Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modern Fire Door

Pintu Tahan Api Kekinian

sktm.co.id
Well! Di negara maju seperti US, bangunan komersial diharuskan dilengkapi dengan pintu api. Ini benar terlepas dari sifat bisnis yang terkandung di dalamnya. Pertanyaannya, mengapa bangunan komersial membutuhkan pintu ini? Apa sebenarnya hukum yang berkaitan dengan bangunan komersial dan keselamatan kebakaran? 
Di artikel sebelumnya kami di Grant Fire Door Sidoarjo telah merilis artikel tentang Tips Sebelum Memasang Pintu GudangNah, dalam artikel kali ini, kami di sktm.co.id akan mengajak anda mengenali Pintu Tahan Api pada Bangunan Komersial. Simak terus ulasan kami berikut ini! Kami akan membahas pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Mari kita mulai!

Apa Sebenarnya Pintu Api Itu?


Sederhananya, pintu api adalah pintu yang dirancang khusus untuk menahan efek api. Terbuat dari logam berlubang, kayu solid, atau kaca tebal, mereka besar, besar, dan berat, menawarkan perlindungan terhadap pembakaran dan jenis kebakaran bangunan lainnya. Kadang-kadang dilengkapi dengan perangkat panik dan crash bar, mereka ada di eksterior dan interior properti komersial.
sktm.co.id
Karakteristik lain dari pintu api termasuk kemampuan untuk memblokir asap, kemampuan untuk menutup secara otomatis ketika api terdeteksi di dekatnya, dan kemampuan untuk menghentikan penyebaran panas dari satu sisi ke sisi lainnya. Pintu api diwajibkan oleh hukum di bagian tertentu dari bangunan komersial. Biasanya, mereka akan ditemukan di tangga, di antara berbagai bagian bangunan, dan di bagian luar bangunan.

Fitur Apa Saja Yang Terdapat pada Pintu Api?


Seperti yang telah dicatat, pintu api terbuat dari kayu solid, logam berongga, atau kaca tahan api. Ketiga bahan ini bekerja dengan sangat baik sebagai penghenti api, menghentikan penyebaran api segera setelah bertemu dengan mereka. Untuk menawarkan perlindungan lebih lanjut, pintu kebakaran dilengkapi dengan segel intumescent. Segel ini ada di tepi pintu kebakaran dan akan mengembang setiap kali suhu melebihi 200 derajat Celcius. 
sktm.co.id
Dengan melakukan itu, mereka menutup celah antara pintu dan ambang pintu yang sesuai, mencegah aliran asap ke dalam. Pintu kebakaran dapat dilengkapi dengan berbagai macam kunci, mulai dari kunci silinder hingga palang pengaman hingga kunci elektronik dan banyak lagi. Kunci ini tidak berbeda dengan yang anda temukan di pintu konvensional.

Mengapa Pintu Api Diperlukan?


Di US, bangunan komersial diwajibkan oleh hukum untuk memiliki pintu api. Alasannya adalah untuk melindungi karyawan, pelanggan, dan individu lain yang masuk ke dalam properti komersial. Meskipun rumah pribadi tidak diwajibkan oleh undang-undang untuk memiliki pintu kebakaran, pemilik rumah masih dapat memanfaatkannya.
sktm.co.id
Di sebagian besar kota di seluruh AS, peraturan pintu kebakaran ditentukan oleh National Fire Protection Association. Sementara pemerintah kota diizinkan untuk menentukan kode bangunan mereka sendiri, mereka cenderung tetap berpegang pada garis perlindungan api yang disediakan oleh NFPA.

Di Mana Pintu Kebakaran Harus Dipasang?


Jika menyangkut properti komersial, pintu kebakaran harus dipasang di beberapa lokasi berbeda. Tata letak properti khusus anda akan menentukan berapa banyak pintu api yang anda butuhkan. Pertama, perlu memasang pintu kebakaran di semua pintu keluar utama. 
sktm.co.id
Ini akan membantu melindungi interior bangunan dari kebakaran eksterior yang mungkin timbul. Selain itu, jika anda memiliki tangga di properti anda, mungkin memerlukan pintu api. Area lain yang mungkin membutuhkan pintu kebakaran termasuk koridor dan pintu keluar horizontal.

Apa Konsekuensi Jika Bangunan Tidak Memiliki Pintu Api?


Properti bisnis yang tidak memiliki pintu kebakaran yang terletak di area yang tepat dapat dikenakan sanksi hukum. Faktanya, meskipun anda memiliki jumlah pintu kebakaran yang tepat, anda dapat dikenai biaya karena menggunakannya dengan cara yang melanggar hukum. Misalnya, pintu anda dapat diblokir oleh benda besar, mencegahnya membuka atau menutup saat diperlukan. 
sktm.co.id
Jika anda melanggar hukum pintu kebakaran, anda bisa menghadapi hukuman penjara. Dan itu bahkan tidak termasuk denda besar yang kemungkinan besar akan dijatuhkan oleh bisnis anda. Singkatnya, anda tidak ingin melanggar undang-undang peraturan kebakaran. Dan percayalah pada kami: jika anda melakukannya, anda akhirnya akan tertangkap. Mainkan dengan aman dan pasang milik anda hari ini.

Jenis Peringkat Ketahanan Api pada Fire Door?


Setelah diproduksi, pintu kebakaran menjalani proses pengujian independen yang intensif. Selama proses ini, mereka dinilai seberapa baik mereka dapat menangani paparan api dan panas tinggi. Peringkat pintu api umumnya disediakan dalam hitungan jam. 
sktm.co.id
Misalnya, sebuah pintu mungkin memiliki peringkat 0,5, artinya dapat menahan paparan api langsung selama total 30 menit. Pintu-pintu ini umumnya diberi satu dari lima peringkat. Ini termasuk 0,5, 0,75, 1,0, 1,5, dan 3,0. Semakin tinggi angkanya, semakin besar ketahanan pintu terhadap api.

Adakah Sertifikasi Pintu Api?


Saat membeli pintu kebakaran, penting untuk memperhatikan sertifikasi. Pintu kebakaran diwajibkan oleh hukum untuk memiliki stiker sertifikasi. Jika tidak, mereka tidak sah dan harus dihindari dengan segala cara. Stiker sertifikasi harus memiliki beberapa informasi yang berbeda. 
Potongan-potongan informasi ini termasuk nama produsen pintu, kemanjuran tahan api dari perangkat keras yang terpasang, peringkat kenaikan suhu, peringkat api standar, dan sifat kemampuan tahan asapnya.

Apa Penilaian Kondisi Pintu Kebakaran Yang Ada?


Sudah memasang pintu api? Ingin tahu apakah sudah waktunya untuk penggantian? Ada sejumlah tanda bahwa penggantian mungkin diperlukan. Pertama, periksa celah antara pintu dan kusen pintu. Jika ukuran celah lebih dari 4 milimeter, itu terlalu besar, menunjukkan bahwa pintu tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. 
sktm.co.id
Perhatikan juga bagian bawah pintu, yang seharusnya tidak membiarkan cahaya masuk. Selanjutnya, perhatikan baik-baik segel di sekitar pintu. Jika rusak dengan cara apa pun, itu (atau pintunya) perlu diganti. Keadaan engsel pintu juga penting. Setiap pintu kebakaran harus memiliki tiga engsel, yang masing-masing harus dilengkapi dengan sekrup yang kencang.

Penutup
sktm.co.id
Apakah anda sedang dalam proses membangun gedung komersial? Ingin membeli pintu api sekarang? Jika demikian, dan jika anda berada di di area Sidoarjo dan wilayah jawa timur Pabrik Pintu Besi Grant adalah pabrikan Pintu Besi Tahan Api yang harus anda temui. Kami di PT. Sekawan Karya Tama Mandiri menawarkan dan memasang berbagai macam pintu kebakaran komersial. Terlepas dari kebutuhan anda, tim kami dapat membantu anda. Hubungi kami hari ini untuk mendapatkan perkiraan gratis!
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!


PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)