Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Kaca Tempered pada Bangunan

Aplikasi Kaca Tempered pada Bangunan

sktm.co.id
Seperti kita semua ketahui, kaca tempered adalah salah satu jenis kaca yang diproses dengan perlakuan panas atau kimia, yang meningkatkan kekuatannya. Proses penempaan meninggalkan permukaan luar kaca dalam keadaan terkompresi, dan interior dalam keadaan tegang. Karena tekanan mekanis ini, kaca temper pecah menjadi potongan-potongan granular, bukan pecahan dengan ujung yang tajam, sehingga mengurangi kemungkinan cedera. Kaca temper juga dikenal sebagai kaca yang dikeraskan atau kaca pengaman. 
sktm.co.id
Karena keamanan dan kekuatannya, kaca temper digunakan di banyak industri dan aplikasi, termasuk proyek konstruksi. Beberapa kegunaan kaca temper antara lain jendela kendaraan, pintu shower, baki kulkas, komponen arsitektural, layar ponsel, dan peralatan masak. Di artikel sebelumnya kami di Grant Tempered Glass Factory Sidoarjo telah merilis artikel tentang 5 Hal Mendasar Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Pagar. Nah, dalam artikel kali ini kami di sktm.co.id akan membagikan informasi tentang Aplikasi Kaca Tempered pada Bangunan. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Kaca Tempered pada Property Modern
sktm.co.id
Kaca tempered secara fisik dan termal lebih kuat dari kaca konvensional. Seperti disebutkan sebelumnya, kaca temper dirawat untuk menciptakan tekanan eksterior dan interior pada material. Tegangan permukaan tekan kaca temper diimbangi dengan tegangan tarik di dalam bodi. Agar kaca diklasifikasikan sebagai temper, permukaannya harus memiliki tegangan tekan minimum 69 megapascal (10.000 psi). Kemudian, agar kaca temper dianggap sebagai kaca pengaman, tegangan tekan permukaannya harus melebihi 100 megapascal (15.000 psi). Jika kaca temper pecah, tegangan permukaan yang meningkat akan menghasilkan potongan-potongan kecil yang melingkar, bukan pecahan yang tajam. Properti ini membuat kaca temper cocok untuk aplikasi tahan tekanan dan ledakan tinggi.


Kenapa Kaca Tempered Bisa Sekuat Itu?
sktm.co.id
Kaca temper mendapatkan kekuatannya dari tegangan tekan pada permukaannya. Di sisi lain, kaca anil hampir tidak memiliki tekanan internal, membuatnya sangat rapuh - membentuk retakan permukaan mikroskopis yang pecah di bawah tekanan. Kaca temper tidak memiliki retakan permukaan ini, dan ini mencegah perambatan atau pemuaian saat pecah.
sktm.co.id
Sifat utama kaca tempered telah kami rangkum dalam daftar berikut ini:

  • Fabrikasi: Setiap pemotongan atau penggilingan harus dilakukan sebelum temper, karena proses ini akan menyebabkan keretakan setelah kaca ditempa.
  • Keserbagunaan: Kaca temper dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk dan gaya untuk memenuhi berbagai aplikasi.
  • Resistensi benturan: Resistensi benturan kaca tempered sangat tinggi dibandingkan dengan kaca float. Ini membantu menahan kondisi dan suhu ekstrem.
  • Kekuatan: Kaca temper bisa 3 hingga 7 kali lebih kuat dari kaca anil, membuatnya cocok untuk aplikasi yang lebih menuntut dengan beban lingkungan yang tinggi.
  • Distorsi optik: Kaca tempered tidak sejelas kaca float, karena proses temper menyebabkan beberapa distorsi optik.

Aplikasi Kaca Tempered pada Bangunan
sktm.co.id
Kaca temper digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan ketahanan termal, kekuatan, dan keamanan. Kendaraan penumpang adalah contoh yang bagus dengan tiga syarat:


  • Karena sering diparkir di luar ruangan, kendaraan mengalami pemanasan dan pendinginan yang konstan (tahan panas).
  • Kendaraan juga harus menahan benturan kecil dari puing-puing jalan (kekuatan).
  • Pecahan kaca yang tajam merupakan bahaya tambahan jika terjadi kecelakaan, dan kaca temper tidak pecah menjadi pecahan (aman).

Sifat kaca temper membuatnya cocok untuk proyek konstruksi dan banyak aplikasi industri.

Kaca Tempered pada Bangunan komersial

sktm.co.id
Kaca temper memiliki banyak aplikasi dalam industri konstruksi, yang meliputi selubung dan fasad bangunan komersial. Kaca temper juga dapat digunakan pada rakitan tanpa bingkai seperti pintu kaca tanpa bingkai. Kaca temper cocok untuk aplikasi yang dimuat secara struktural pada umumnya, dan aplikasi apa pun di mana kaca dapat menjadi bahaya jika terjadi benturan pada manusia:

  • Partisi untuk rumah, kantor, hotel dan bangunan komersial lainnya.
  • Pintu dan Jendela.
  • Partisi ICU Rumah Sakit.
  • Panel dekoratif dalam desain interior.

Kode bangunan menuntut penggunaan kaca temper atau kaca laminasi dalam beberapa kasus. Ini termasuk skylight, pintu, tangga, lift dan panel akses pemadam kebakaran. Pertimbangkan bahwa persyaratan khusus berubah bergantung pada kode lokal.

Kaca Tempered pada Konstruksi Perumahan

sktm.co.id
Kaca temper juga digunakan di rumah. Misalnya, beberapa jenis furnitur dan peralatan rumah tangga memiliki bagian kaca temper:

  • Meja kaca
  • Pintu shower tanpa bingkai
  • Rak kaca
  • Lemari
  • Kaca di dekat perapian

Kaca Tempered pada Konstruksi Pariwisata
sktm.co.id
Produk kaca temper dapat ditemukan di bangunan pariwisata berikut:

  • Restoran.
  • Hotel.
  • Bar.
  • Kedai.

Instalasi kaca temoered meningkatkan standar keselamatan dalam aplikasi ini, dengan mengurangi kemungkinan kecelakaan terkait kaca. Beberapa jenis kaca temper dirancang untuk memasak dan memanggang, yang artinya dapat digunakan dengan aman di dalam oven dan perangkat memasak lainnya.

Kekurangan Kaca Tempered Glass
sktm.co.id
Kaca temper sangat berguna dalam konstruksi dan aplikasi lain yang menuntut. Namun, seperti bahan konstruksi lainnya, ia memiliki keterbatasan yang harus diperhatikan.

  • Harga kaca tempered lebih mahal dari kaca konvensional.
  • Dibutuhkan tenaga ahli dalam pemasangan dan maintenance kerusakan baik major maupun minor.
  • Kaca temper harus dipotong, ditekan, dipoles dan dibor sebelum ditempa, karena material ini tidak dapat dikerjakan ulang nantinya.
  • Karena tekanan mekanis yang seimbang pada kaca, kerusakan apa pun akan menyebabkan kaca pecah. 
  • Terlepas dari kekuatannya yang tinggi, kaca temper dapat pecah saat terkena kondisi tertentu, dan sangat rentan terhadap kerusakan di bagian tepinya. 

Catatan sktm.co.id: Namun, tumbukan yang terkonsentrasi dengan kekuatan yang cukup di tengah kaca juga dapat menyebabkan pecah.

Penutup
sktm.co.id
Implikasi keselamatan harus selalu dipertimbangkan saat menggunakan jenis kaca apa pun. Meskipun kaca temper lebih aman daripada kaca biasa, namun masih bisa pecah. Beberapa ahli kaca di Pabrik Pintu Besi Grant kami memiliki rekam jejak desain dan konstruksi kaca di 1.000+ proyek. Hubungi kami melalui email (sktmindonesia@gmail.com) atau telepon 0811-30-4127, dan pastikan sistem bangunan anda memenuhi kode!
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Industri, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)