Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Pintu Api Terbaik

Apa Jenis Pintu Api Terbaik Di Luar Sana?

sktm.co.id
Kami biasanya berasumsi bahwa setiap bangunan yang kami masuki dirancang untuk mengoptimalkan keselamatan dan memenuhi standar perlindungan khusus. Namun sayangnya, hal ini tidak selalu benar. Setiap tahun, ribuan rumah dan bangunan lainnya hancur karena kebakaran, seringkali karena mereka tidak memiliki peralatan atau bahan yang tahan api. Banyak dari kecelakaan tragis ini dapat dihindari dengan pemasangan pintu tahan api yang tepat. Salah satu alasan mengapa kebakaran struktural bisa begitu merusak dan mematikan adalah karena api menyebar dengan cepat dari titik asalnya. Menurut penelitian dari National Fire Protection Association, banyak kebakaran rumah yang menyebabkan cedera atau kematian menyebar ke seluruh bangunan. Jika api dapat dipadamkan di satu area, maka korban jiwa ini dapat dihindari. 
sktm.co.id
Hal yang sama tidak diragukan lagi berlaku untuk bangunan komersial, karena api cenderung menyebar melalui lorong dan ruangan lain. Pintu tahan api dapat membantu menghentikan atau memperlambat penyebaran api dari ruangan ke ruangan karena bahannya tidak dapat terbakar. Mereka juga dapat membantu memblokir asap agar tidak meluas ke seluruh gedung, sehingga memudahkan orang untuk mengungsi dengan aman. Memasang pintu tahan api dan penutup pintu berperingkat teratas dapat menciptakan bangunan yang jauh lebih aman, terutama untuk ruangan yang berisiko lebih tinggi terkena api, seperti dapur atau ruangan dengan kabel listrik yang dapat memicu percikan api. 
sktm.co.id
Tapi ada banyak jenis, gaya, dan fitur untuk pintu jenis ini di pasaran – jadi mana yang terbaik untuk didapatkan? Di artikel sebelumnya kami di Grant Iron Fire Door Sidoarjo telah merilis artikel tentang Manfaat Memiliki Pintu Lipat. Nah, dalam artikel kali ini kami di sktm.co.id akan membagikan informasi tentang Jenis Pintu Api Terbaik. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Fire Door Disegel atau Tidak Disegel?

sktm.co.id
Agar paling efektif, pintu tahan api perlu membuat segel kedap udara setelah ditutup sehingga api tidak dapat membesar, dan asap tetap tertutup. 

  • Pintu Tahan Api Kategori A: Beberapa pintu dirancang untuk membuat segel ini dengan kusen pintu apa pun dan tidak memerlukan aplikasi penyegelan tepi tambahan. Pintu-pintu ini mungkin menampilkan gasket atau strip cuaca neoprene yang pas di kusen pintu untuk menghalangi aliran udara. 
  • Pintu Tahan Api Kategori B: memiliki bahan intumescent terapan, sejenis lapisan yang mengembang karena panas. Ini berarti bahwa segel hanya akan dipasang setelah ruangan memanas hingga suhu yang ditetapkan, dan ekspansi menciptakan penutupan bertekanan.

sktm.co.id
Kedua jenis pintu tahan api ini sama efektifnya. Namun, pintu gaya Kategori A cenderung lebih sering digunakan karena membutuhkan lebih sedikit perawatan. Pintu kategori A tidak membutuhkan bahan penyegel tambahan untuk ditambahkan ke pintu atau kusennya. Pintu kategori B membutuhkan aplikasi bahan intumescent, seperti segel di sepanjang sisinya.

Peringkat Pintu Tahan Api

Setiap pintu pengenal api dilengkapi dengan peringkat bernomor, yang setara dengan jumlah menit yang dapat ditahannya untuk tidak terbakar. Tidak ada pintu tahan api yang benar-benar tahan api, tetapi terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar dan akan memperlambat penyebaran api.

Peringkat tahan api yang paling umum adalah:

  • FD 20 (Mampu Menahan Api Hingga 20 Menit)
  • FD 30 (Mampu Menahan Api Hingga 30 Menit)
  • FD 60 (Mampu Menahan Api Hingga 60 Menit)
  • FD 90 (Mampu Menahan Api Hingga 90 Menit)
  • FD 120 (Mampu Menahan Api Hingga 120 Menit)

Pintu tahan api memiliki peringkat huruf, bukan angka. Pada kasus ini:

  • Grade A Mampu Menahan Api Lebih dari 2 Jam
  • Grade B Mampu Menahan Api Lebih dari 1 1/2 Jam
  • Grade C Mampu Menahan Api Lebih dari 1 Jam

Sekarang, api menyebar sangat cepat. Rumah berukuran rata-rata dapat sepenuhnya dilalap api hanya dalam lima menit, menyisakan sedikit waktu bagi orang untuk mengungsi dan menelepon pemadam kebakaran. Sepertinya memilih peringkat waktu yang lebih lama untuk pintu tahan api akan menjadi pilihan terbaik. Tetapi anda harus mempertimbangkan struktur seluruh bangunan. Meskipun pintu dapat dinilai selama 90 menit, dinding ruangan mungkin tidak tahan api selama itu - yang menghasilkan pintu api yang sama sekali tidak berguna. Yang terbaik adalah memilih peringkat api yang konsisten dengan peringkat semua bahan di dalam gedung. Anda juga harus mempertimbangkan penempatan pintu. Pintu api tiga jam atau 90 menit adalah yang terbaik untuk bukaan, yang mengarah ke rute pelarian, seperti tangga, lift, atau pintu keluar. Peringkat yang lebih rendah dapat digunakan pada pintu ke ruangan interior, seperti kamar tidur, kamar mandi, atau kantor.

Standar UL dan NFPA untuk Pintu Tahan Api


sktm.co.id
Semua pintu tahan api harus memenuhi standar khusus yang memastikan pintu efektif dalam berbagai situasi. Yang pertama adalah peraturan standar NFPA (National Fire Protection Association) 80, yang mengatur pemeliharaan dan pemasangan bahan proteksi kebakaran, termasuk dinding, lantai, langit-langit, dan pintu. Material yang digunakan pada bangunan harus memenuhi standar minimal, yang meliputi:

  • Tidak ada kerusakan, retakan, atau lubang pada pintu atau kusen
  • Pintu, rangka, engsel, dan perangkat keras yang aman – yang harus berfungsi dengan baik tanpa kerusakan
  • Jarak bebas pintu di bawahnya tidak boleh melebihi ¾”, dan bagian atas bukaan pintu tidak boleh melebihi 1/8″
  • Perangkat penutup otomatis operasionals dan mengunci atau mengunci perangkat keras harus operasional
  • Tidak boleh ada modifikasi pada pintu setelah dipasang
Pintu tahan api juga harus memenuhi standar pengujian UL (Underwriters Laboratories) 10C dan NFPA 252, memastikan pintu tahan panas hingga 1925°F. Pintu kebakaran juga dinilai untuk menahan tekanan selang kebakaran. Ini untuk memastikan itu tidak akan pecah begitu pemadam kebakaran tiba untuk memadamkan api.

Fire Door dengan Deadbolt atau Positif-Latching?

Gaya mengunci pintu tahan api adalah faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan. Semua pintu kebakaran harus memiliki baut gerendel aktif yang terpasang. Kunci ini memiliki kait pegas, yang secara otomatis terlepas saat pintu diberi tekanan dari panas api. Artinya pintu akan otomatis terkunci dan tetap tertutup rapat untuk mencegah api menyebar.

Pintu tahan api mungkin juga memiliki kunci gerendel tambahan yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan secara manual. Merupakan ide bagus untuk memilih gerendel jika pintu kebakaran Anda mengarah ke kamar atau pintu keluar yang perlu diamankan. Namun, seorang profesional harus memasang gerendel ini, karena proses pengeboran dapat membahayakan peringkat api jika dilakukan dengan tidak benar. Mereka juga harus diberi label dengan tanda yang menyatakan "Pintu Ini Tetap Tidak Terkunci Ketika Ruangan Ini Dipakai" harus terlihat di dekatnya.

Memiliki gerendel pada pintu tahan api dapat berpotensi berbahaya – karena dapat menjebak orang yang mencoba melarikan diri atau melewati pintu. Oleh karena itu, disarankan agar gerendel dimasukkan hanya jika perlu. Yang terbaik juga adalah kunci dapat dibuka dari dalam tanpa kunci untuk keamanan tambahan.

Fire Protective atau Fire Resistive Glass?


sktm.co.id
Akhirnya, anda harus memahami jenis kaca dari pintu tahan api. Pelapis kaca dapat berupa sepotong kaca temper, keramik laminasi, atau kaca kabel film yang dipasang di pintu tahan api. Ini adalah fitur opsional, tetapi berguna untuk memiliki ruang interior yang terlihat ketika pintu ditutup.
sktm.co.id
Ada dua jenis glasir utama: pelindung api dan tahan api diantaranya:

  • Kaca pelindung api dibatasi hingga 100 inci persegi pintu, dan bahannya harus memenuhi ASTM E-119. Ini memastikan bahwa kaca dapat menahan suhu hingga 250° F tanpa retak.
  • Kaca tahan api jauh lebih kuat dan dinilai tahan suhu hingga 1925° F - dan ukurannya bisa melebihi 100 inci persegi. Kaca tahan api ditandai dengan "W."

Meski begitu, kedua opsi akan menawarkan perlindungan sesuai kebutuhan. Namun, karena kaca resistif dirancang untuk melindungi dari suhu yang lebih tinggi dan diperbolehkan dalam potongan yang lebih besar, harganya bisa lebih mahal daripada kaca pelindung api.

Kesimpulan
sktm.co.id
Jika terjadi kebakaran, risiko kehancuran, cedera, dan bahkan kematian dapat dikurangi secara signifikan melalui penggunaan pintu tahan api. Namun selain memasang pintu tahan api berkualitas tinggi, semua bangunan harus dilengkapi dengan peralatan proteksi kebakaran tambahan, seperti alat pemadam kebakaran, lemari tahan api, dan panel akses tahan api.
sktm.co.id
Di sini, di Pabrik Pintu Besi Grant Sidoarjo, kami hanya menyediakan pintu, rangka, dan pasokan perangkat keras komersial terbaik untuk menciptakan fasilitas yang lebih aman. Silakan hubungi tim kami hari ini untuk menerima penawaran atau pelajari lebih lanjut tentang pintu tahan api dan peralatan lain yang kami tawarkan.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)