Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Level Ketahanan Fire Door

Level Ketahanan Fire Door


sktm.co.id
Selama bertahun-tahun banyak orang mendekati kami untuk meminta klarifikasi tentang pintu kebakaran, jadi kami pikir mari buat blog tentang ini untuk memberikan klarifikasi lebih lanjut tentang pintu kebakaran. Di artikel sebelumnya kami di Grant Fire Door telah merilis artikel tentang Pagar Besi Sebagai Keamanan Property. Nah, dalam artikel kali ini, kami di sktm.co.id akan mengajak anda memahami Level Ketahanan pda Pintu Tahan Api saat ini. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Apa itu Pintu Tahan Api?


sktm.co.id
Pintu api adalah pintu yang memiliki peringkat tahan api yang digunakan untuk membantu mengurangi penyebaran api atau asap antar area. Pintu kebakaran diperlukan untuk mempertahankan tingkat peringkat api yang berbeda. Saat melihat unit hunian tunggal, peringkat yang dibutuhkan adalah 1 jam dan mencari pintu kebakaran untuk area properti umum, tingkat peringkat kebakaran yang diperlukan adalah 2 jam. Pintu api sangat penting dan diketahui dapat menghambat api dan menyelamatkan banyak nyawa.

Berapa Level Ketahanan Pintu Tahan Api?

sktm.co.id
Pintu kebakaran diharuskan memiliki tingkat ketahanan api. Tingkat ini memberi tahu Anda berapa lama pintu dinilai dengan api, misalnya tingkat ketahanan api bisa 120/120/60, ini berarti sebagai berikut:


  • Kecukupan Struktural: Berarti dinding akan tetap vertikal dan menopang beban setidaknya selama 120 menit.
  • Integritas: Dinding akan menghambat nyala api yang melewati dinding selama minimal 120 menit.
  • Isolasi: Pintu akan memberikan insulasi sehingga suhu sisi lain pintu tidak meningkat selama minimal 60 menit.
  • Contoh lain dari tingkat rating api adalah -/60/30. Tanda hubung menyatakan bahwa kecukupan struktural adalah pintu bantalan tanpa beban namun pintu api memberikan integritas dan insulasi.

Standarisasi Pintu Tahan Api


sktm.co.id
Semua instalasi pintu kebakaran memerlukan pintu kebakaran untuk dipasangi tag kepatuhan terhadap pintu kebakaran dan pintu macet, tag ini akan menampilkan informasi berikut:

  • Jumlah kinerja
  • Tingkat Ketahanan Api
  • Tahun pembuatan
  • Nomor seri
  • Nama Produsen

Pintu Tahan Api Sebagai Proteksi Kebakaran Gedung

sktm.co.id
Proteksi kebakaran adalah salah satu elemen terpenting dalam konstruksi. Jadi, saat membeli pintu api, penting untuk memahami kelas tahan api – karena bisa menyelamatkan nyawa. Ketika pintu tahan api telah diuji, diberikan klasifikasi yang menunjukkan durasi waktu tahan api. Dibagi ke dalam kategori yang berbeda, kelas menunjukkan bagaimana pintu akan mencegah lewatnya api, asap, dan perpindahan panas. Ini direpresentasikan sebagai Integritas, Radiasi atau Isolasi.

1. Ketahanan Panas

Integritas menunjukkan berapa lama pintu dan komponennya dapat mencegah lewatnya api dan gas panas dari sisi pintu yang dipanaskan ke sisi yang tidak dipanaskan. Namun, peringkat integritas tidak akan mencegah perpindahan panas melalui pintu. Integritas dilambangkan sebagai huruf "E", diikuti dengan angka yang menunjukkan jumlah menit pintu mencegah nyala api dan gas melewati sisi yang tidak dipanaskan. Misalnya, Grant Fire Door tersedia dengan Integritas hingga 90 menit.

2. Pengendalian Radiasi
Radiasi mempertahankan kinerja yang sama dengan Integritas – menahan api dan asap saat terkena api di satu sisi. Namun, itu juga akan mencegah sebagian panas berpindah dari sisi yang dipanaskan ke sisi yang tidak dipanaskan. Ketahanan api Kontrol Radiasi dilambangkan dengan huruf “EW”, diikuti dengan angka yang menunjukkan durasi (dalam menit) ketahanan api tersebut. Selama pengujian, ini adalah durasi yang akan menjaga perpindahan panas radiasi di bawah 15 kW/m2 pada sisi yang tidak dipanaskan.

3. Integeritas Insulasi
Isolasi menawarkan tingkat perlindungan tertinggi dari api. Mempertahankan kinerja yang sama dengan Integritas, Isolasi juga mencegah perpindahan panas dari sisi yang dipanaskan ke sisi yang tidak dipanaskan. Huruf "EI" mewakili Isolasi, diikuti dengan durasi (dalam menit) ketahanan apinya. Misalnya, Bagian Dinding Kaca GLAS-DOR tersedia yang diuji untuk EI 120 – yang berarti mereka akan mempertahankan Integritas dan Insulasi hingga 120 menit. Sedangkan Grant Fire Door tersedia EI 90/60, artinya akan terjaga keutuhannya selama 90 menit, dan Insulasi selama 60 menit.

Penutup


Apakah bangunan itu perumahan, komersial atau industri, sangat penting untuk memahami dan mengikuti standar di atas. Pintu api akan memisahkan bangunan, mencegah penyebaran api dan memungkinkan orang di dalamnya untuk mengungsi. Standar-standar ini diatur dalam peraturan bangunan di Dunia, termasuk di Indonesia. Dan akan sangat membantu untuk memastikan perlindungan terhadap orang dan properti. Pabrik Pintu Besi Grant menawarkan rangkaian lengkap pintu kebakaran untuk memastikan bangunan anda memenuhi kode bangunan komersial dan standart bangunan komersial Indonesia.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!


PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)