Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Tips Untuk Merawat Pintu Besi

Cara Merawat Pintu Besi

Mengetahui cara merawat pintu anda adalah cara terbaik untuk memastikannya tetap awet dan aman selama mungkin. Jika dirawat dengan baik, pintu dari bahan besi dapat bertahan lebih dari 30 tahun, menghemat uang anda karena tidak perlu diganti sesering pintu lainnya. Dan untungnya, perawatannya juga relatif mudah! Dengan beberapa pembersihan mudah dan perbaikan dasar, anda dijamin memiliki pintu yang tahan lama. 
sktm.co.id
Panduan ini akan mengajarkan anda semua dasar-dasar cara merawat pintu besi. Di artikel sebelumnya kami di Pabrik Pintu Besi Grant telah merilis artikel tentang Seberapa Penting Pintu Tahan Api Untuk Sebuah Tempat Usaha. Nah, dalam artikel unggahan kali ini kami di sktm.co.id telah merilis artikel tentang Rangkaian Tips untuk Merawat Pintu Berbahan Besi. Simak terus ulasan kami berikut ini!

Prosedur Maintenance Pintu Berbahan Besi


Perawatan pintu besi dimulai dengan pencegahan karat, karena masalah paling umum pada pintu besi adalah korosi. Namun, anda dapat mengambil beberapa langkah sederhana untuk mencegah pintu berkarat. Jika anda pernah menemukan pintu anda berkarat, itu juga sesuatu yang dapat anda atasi sendiri dengan cepat.

Cara Mencegah Karat pada Pintu Besi


Karena pintu logam apa pun berpotensi berkarat, pintu besi anda lebih mungkin bertahan lebih lama jika anda melakukan beberapa tindakan untuk mencegah karat masuk. Mengambil salah satu atau semua tindakan pencegahan berikut akan membantu menjaga pintu anda dalam kondisi yang baik untuk bertahun-tahun yang akan datang:

  • Bersihkan Pintu Besi Anda - Membersihkan pintu secara teratur adalah cara terbaik untuk memastikannya tetap bebas karat. Seberapa sering anda perlu membersihkannya tergantung di mana anda tinggal. Bagi banyak penduduk Texas, anda hanya perlu khawatir membersihkan pintu besi sebulan sekali. Namun, bagi anda yang tinggal hingga 50 mil dari garis pantai sebaiknya membersihkan pintu setidaknya dua kali setiap bulan. Ini karena udara yang lebih dekat ke pantai lebih asin dan bereaksi dengan besi menyebabkan korosi. Anda dapat menemukan petunjuk untuk membersihkan pintu anda di bawah ini.
  • Lumasi Engsel Pintu Besi Anda - Melumasi engsel tidak hanya akan mencegahnya berkarat, tetapi juga membuatnya lebih senyap. Oleskan Wax Mobil Atau Minyak Biji Rami? Sama seperti mobil anda, lilin akan membuat air mengalir langsung dari pintu anda. Anda dapat mengaplikasikannya dengan cara yang sama seperti pada kendaraan anda, dengan kain bebas serat, yang hanya perlu anda aplikasikan kembali setiap enam bulan atau lebih. Jika anda tidak memiliki lilin mobil, minyak biji rami juga dapat memberikan lapisan pelindung, tetapi perlu dioleskan kembali lebih sering daripada lilin.
  • Cat Ulang Pintu Besi Anda - Cara ini juga dapat membantu melindungi pintu anda dari karat, tetapi tidak perlu jika anda lebih suka tampilan pintu anda tidak dicat. Jika anda ingin mengecat pintu anda, ada petunjuk tentang cara melakukannya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Karat pada Pintu Besi


Jika anda menemukan beberapa karat di pintu anda, anda tidak perlu khawatir. Anda dapat dengan cepat memperbaiki sebagian besar karat di rumah dengan sedikit usaha. Langkah pertama adalah membersihkan pintu besi anda, karena membersihkannya dapat menghilangkan karat dengan sendirinya. Jika masih ada karat saat anda selesai membersihkan, ada beberapa langkah lain yang bisa anda lakukan. Coba gunakan sikat kawat atau amplas untuk mengikis karat. Jika tidak berhasil, oleskan sedikit minyak tanah pada karat menggunakan kapas. Minyak tanah akan melunakkan karat dan membuatnya lebih mudah dikikis.

Cara Membersihkan Pintu Besi

Jika anda ingin memastikan pintu besi anda bertahan selama mungkin, anda perlu membersihkannya secara teratur. Ikuti langkah-langkah ini untuk membersihkan pintu anda dengan benar. Temukan solusi pembersihan. Sebagian besar pembersih rumah tangga serbaguna dan larutan berbasis alkohol bisa digunakan. Secara umum, dapat diterima untuk digunakan di pintu anda jika anda dapat membersihkan sakelar lampu dan remote control dengannya.

  • Basahi kain atau bantalan microfiber dengan air.
  • Oleskan beberapa larutan pembersih ke kain atau pembalut basah anda.
  • Bersihkan pintu besi anda.
  • Bilas pintu anda dengan air.
  • Keringkan pintu anda dengan spons kering.


Untuk memastikan anda tidak merusak pintu saat membersihkannya, hindari hal-hal berikut:

  • Larutan pemutih dalam konsentrasi tinggi.
  • Pembersih alkalin tinggi.
  • Pembersih biasanya digunakan pada perlengkapan kamar mandi.
  • Produk abrasif untuk mengaplikasikan pembersih.
  • Menerapkan pembersih langsung ke pintu.

Melakukan salah satu hal di atas dapat merusak pintu besi anda dengan menyebabkannya berkarat, merusak lapisan pelindung pintu, atau merusak besi secara langsung.

Cara Mengecat Pintu Besi

Jika anda ingin mengubah tampilan pintu anda atau menambahkan lapisan tambahan pelindung karat, anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengecat pintu besi anda. Untuk mengecat pintu besi anda, hal pertama yang ingin anda lakukan adalah melepaskannya dari engselnya. Ini akan membuat sisa proses lebih mudah.

Pastikan anda memiliki dua orang untuk melepas pintu demi keamanan yang layak. Setelah itu, singkirkan karat dari pintu. Jika anda tidak melakukannya dan mengecat karat, karat akan menyebar di bawah cat tanpa sepengetahuan anda, menyebabkan masalah di kemudian hari. Selain itu, singkirkan cat lama dari pintu, yang dapat anda lakukan dengan alat yang sama seperti yang anda gunakan untuk menghilangkan karat.

Terakhir, anda harus membersihkan pintu dengan baik sebelum mengecatnya. Setelah anda menyelesaikan semua langkah tersebut, anda dapat melapisi dan mengecat pintu. Pastikan anda menggunakan primer dan cat yang dibuat untuk digunakan pada besi. Jika tidak, warnanya mungkin tidak menempel pada thpintu dengan sangat baik atau mungkin berakhir dengan mudah terkelupas.

Cara Merawat Gagang dan Kunci pada Pintu Besi

Merawat pintu anda juga berarti merawat pegangan dan kunci anda dengan benar. Sangat penting untuk menjaga kunci anda tetap terjaga sehingga pintu anda tetap aman untuk waktu yang lama. Ya! Sama seperti pintu anda, cara terbaik untuk merawat pegangan dan kunci anda adalah dengan sering membersihkannya. Mereka dapat dibersihkan menggunakan solusi yang sama dengan bagian pintu anda yang lain, jadi masuk akal jika anda memasukkannya ke dalam pembersihan bulanan atau dua bulanan.
sktm.co.id
Karena mereka memiliki banyak bagian kecil yang bergerak, penting juga untuk menjaganya tetap terlumasi dengan baik. Pastikan anda mendapatkan pelumas di semua bagian yang bergerak, termasuk bagian dalam kunci. Ada banyak pelumas semprot yang tersedia, jadi ini seharusnya mudah. Anda hanya perlu melumasi kunci dan pegangan anda setiap tahun sekali. Terakhir, berhati-hatilah dengan kunci dan pegangan anda adalah cara terbaik untuk memastikan anda tidak merusaknya. Kekuatan yang berlebihan dalam waktu lama sudah cukup untuk merusak perangkat keras anda, jadi berhati-hatilah saat menggunakan pintu besi anda akan membantu merawatnya.
Temukan Artikel Terbaik dari situs Official Pabrik Pintu Besi Grant lainnya Disini!
Jika anda memiliki kebutuhan Produsen Pintu Besi, Pintu Harmonika, Pintu Garasi, Pagar Besi, Pagar BRC, Railing Balkon Besi, Tangga Besi, Fire Door, Pintu Besi, Pintu Besi Ruko, Wiremesh, Pintu Tahan Api, Wiremesh BRC, Pintu Besi Gudang, Pintu Besi Ruko, Pintu Besi Lipat, dan Pintu Besi Geser Untuk Bangunan anda yang lain, silahkan menghubungi kami di kontak berikut ini!



PT. Sekawan Karya Tama Mandiri

PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Produsen Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, dan Firedoor Merek Grant)
www.sktm.co.id


Produk

Pintu Garasi, Pintu Besi, Pintu Gudang, Pintu Ruko, Pintu Gerbang, Mezzanine Besi, Pagar Besi, Railing Besi, dan Kanopi Besi (Daftar Produk)

Hotline


Alamat

Pergudangan Sinar Gedangan Blok D, No. 9, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur 61254 (Google Maps)

Blog Roll

Daftar Artikel Terbaik dari Situs PT. Sekawan Karya Tama Mandiri (Daftar Artikel)