Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Properti yang Membutuhkan Pintu Api

Jenis Properti Apa yang Membutuhkan Pintu Tahan Api?

sktm.co.id
Pintu kebakaran adalah pahlawan pemadam kebakaran tanpa tanda jasa. Segera setelah kobaran api terjadi dan penghuni gedung menuju pintu keluar darurat, pintu kebakaran menahan asap dan api, menjaga jalur evakuasi tetap bersih dan aman. Dengan menahan kobaran api secara efektif dan mencegahnya menelan bangunan, pintu api dapat menjadi pembeda antara hidup dan mati. Pintu kebakaran adalah bagian penting dari sistem proteksi kebakaran pasif bangunan. 
sktm.co.id
Jika kebakaran terjadi, pintu akan menutup secara otomatis (atau akan ditutup dengan mekanisme menutup sendiri), menghalangi jalan asap, panas, dan api melalui koridor, tangga, atau bagian lain dari properti. Dirancang untuk menahan api selama 30 atau 60 menit, pintu api juga mencegah aliran oksigen ke arah api yang akan membuatnya terbakar dengan amarah yang lebih besar. 
sktm.co.id
Di artikel sebelumnya kami di Grant Iron Fire Door Sidoarjo telah merilis artikel tentang Serba Serbi Informasi Pintu Tahan Api. Nah, dalam artikel kali ini, kami di sktm.co.id akan membagikan infromasi terkait Jenis Bangunan Properti Apa yang Membutuhkan Pintu Api?. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Apa Itu Pintu Tahan Api (Fire Door)?
sktm.co.id
Pintu api adalah pintu yang telah dibangun dan dipasang secara khusus dengan benar untuk membantu memperlambat laju kebakaran. Biasanya, pintu api yang dipasang di rumah tangga dikenal sebagai 'pintu api 30 menit' (FD30), yang berarti pintu tersebut telah diuji untuk menahan asap dan api selama 30 menit. Pintu kebakaran merupakan bagian dari sistem proteksi kebakaran pasif, sebuah struktur yang dipasang untuk menahan kebakaran saat terjadi, atau memperlambat seberapa cepat penyebarannya. Pintu api selalu dibutuhkan di bangunan selain tempat tinggal, seperti kantor, pabrik, dll. Dalam hal ini, akses ke koridor terlindung yang digunakan sebagai sarana untuk melarikan diri harus dilindungi dari api dengan menggunakan pintu api. Saat merenovasi properti anda, tidak selalu jelas apakah anda memerlukan pintu api atau tidak saat anda datang untuk mengganti pintu internal atau memasang yang baru. Dalam beberapa keadaan, ahli renovasi rumah mungkin menganggap pintu api wajib, tetapi tidak selalu demikian.

Jenis Properti yang Membutuhkan Pintu Api
sktm.co.id
Pintu tahan api adalah pintu akses yang berkualitas tinggi dan bisa tahan terhadap serangan api dalam batas waktu tertentu. Pintu ini memiliki beragam jenis pilihan tergantung pada seberapa banyak proteksi kebakaran yang dibutuhkan oleh para konsumen. Bila anda berencana membangun gedung komersial yang membutuhkan pintu tahan api, maka jangan sampai salah memilih. Sebagian besar bangunan komersial memerlukan pintu akses tahan api karena harus ada keamanan ekstra dan tindakan pencegahan keselamatan. Property yang membutuhkan Pintu Tahan Api diantaranya:

  1. Pusat Perbelanjaan (Mall)
  2. Rumah Sakit
  3. Gudang
  4. Pabrik
  5. Bank
  6. Laboratorium
  7. Hall
  8. Storage
  9. Hotel
  10. Kasino, Dll.

Saat memilih pintu tahan api terbaik untuk bangunan komersial, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

1. Durabilitas Fire Door
Pintu tahan api datang dalam berbagai pilihan bahan dan fitur. Anda dapat memiliki akses pintu yang mampu menahan api hingga 20 menit atau 180 menit. Beberapa area di ruang komersial mungkin memerlukan jenis pintu yang berisiko tahan lama terhadap serangan api karena kebakaran di area tersebut. Pilih pintu yang sesuai dengan kebutuhan ruangan. 

2. Ukuran Fire Door
Berikutnya, hal yang harus dipertimbangkan adalah ukuran pintu tahan api yang akan anda pilih. Ukuran pintu yang ideal seharusnya cukup untuk melewati satu orang dewasa cukup jelas untuk dilihat dengan mata telanjang dari jarak minimal 60 cm atau lebih. Ini akan membantu orang menemukan pintu tahan api dengan cepat jika terjadi keadaan darurat. Pastikan ketika anda memasang pintu tahan api nantinya tidak akan menghalangi arus lalu lintas pejalan kaki di tempat pintu tersebut dipasang. 

3. Fitur Fire Door
Fitur tambahan menampilkan fitur tambahan yang ingin anda miliki untuk pintu tahan api yang hendak dibeli. Beberapa pintu dapat dilengkapi dengan insulasi ekstra atau kualitas kedap suara. Anda bahkan dapat menambahkan keamanan dan daya tahan ekstra ke pintu tahan api. Pintu tahan api juga dapat disesuaikan ukurannya dan dapat hadir dengan fitur yang berbeda agar lebih sesuai dengan tujuan dan penggunaannya. 

4. Biaya Maintenance Fire Door
Jika anda memilih pintu tahan api untuk sifat komersial, anda harus ingat bahwa pintu tersebut juga memerlukan perawatan. Oleh karena itu, periksa secara teratur tanda-tanda kerusakan dan pastikan tidak ada yang menghalangi pintu saat dibuka. Inspeksi rutin Diperlukan untuk pintu akses tahan api karena pintu yang tidak berfungsi dapat menyebabkan lebih banyak kerugian.

5. Budget Pemasangan Fire Door
merupakan hal berikutnya yang harus anda pertimbangkan. Pintu tahan api tidak murah, jadi anda membelanjakan uang dengan cermat. Semakin bermanfaat, semakin layak investasinya. Memikirkan pintu tahan api sebagai investasi akan membantu anda membelanjakannya untuk pintu yang tepat.

Detail pada Fire Door
sktm.co.id

  • FD-rated untuk menunjukkan berapa menit dapat menahan api (baik FD30 atau FD60).
  • Memiliki segel yang sesuai di sekitar tepi yang mengembang saat dipanaskan untuk menutup celah antara pintu dan kusen pintu.
  • Dipasang ke kusen pintu yang tahan api untuk mencegahnya terbakar lebih cepat daripada pintu.
  • Dilengkapi dengan mekanisme self-closing yang berfungsi sehingga menutup dengan sendirinya.
  • Miliki minimal atau tiga engsel dan gagang atau kunci yang sesuai.

Apa Persyaratan Pemasangan Pintu Api?
sktm.co.id
Menurut peraturan, semua pintu yang mengarah ke jalan keluar harus tahan api. Mereka juga harus menutup secara otomatis. Di semua properti hunian yang tingginya lebih dari dua lantai, pintu api juga harus memisahkan tangga dan setiap ruangan yang dapat dihuni, serta dalam konversi loteng dan antara bagian utama rumah dan garasi integral. Namun, disarankan juga agar pintu kebakaran dipasang di area berisiko tinggi dari sebuah properti di mana terdapat peningkatan risiko terjadinya kebakaran, seperti dapur. Jika pemilik properti atau pengelola tempat tidak yakin tentang posisi pintu api, mereka harus berkonsultasi dengan pemasang pintu api ahli yang dapat memberikan saran terkini tentang kewajiban hukum mereka.

Lalu Apakah Bangunan Rumah Membutuhkan Fire Door?


sktm.co.id
Saat merenovasi properti anda, tidak selalu jelas apakah anda memerlukan pintu api atau tidak saat anda datang untuk mengganti pintu internal atau memasang yang baru. Dalam beberapa keadaan, ahli renovasi rumah mungkin menganggap pintu api wajib tetapi tidak selalu demikian. Baca panduan kami untuk semua informasi yang anda butuhkan. Sebagian besar dari kita pernah melihat pintu api di beberapa titik dalam hidup kita meskipun mungkin tidak menyadarinya.
sktm.co.id
Jika anda memiliki kesempatan untuk menangani pintu api, anda mungkin telah memperhatikan bobotnya yang jelas dibandingkan dengan pintu interior biasa. Ini karena bahan inti tahan api yang padat. Dari perspektif visual, pintu kebakaran tidak berbeda dengan pintu standar dan sangat penting untuk memberikan keamanan kebakaran pada bangunan. Banyak orang tidak sepenuhnya memahami fungsi sebenarnya dari pintu kebakaran dan kapan diperlukan. Jika anda memiliki seorang arsitek untuk proyek anda, mereka biasanya dapat memberi tahu anda apa persyaratannya dan menangani semua peraturan untuk anda. Untuk renovasi yang lebih kecil, peraturan bangunan berikut akan berlaku:

  • Rumah dua lantai yang memiliki pintu yang mengarah dari garasi integral ke dalam rumah membutuhkan pintu api.
  • Rumah baru yang dibangun atau direnovasi dengan tiga lantai atau lebih termasuk konversi loteng harus memiliki pintu api ke setiap kamar yang dapat dihuni di luar tangga.

Jika anda mendapatkan pintu interior baru dan saat ini belum memasang pintu api, pintu standar baik-baik saja. Anda mungkin ingin mempertimbangkan pintu kebakaran sebagai tindakan pengamanan, tetapi penting untuk dicatat bahwa pintu kebakaran lebih tebal dari pintu standar dan mungkin tidak sesuai dengan kusen pintu yang ada. Kami selalu menyarankan agar anda berbicara dengan tukang berpengalaman jika anda memiliki pertanyaan tentang memasang pintu api. 

Apakah Cat Tahan Api Untuk Pintu Biasa Bisa Menjadi Solusi Alternatif?
sktm.co.id
Sayangnya, hanya menggunakan cat tahan api di pintu internal anda tidak akan cukup. Pintu yang dicat dengan rasa sakit tahan api tidak dikenali sebagai pintu api dan karenanya tidak memenuhi standar untuk memenuhi peraturan keselamatan.

Bisakah Pemilik Rumah Memasang Pintu Tahan Apinya Sendiri?
sktm.co.id
Jika anda seorang penggemar DIY, anda mungkin memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk melakukan ini, tetapi kami menyarankan agar anda meminta tukang kayu profesional untuk menyesuaikan pintu anda karena pemasangan yang benar sangat penting agar pintu dapat melakukan tugasnya jika terjadi kebakaran. Apakah pintu kebakaran mencegah kebakaran jika dibiarkan terbuka? Sayangnya, membiarkan api terbuka mengalahkan tujuan memilikinya karena akan sama efektifnya dengan pintu standar. 
sktm.co.id
Tergantung di mana pintu anda berada di rumah, anda mungkin tidak menutupnya sepanjang waktu, tetapi penting untuk memastikannya tetap tertutup saat anda meninggalkan rumah dan saat anda pergi tidur. Semisal dinstal pada rumah, kamar mana yang membutuhkan pintu api? Pintu api harus digunakan di dinding yang membentuk kompartemen tempat – area khusus di dalam bangunan yang dibangun agar tahan api. Ini mungkin kamar individu, tapi bisa juga berisi beberapa kamar atau mungkin anak tangga vertikal dan poros angkat. 

Dimana Pintu Tahan Api akan Diaplikasikan?
sktm.co.id
Pintu tahan api tidak diperlukan untuk dinding yang bukan merupakan bagian dari batas kompartemen. Pintu api tambahan dapat dipasang sebagai pengganti pintu biasa, tetapi akan memberikan perlindungan minimal karena dinding di sekelilingnya mungkin tidak dibuat dari bahan yang tahan api dan dapat terbakar saat pintu api tetap utuh. Ada risiko penghuni mendapatkan rasa aman yang salah jika pintu kebakaran dipasang di dinding non-kompartemen, sehingga hal ini hanya boleh dilakukan di bawah panduan penilaian risiko kebakaran yang tepat yang dilakukan oleh orang yang berkompeten.

Penutup
sktm.co.id
Di Pabrik Pintu Besi Grant kami memiliki puluhan tahun pengalaman membantu mengubah rumah dan merupakan pemasok terkemuka pintu besi dan pintu tahan api dan aksesorisnya. Banyak dari desain pintu kami yang menginspirasi tersedia sebagai pintu api sehingga anda tidak perlu khawatir akan terlihat tidak pada tempatnya pada property anda. Untuk saran lebih lanjut dan untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu anda, hubungi kami di 0811-304-127.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)