pintu Berkecepatan Tinggi (High Speed Doors)
Pintu berkecepatan tinggi adalah pintu yang sangat cepat dengan kecepatan pembukaan hingga 4 m/s, terutama digunakan di sektor di mana kecepatan pintu berpengaruh pada kecepatan logistik produksi, kontrol suhu dan tekanan. Pintu ruang bersih berkecepatan tinggi digunakan di sektor industri dan farmasi dengan tirai khusus dan rangka besi tahan karat.

Catatan sktm.co.id: Pintu berkecepatan tinggi yang kuat memiliki struktur permukaan yang halus dan tidak ada tepi yang menonjol. Oleh karena itu, mereka dapat dengan mudah dibersihkan dan pengendapan partikel sebagian besar dikecualikan. Pintu berkecepatan tinggi dibuat untuk menangani jumlah bukaan yang tinggi, kira-kira 200.000 per tahun, tergantung pada penyesuaian, dapat ditingkatkan lebih lanjut. Mereka harus dibangun dengan suku cadang tugas berat dan sistem penyeimbang untuk peningkatan kecepatan dan fungsi bukaan darurat.

5. Pintu Flush (Flush Doors)
Pintu siram memiliki permukaan polos di kedua sisi. Mereka dapat digunakan untuk aplikasi interior dan eksterior. Pintu mungkin memiliki inti yang kokoh, berongga atau paranada. Jika intinya padat maka papan partikel atau busa kerapatan rendah sering digunakan untuk mengisi ruang di dalam pintu sepenuhnya, dapat dilengkapi dengan jenis laminasi atau kayu lapis di setiap sisi.

Catatan sktm.co.id: Pintu flush memiliki struktur dasar yang terdiri dari inti papan blok padat, stile vertikal, dan rel horizontal yang membuat kerangka yang telah diperbaiki sebelumnya. Papan blok terdiri dari strip kayu yang ditempatkan ujung ke ujung dan diapit di antara veneer, kemudian diikat di bawah tekanan dan suhu tinggi menggunakan resin sintetis. Jadi dalam istilah yang lebih sederhana adalah pintu yang terbuat dari rangka kayu yang kedua sisinya dilapisi dengan lapis kemudian bagian yang berlubang di dalamnya diisi dengan balok-balok kayu lunak berbentuk persegi panjang. Kemudian finishing dekoratif diberikan dengan memasang veneer di bagian atas. Ini memberikan tampilan yang menarik dan sederhana dalam desain. Pintu juga tahan terhadap penggerek, rayap dan jamur.

6. Pintu Serat Fiber (Fiberglass Door)
Fiberglass kuat, ringan & tidak mudah terbakar serta memiliki kekuatan tarik tinggi. Pintu fiberglass bekerja dengan baik di hampir semua iklim, bahkan dalam kondisi yang sangat dingin dan lembap. Pintu ini tidak melengkung, retak, atau membusuk. Pintu mengurangi perpindahan panas dan meningkatkan efisiensi energi. Ini dapat membuat perbedaan besar dalam tagihan energi anda serta meningkatkan kenyamanan dengan membantu menjaga suhu.

Catatan sktm.co.id: Pintu fiberglass tahan lama dan sangat tangguh. Pabrikan memasangnya dengan kunci pengaman. Pintu membutuhkan sedikit atau tanpa perawatan, pembersihan rutin dengan kain lembab sudah cukup. Jika pintu anda menghadap ke matahari yang terik, atau memiliki lapisan akhir yang gelap, lapisan restoratif dari pernis laut bening dapat melindunginya dan membuatnya tetap segar. Mereka menampilkan inti berinsulasi penuh yang dirancang untuk mengurangi perpindahan panas antara luar dan dalam, memberi anda perlindungan yang lebih baik terhadap dingin dan panas.

7. Pintu Kaca (Glass Doors)
Elemen kaca telah menjadi sangat populer di kalangan arsitek dan desainer interior. Penggunaan kaca untuk pintu dan partisi kantor interior memastikan desain interior yang berani dan unik, sekaligus menawarkan perubahan gaya yang menyegarkan dibandingkan dengan dinding dan penghalang tradisional. Pintu kaca interior, baik bening, berwarna, besi rendah atau satin, tidak akan menghalangi cahaya alami. 

Catatan sktm.co.id: Ya, dengan memasang pintu kaca, anda dapat meningkatkan aliran cahaya, meningkatkan tampilan dan suasana. Transparansi pintu kaca memungkinkan jumlah cahaya alami yang optimal melewati ruang.

8. Pintu Tahan Api (Fire Rated Doors)
Pintu tahan api adalah pintu khusus yang memastikan penghuni bangunan benar-benar aman dari bahaya kebakaran. Pintu lebih terjamin dan aman saat terjadi kebakaran. Pintu memiliki peringkat tahan api dan dapat dibuat dari kombinasi bahan seperti bagian kaca, gipsum, baja, besi, kayu, vermikulit, dan aluminium. Pintu-pintu ini disertifikasi oleh spesialis pintu api berlisensi. Mereka secara otomatis dioperasikan dengan sensor. Jadi jika terjadi kecelakaan kebakaran, saat alarm kebakaran mulai berbunyi, mereka juga dapat dioperasikan menggunakan remote kontrol.

Catatan sktm.co.id: Pintu tahan api diperlukan di gedung untuk melindungi penghuni, memblokir penyebaran api dan asap, dan meminimalkan kerusakan properti secara keseluruhan. Karena pintu ini menutup dan membuka secara otomatis saat kebakaran terdeteksi di dalam gedung, pintu ini merupakan komponen kunci dari sistem perlindungan bangunan. Pintu ini membantu memblokir atau menunda penyebaran panas, asap, dan api melalui lorong, tangga, dan bagian bangunan lainnya. Mereka juga menawarkan ketahanan panas dan memungkinkan jalan keluar cepat dari gedung jika terjadi keadaan darurat. Kode bangunan yang diberlakukan di berbagai negara mengamanatkan peringkat tahan api dari rakitan pintu api. Pintu harus dirawat dengan baik dan tetap memberikan perlindungan yang memadai, pintu ini harus diperiksa setiap tahun. Pintu ini digunakan dalam aplikasi perumahan, komersial dan industri.

9. Pintu Geser (Sliding Doors)
Pintu geser menawarkan banyak keuntungan untuk properti industri dan komersial. Baik sebagai pintu masuk interior maupun eksterior, pintu geser dapat berfungsi memiliki kebutuhan praktis dan menarik. Desain pintu geser yang ergonomis memberikan keseimbangan sempurna antara kemudahan pengoperasian dan fungsionalitas. Meluncur melalui jalur paralel yang mulus, pintu geser juga mencegah kemacetan atau derit yang mungkin terjadi pada desain pintu standar.

Catatan sktm.co.id: Di zaman modern, tempat tinggal perkotaan yang sempit, pintu geser merupakan anugerah berkat desain praktisnya. Tidak seperti pintu tradisional yang terbuka dan membutuhkan engsel, pintu ini meluncur dengan mulus di jalur horizontal. Saat busur benar-benar dikeluarkan dari konteks, anda akhirnya menghemat ruang. Jika pintu berengsel membutuhkan ruang untuk membuka, pintu geser beroperasi ke samping. Pintu-pintu ini bukan hanya fitur praktis yang hebat, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat estetika. Dengan berbagai macam gaya dan desain yang tersedia, pintu geser hadir dalam berbagai jenis, termasuk yang dapat membuka sudut bulat, melipat atau meluncur lurus.

10. Pintu Geser Lengkung (Curved Sliding Doors)
Pintu geser melengkung terdiri dari satu pintu geser atau pintu otomatis dua bagian yang bergerak secara radial. Ini menggabungkan kenyamanan dan desain elegan yang memberikan sentuhan khusus pada pintu masuk bangunan tempat pemasangannya. Setiap jenis pintu memiliki jari-jari dan derajat kelengkungan yang berbeda. Muncul dengan opsi untuk memasang pintu setengah lingkaran atau melingkar dengan bukaan bi-part atau bukaan geser tunggal. Desainnya juga memungkinkan menyesuaikan pengukuran dengan ruang yang dibutuhkan, serta memberikan sentuhan akhir dan warna yang berbeda yang berhasil mengintegrasikan fungsinya dengan sempurna dengan nilainya. Ini tersedia dalam bentuk lingkaran lengkap, setengah lingkaran dan busur.

Catatan sktm.co.id: Keuntungan utama dari pintu geser melengkung adalah tidak mengganggu ruang di sekitarnya. Jenis pintu ini digunakan di gedung komersial, institusi kesehatan, bandara, pusat perbelanjaan, hotel, restoran, kasino, dan spa.

11. Pintu Aluminium (Aluminium Doors) 
Pintu Aluminium banyak digunakan di properti komersial karena tahan lama dan menambah kekuatan. Daya tahan, kekuatan, dan stabilitas pintu berbahan aluminium adalah keunggulan terbesar mereka. Pintu ini menyatu dengan baik dalam struktur yang sudah dilengkapi dengan jendela aluminium. Mereka menyatu dengan baik, menciptakan hasil akhir yang sangat indah. Keuntungan utama lainnya dari pintu-pintu ini adalah mereka mampu menahan kondisi iklim apa pun. Di mana pun anda tinggal, baik di daerah pesisir atau panas, pintu ini terbukti kuat dan tahan cuaca. Mereka dapat menahan suhu ekstrim dan perubahan suhu yang konstan.

Catatan sktm.co.id: Keuntungan besar pemilik bangunan yang menggunakan pintu ini adalah mereka tidak perlu sering merawatnya. Aluminium memberikan ketahanan cuaca yang luar biasa dan isolasi termal dan akustik yang unggul. Keandalannya menjadikannya bahan pintu masuk premium. Ada banyak kelonggaran dan kebebasan untuk merancang jendela dan pintu tanpa hambatan apapun. Aluminium bersifat fleksibel dan dapat dibentuk serta disesuaikan dengan spesifikasi pembangun dengan mudah.

12. Pintu Besi (Iron Doors)
Pintu besi terbukti menjadi pilihan yang paling tahan lama dan tahan lama di pasaran. Pintu-pintu ini dibangun untuk menahan unsur-unsur dan memberi anda layanan yang stabil selama bertahun-tahun. Sebagian besar pintu besi diproduksi menggunakan besi ukuran 20-26 yang cukup kokoh dan andal. Besi memberikan pilihan yang luar biasa untuk memaksimalkan jumlah energi dan telah ditemukan bahwa besi sebenarnya hadir dengan insulasi yang lebih tinggi. Pintu besi terdiri dari inti poliuretan atau polistiren dengan kulit baja di atasnya.

Catatan sktm.co.id: Pintu besi hadir dalam berbagai gaya dan menawarkan berbagai keuntungan estetika dan praktis. Mereka menyediakan pintu masuk yang menarik; keamanan jangka panjang; tahan api, ledakan dan suara; kemudahan pembersihan; dan ketahanan korosi. Besi tahan karat dapat membingkai pintu kaca, pintu kayu atau logam yang dibalut juga dapat digunakan untuk pintu di atas kepala. Berbagai macam pelapis digunakan pada pintu besi tahan karat termasuk pelapis poles tradisional, tekstur, desain hiasan dekoratif, dan warna. Beberapa aplikasi paling umum untuk pintu besi tahan karat adalah gedung perkantoran dan pintu masuk toko, interior dekoratif, fasilitas medis, penjara dan fasilitas penahanan, pabrik, gudang, fasilitas penyimpanan, kolam renang, tempat tinggal pribadi, perumahan umum, terowongan, dan fasilitas transit.

Penutup
sktm.co.id
Ada berbagai jenis pintu yang tersedia di pasaran saat ini. Sangat penting untuk memilih pabrikan yang menawarkan berbagai gaya dan garis pintu masuk yang berkualitas. Pintu yang berkualitas akan tahan terhadap cuaca yang keras dan tidak dapat diprediksi serta memberikan keamanan bagi anggota bangunan.

Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!


PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)